Minggu, 09 April 2017

SELF MOTIVATION




Membuat diri sendiri menjadi lebih bermakna, menjadikan diri sendiri lebih nyaman untuk menjalani dan menikmati hidup sekalipun banyak masalah yang harus dihadapi, itulah pribadi yang memiliki motivasi tinggi. Pernahkan Anda sadar bahwa sebenarnya motivasi itu bisa tumbuh dengan subur seperti padi di sawah dalam diri Anda sendiri.

Motivasi merupakan suatu dorongan psikologis yang ada pada tiap manusia. Kita butuh motivasi, namun kita tak sadar bahwa motivasi sebenarnya sudah kita miliki dalam diri sendiri.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memotivasi diri sendiri, meningkatkan motivasi dalam diri. Motivasi masing-masing orang tidak sama, ada yang menginginkan motivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya, ada juga yang memotivasi diri agar bisa memecahkan masalah, dan ada juga yang memotivasi diri sendiri agar bisa mendapatkan kekuasaan.

Motivasi bisa berasal dari berbagai sumber, ada sumber internal dan juga sumber motivasi eksternal. Sumber motivasi internal tersebut merupakan motivasi yang ada dalam diri yang berasal dari pikiran karena adanya rangsangan atau keinginan dari luar.

Motivasi pun kadang muncul karena faktor eksternal. Motivasi bisa muncul dari luar misalnya karena mendengar orang lain berbicara sehingga menimbulkan keinginan untuk mengubah keadaan atau lainnya.

Motivasi ini juga sering disebabkan oleh beberapa bacaan yang memberikan motivasi, karena lingkungan dan juga karena melihat gaya hidup orang lain.
Jika Anda memiliki motivasi internal, lalu apa yang membuat Anda tetap bertahan hingga detik ini untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan? Jika Anda bangun tidur, apa yang pertama kali Anda pikirkan, diri Anda sendiri ataukah orang lain? Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan, apa yang Anda lakukan, mengubah cara lama menjadi cara baru, ataukah mendorong diri Anda untuk lebih aktif dalam pencapaian tujuan atau goal?

Motivasi diri dulu sebelum Anda bertindak, karena kita tidak tahu bagaimana Anda nantinya, jika mental tidak kuat Anda akan jatuh. Motivasi perlu ditingkatkan, motivasi diri perlu dijaga agar tidak hilang. Pada intinya kunci kesuksesan seseorang adalah motivasi yang tinggi pada dirinya terutama motivasi dalam diri.


Berikut beberapa cara meningkatkan motivasi diri:

• Berpikirlah untuk maju
Motivasi bukan untuk membuat pikiran Anda mati, tapi membuat pikiran Anda jauh lebih hidup. Untuk meningkatkan motivasi diri, jangan pernah Anda berpikir bahwa motivasi hanyalah imajinasi belaka yang hilang begitu saja. Motivasi diri amatlah penting untuk membangun kesuksesan Anda, namun motivasi ini memang perlu ditingkatkan. Cara mudahnya adalah dengan berpikir bahwa motivasi bisa membuat Anda maju. Dan pada kenyataannya memang motivasi membuat Anda semakin maju.

Baca: BERHATI-HATILAH DENGAN PIKIRAN ANDA!

• Keberhasilan
Goal atau keberhasilan mencapai tujuan yang Anda inginkan, hal ini adalah salah satu cara untuk membuat motivasi diri Anda semakin menggebu, dari hal ini Anda akan terpicu untuk lebih maju. Goal akan membuat motivasi semakin meningkat, dengan motivasi tujuan Anda akan lebih mudah tercapai. Keberhasilan Anda sebelumnya, hal ini akan memotivasi Anda untuk menjadi berhasil di kemudian hari, bahkan jauh lebih berhasil dan sukses dibandingkan kesuksesan sebelumnya.

Baca: APA KENDALA ORANG TIDAK SUKSES?

• Membaca buku motivasi
Tahukah Anda, satu hari membaca satu buku motivasi yang berbeda, hal ini bisa meningkatkan motivasi diri Anda sendiri. Kita tidak bisa menyalahkan diri sendiri saat masalah datang, namun kita harus berusaha untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi dengan motivasi tinggi. Membaca buku motivasi secara teratur, hal ini akan meningkatkan motivasi diri Anda sendiri bahkan motivasi tersebut akan bertahan lebih lama. Anda bisa membaca buku motivasi apapun yang Anda inginkan, bacalah saat Anda santai dan pikiran tenang, hal ini jauh lebih baik dibandingkan membacanya saat ada masalah saja.

Baca: SIFAT YANG MENJAMIN KESUKSESAN

• Bergaul dengan motivator
Tak ada salahnya jika Anda bergabung dengan motivator agar Anda tidak kehabisan motivasi. Ada cukup banyak manfaat saat Anda bergaul dengan motivator, secara langsung Anda akan mendapatkan motivasi dari mereka, motivasi tersebut akan meningkatkan motivasi pada diri Anda. Bahkan semakin lama Anda bersama mereka, Anda akan menjadi lebih kuat, yakin dengan semua yang Anda lakukan dan pasti Anda akan mudah mencapai kesuksesan.

Baca: CARA MEMOTIVASI DIRI?





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 08112332777
WA: 081809271777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w