Jumat, 27 September 2013

TIPS MEMULAI BISNIS




Tidak ada orang yang bercita-cita untuk bekerja keras seumur hidupnya, tetapi kenyataan seperti itu mungkin saja terjadi pada diri kita. Buktinya, banyak masyarakat kita di usia pensiun masih harus terus bekerja, mereka tidak dapat menikmati masa pensiunnya dengan nyaman. Hal itu dimungkinkan terjadi karena sekalipun sudah pensiun dari pekerjaan, tetapi tidak mungkin kita pensiun dari kebutuhan hidup. Kalau pun tidak bekerja lagi, lantas apa dan bagaimana bentuk dan cara yang biasa orang pilih dalam mempersiapkan dana untuk hari tuanya? Inilah alasan utama kenapa orang ingin berbisnis!

Untuk memulai bisnis sebenarnya tidak terlalu sulit. Siapa pun bisa, bahkan tanpa modal! Yang paling penting adalah keyakinan dan bagaimana usaha dari orang tersebut. Mengembangkan dan mempertahankan bisnislah yang tidak mudah. Banyak pebisnis yang gagal di tengah jalan karena persiapannya yang kurang matang, pengambilan keputusannya yang kurang tepat dan manajemennya yang kurang baik.


Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis...


1.  YAKIN dan PERCAYA DIRI
Bangun sikap dan mental positif, YAKIN dan PERCAYA DIRILAH bahwa Anda pasti bisa sukses! Jangan takut gagal dan jangan pernah menyerah. Pastikan mental kita bukan mental seorang karyawan, mental entrepreneur (pebisnis) adalah mental tidak gampang menyerah ketika awalnya memang tidak mudah, harus tahan bantingan.

2.   NIAT dan TOTALITAS
Kuatkan NIAT dengan sungguh-sungguh untuk memulai bisnis. Serius untuk benar-benar TOTAL terjun ke dunia bisnis, menjadi seorang pebisnis. Jika niatnya sudah besar dan memang mau total untuk berbisnis, lakukanlah survei pasar sederhana, tentukan prospek bisnis mana yang akan berpotensi sukses dalam beberapa tahun ke depan.

3.   ENTREPREUNEURSHIP
Anda harus merubah pola pikir, menjadi orang yang menciptakan peluang usaha, bukan seorang pencari kerja. Anda dituntut memiliki inisiatif dan kreatifitas yang tinggi. Untuk itu, Anda wajib belajar dan bertanya, agar Anda mempunyai manajemen skill.

4.   LIST BISNIS dan PILIH LIST
Kumpulkan berbagai sumber informasi (internet, buku, seminar, dll) agar kita bisa melihat peluang bisnis yang prospeknya bagus, cari informasi sebanyak-banyaknya, bergaul dengan banyak orang, bangun networking. Bisa juga kita tanyakan kepada keluarga, teman, atau pebisnis senior yang berpengalaman. Dari informasi yang sudah kita kumpulkan, buatlah LIST BISNIS, cek mana yang paling memungkinkan untuk kita jalankan bisnisnya dan yang  mempunyai prospek bagus, yang nantinya bisnis itu akan menjadi bisnis besar. Selanjutnya, PILIH LIST, pelajari dengan baik, lakukan analisa pasar, belajar kepada orang yang pernah terjun ke bisnis tersebut dan sudah terbukti sukses. Tentukan bisnis yang paling berpotensi, tentukan salah satu. Ingat, kita harus fokus ke satu bisnis dulu sebelum membangun bisnis lain, agar hasilnya maksimal. Atau bisa juga dimulai dari yang sederhana, mulai bisnis dari yang kita bisa. 

5.   MODAL JANGAN JADI KENDALA
Kita bisa memulai BISNIS TANPA MODAL atau CARI  MODAL dengan cara partnership (orang yang lain punya modal), modal dari investor, atau pinjam ke bank. Jadi jangan terbentur dengan masalah modal, bisa dimulai dengan modal kecil, atau cari partner bisnis atau investor, atau bahkan dengan modal dengkul sekalipun. Modal jangan jadi kendala!

6.   PRODUK BERKUALITAS dan LAYANAN PRIMA
Buatlah PRODUK YANG BERKUALITAS, yang punya kelebihan dari pesaing, dan juga bisa diterima oleh pasar (konsumen). Pada saat memulai bisnis, fokuslah pada perbaikan kualitas produk dan fokus untuk memperbesar omset. Lakukan perbaikan terus menerus dalam hal kualitas produk, cara promosi, cara memperbesar omset. Untuk awal bisnis fokus untuk meningkatkan omset. Untuk itu, kita pun harus selalu melakukan LAYANAN YANG PRIMA kepada konsumen, dengan maksud dan tujuan agar omset terus meningkat dan makin stabil.

7.   STRATEGI PENJUALAN dan PROMOSI
Tentukan STRATEGI PENJUALAN yang akan kita lakukan dalam bisnis. Tentukan pula aktifitas PROMOSI yang akan kita jalankan, ini penting agar konsumen tahu produk dan merek kita. Lakukan promosi dengan konsisten, jangan hanya berpromosi diawalnya saja. Gunakan strategi marketing yang tepat, gunakan social media, online shop dan strategi penjualan lainnya. Jangan berpuas diri, terus mencoba dengan strategi-strategi baru yang sesuai dengan target pasar produk kita.

8.   PERENCANAAN dan TARGET
Dalam menjalankan bisnis, kita harus membuat sebuah PERENCANAAN yang baik dan menentukan TARGET yang ingin dicapai. Kita harus tahu bisnis kita akan dibawa kemana, perlu strategi apa saja dan perlu dibuat perencanaan yang matang agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Jalankan setiap strategi sesuai dengan target omset yang sudah kita tentukan. Target ini akan menjadi acuan berapa yang ingin kita capai. Buat target yang jelas, target harian, mingguan dan target omset bulanan serta triwulan/semesteran/tahunan.

9.   BANGUN TIM dan BANGUN MEREK
Jangan menjalankan bisnis sendirian. MEMBANGUN TIM YANG SOLID sangat penting untuk mendukung bisnis kita makin maju dan berkembang, jika dikerjakan sendiri tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Jangan hanya fokus jualan, fokus juga untuk membuat merek dan MEMBANGUN MEREK. Merek ini penting untuk mendukung penjualan kita.

10.              WEBSITE dan SOCIAL MEDIA
Usahakan punya WEBSITE. Website penting sebagai sarana informasi produk yang kita jual, sehingga orang mudah mencari tahu tentang produk kita. Website juga bisa untuk online shop, jualan produk via online. Selain itu, gunakan social media (Facebook dan Twitter) sebagai sarana untuk menginformasikan dan mempromosikan produk yang kita jual. Hal ini akan meningkatkan pengetahuan calon konsumen terhadap produk yang kita jual.

11.              ACTION dan MONITOR
Rencana yang sudah kita buat dan strategi yang sudah kita tentukan, jangan lupa untuk ACTION. Hanya dengan action bisnis dapat berjalan, dan selanjutnya lakukan MONITOR. Pastikan apa yang sudah kita rencanakan dan strategi yang kita pilih, dalam prakteknya bisa dijalankan dengan baik?

12.              DOA
TUHAN maha pencipta, maha pengasih, maha segalanya dan Sutradara Yang Maha Agung. Semua rencana yang sudah kita buat dan segala strategi yang sudah kita susun menjadi serta usaha keras yang kita lakukan menjadi tidak lengkap jika tanpa doa mohon petunjuk, bimbingan dan perlindungan serta berkat dari-Nya!

Baca: CARA BISNIS ANTI RUGI!





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan