Senin, 17 Agustus 2015

PEMIMPIN YANG MENGINSPIRASI




Hasil survei dari program Partnerships with People dengan 100 Best Companies to Work For (Department of Trade and Industry-UK, 2004) menyebutkan bahwa untuk menjadi inspirational leadership terdapat enam unsur dasar yaitu genuinely care about their people, involve everybody, show lots of appreciation, ensure work is fun, show real trustdan listen a lot.

Pertama, genuinely care about their people
Kepedulian Pemimpin pada orang lain dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh, sehingga dapat dirasakan oleh orang yang ada di sekitarnya. Seorang Pemimpin yang inspirasional akan mampu menunjukkan hal tersebut walau tanpa bahasa verbal. Sikap dan perilakunya membuat orang yang ada di sekitarnya akan merasakan kesungguhan dan ketulusannya.
Baca: MENJADI SEORANG PEMIMPIN

Kedua, involve everybody
Dalam pelaksanaan memimpin suatu organisasi apa pun, seorang Pemimpin tentu membutuhkan orang-orang yang ada di sekitarnya. Kesuksesan Pemimpin sangat dipengaruhi oleh peran serta orang-orang yang ada di bawah kepemimpinannya. Keterlibatan orang yang ada dalam timnya merupakan bagian dari kunci suksesnya. Untuk dapat melibatkan orang lain, seorang Pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang yang membantu dan mendukungnya, sehingga dapat membuat kedua pihak memiliki keterlibatan dalam melakukan tugas pekerjaan.
Baca: MEMBANGUN TIM YANG SOLID

Ketiga, show lots of appreciation
Pemimpin yang menginspirasi memiliki kecenderungan untuk selalu memberikan apresiasi kepada orang yang dipimpinnya. Bentuk apresiasi yang sepatutnya ditunjukkan oleh seorang Pemimpin tidak terbatas hanya yang sifatnya material, meskipun memang diakui hal tersebut juga merupakan bentuk reward yang penting. Akan tetapi, seorang Pemimpin juga memberikan apresiasi yang sifatnya lebih kepada behavior dalam arti yang luas, seperti sikap, dan motivasinya kepada orang-orang yang dipimpinnya.
Baca: MEMOTIVASI BAWAHAN

Keempat, ensure work is fun
Bekerja merupakan hal yang menyenangkan, itulah yang perlu ditularkan oleh seorang Pemimpin. Seorang Pemimpin seharusnya sudah lebih dulu memandang dan bersikap bahwa dia menikmati pekerjaan yang dilakukannya. Behaviour atau perilaku yang ditunjukkan oleh Pemimpin tersebut akan menginspirasi dan menjadi role model bagi orang-orang yang dipimpinnya.
Baca: CARA BEKERJA DENGAN BAIK?

Kelima, show real trust
Pemimpin yang menginspirasi mampu untuk memberikan kepercayaan kepada orang-orang yang dipimpinnya. Kepercayaan yang perlu ditunjukkan sesuai dengan tanggung jawab yang menjadi tugas dari orang-orang yang dipimpinnya. Hal ini, berarti si Pemimpin pun harus memahami apa yang akan, dan sedang dilakukan bawahannya sehingga dia tahu seperti apa hasilnya. Melalui kepercayaan yang diberikan oleh seorang Pemimpin, ini menunjukkan bahwa Pemimpin pun harus memiliki keyakinan dengan kualitas dan kredibilitas bawahannya. Bila hal tersebut dirasakan oleh orang-orang yang dipimpinnya, maka dapat menginspirasi mereka menjadi sesuai atau lebih dari yang diharapkan oleh Pemimpinnya.
Baca: BAGAIMANA MENJADI ATASAN YANG BERKUALITAS?

Keenam, listen a lot
Mendengarkan merupakan faktor utama bagi seorang Pemimpin. Mendengarkan tidak selalu yang berkaitan dengan bahasa verbal, tetapi bahasa non verbal juga sangat penting untuk dipahami. Bahkan, seorang Pemimpin harus mampu menjadi pendengar yang baik agar dapat mendengar kebutuhan orang-orang yang dipimpinnya.
Baca: BELAJAR MENDENGAR





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan