Minggu, 30 Agustus 2015

TERLAMBAT SUDAH...




Seorang raja muda ingin menjadi orang baik dan bijaksana serta memerintah rakyatnya menurut kehendak Tuhan. Dia mengumpulkan semua orang paling bijaksana dari seluruh kerajaan dan memerintahkan mereka untuk mengumpulkan semua kebijaksanaan ke dalam buku sehingga dia dapat membaca dan belajar sendiri bagaimana cara memerintah dengan baik.

Orang-orang bijaksana itu segera memulai proyek raksasa itu, dan sesudah tiga puluh tahun pekerjaan itu baru selesai. Satu barisan kuda panjang membawa lima ribu jilid buku berjalan menuju istana. Raja pada waktu itu sudah berusia hampir lima puluh tahun, dan dipenuhi dengan banyak rencana dan tugas kerajaan. Dia melihat kuda-kuda yang bermuatan buku itu dan berkata, “Saya terlalu sibuk untuk membaca begitu banyak buku. Bawa semua buku ini dan ringkas lagi untuk saya.”

Pekerjaan meringkas memakan waktu lima belas tahun, dan kemudian orang-orang bijaksana itu dengan bangga menghasilkan lima ratus jilid buku. Raja itu mengatakan, “Bukunya masih terlalu banyak. Ringkas menjadi lima puluh buku cukup.” Banyak orang bijaksana telah meninggal tetapi para pengganti mereka meneruskan proyek itu dan dalam waktu sepuluh tahun mereka membawa lima puluh buku kepada raja.

Pada saat itu raja sudah tua dan kelelahan. Raja berkata, “Kalian harus meringkasnya ke dalam satu buku.” Mereka dapat menyelesaikannya dalam waktu lima tahun. Tetapi ketika mereka membawa buku yang sangat berharga itu kepada raja, itu sudah terlambat, sebab raja sudah terbaring di ranjang kematian.

Baca: KELOLA WAKTU ANDA!





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w