Selasa, 27 Januari 2015

BEKERJA DENGAN HATI




Alkisah, Bos Besar datang ke kantor pagi hari dan disambut oleh seorang office boy (OB) yang meletakkan segelas minuman di meja kerja sang Bos Besar…

“Selamat pagi, Tuan,” sapa si OB dengan sopan.
Sambil meletakkan tasnya di meja, Bos Besar balas menyapa, “Kamu masih baru, ya? Sudah berapa lama kamu kerja di sini?”
“Sudah satu bulan, Tuan”, jawabnya.
“Bagaimana, kamu suka kerja di sini?”
“Ya Tuan, saya suka kerja di sini.”
“Bagus, kalau begitu.”
“Maaf Tuan, apakah saya boleh menyampaikan sesuatu?”
“Silakan, apa itu?”
“Saya mohon dibelikan selusin gelas untuk para tamu di kantor ini, Tuan. Karena sering kali botol minuman yang kita suguhkan tidak dihabiskan. Kalau saya menggunakan gelas yang saya isi es batu, sebotol bisa untuk dua orang.”
Bos Besar sempat mengerutkan keningnya, namun kemudian ia mengangguk setuju dan memberikan sejumlah uang kepada si OB untuk membeli gelas.

Sebulan berlalu, dan dalam sebuah kesempatan si OB menemui  sang Bos Besar lagi untuk menyampaikan isi hatinya.
Ya, ada apa?”
“Maaf Tuan, apakah saya boleh minta uang untuk membeli gelas lagi?”
“Memangnya kenapa dengan gelas yang dulu kamu beli?” Tanya Bos Besar.
“Gelas itu terlalu besar, Tuan. Sebagian tamu tidak menghabiskan minumannya. Saya ingin membeli gelas yang lebih kecil.”
Sang Bos Besar setuju dan memberikan uang untuk membeli gelas seperti yang dimaksudkan oleh si OB.

Sekian waktu berlalu, si OB mengetuk pintu ruang kerja sang Bos Besar. Setelah dipersilakan masuk, sang Bos Besar langsung berkata, “Kali ini kamu jangan minta uang lagi untuk membeli gelas sloki, ya!”

Si OB tampak gelisah, namun tetap berusaha menjelaskan, “Maaf Tuan, saya tidak bermaksud minta uang untuk beli gelas lagi. Saya hanya minta ijin agar diperbolehkan menanyakan kepada para tamu, apa jenis minuman yang sebenarnya mereka suka. Karena ada beberapa gelas yang tidak diminum sama sekali. Mungkin mereka tidak suka.”
Sang Bos besar pun tertegun sejenak dan kemudian mengangguk-angguk setuju.


Keberanian, inisiatif dan kreativitas kerja seperti contoh OB di atas hanya akan muncul dari orang-orang yang ‘BEKERJA DENGAN HATI’, yang membuat dirinya bertumbuh dan memberikan nilai tambah…
Mereka yang mau menjadikan hidupnya semakin baik, indah, dan merarik!
Baca: PRIBADI YANG POSITIF


“Bukan kesulitan yang membuat kita takut, tapi sering ketakutanlah yang membuat jadi sulit.”
(Jokowi)





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan