Rabu, 29 Maret 2017

MANFAAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN




Manajemen yang buruk tentu memiliki dampak besar secara negatif terhadap perusahaan dan bisnis, atau departemen yang Anda pimpin secara keseluruhan. Jika karyawan (bawahan) merasa tidak dapat berkomunikasi secara efektif dengan manajemen (pimpinan), akan ada banyak masalah dan isu-isu yang tidak dapat terselesaikan dengan baik.

Seorang pemimpin (bos atau atasan) seharusnya terbuka untuk mendengarkan karyawan dan secara aktif mencoba untuk menemukan solusi. Seorang pemimpin adalah seseorang yang tidak melihat diri mereka sebagai peringkat yang lebih tinggi dari rekan-rekan kerja mereka, tetapi lebih diartikan sebagai perpanjangan tangan mereka. Seorang pemimpin yang buruk tidak bisa memimpin para karyawan untuk sukses atau merasa hebat dari apa yang telah mereka kerjakan. Seorang pemimpin harus menjadi teladan dan menawarkan solusi dengan bersikap mudah berhubungan dan memiliki kemampuan pemecahan masalah praktis. Seorang pemimpin juga akan mengenali kebutuhan kelompok dengan menerapkan program pelatihan dan pengembangan karyawan.

Baca: MANFAAT TRAINING MOTIVASI KARYAWAN


Apa Manfaat Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Anda?
Sering seorang pemimpin memerlukan seorang ahli untuk memastikan pertumbuhan maksimal dan perkembangan perusahaan atau departemen yang mereka pimpin. Ini harus dipertimbangkan oleh semua bisnis, tidak peduli ukuran dan jenis bisnis mereka. Keberhasilan seorang pemimpin diukur oleh keberhasilan karyawan atau bawahan mereka.


Beberapa manfaat dari pelatihan dan pengembangan karyawan:

1. Menemukan Potensi Karyawan
Dalam banyak kasus, di beberapa perusahaan
banyak pemimpin yang tidak efektif, karena tidak menggunakan prinsip the right man on the right place. Salah satu unsur dalam manajemen SDM adalah pendayagunaan yaitu menempatkan orang sesuai dengan kompetensinya sehingga bisa bekerja dengan optimal. Namun, karena tidak ada program pengembangan kepemimpinan yang dilakukan, mereka tidak mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka atau mengembangkan keterampilan mereka yang tersembunyi. Membiarkan karyawan Anda untuk mengikuti program ini mungkin bisa membantu Anda mengenali pemimpin masa depan dalam karyawan Anda saat ini. Beberapa individu hanya memerlukan seseorang untuk mempercayai mereka untuk mengembangkan keterampilannya, dan karyawan Anda akan menunjukkan kapasitas dan kualitas mereka yang sesungguhnya.


2. Melepaskan Diri Dari Persaingan
Melatih para karyawan Anda akan memberikan mereka kesempatan untuk memahami perkembangan terbaru dan tren dalam bisnis Anda.
Dunia terus berkembang, dan semakin kompetitif. Jika Anda membantu karyawan Anda mengejar ketertinggalan mereka dengan perubahan ini, artinya Anda telah mengarahkan diri agar terlepas dari persaingan bisnis yang sedang Anda hadapi. Belajar untuk mengembangkan strategi baru akan memungkinkan karyawan Anda mengambil pekerjaan yang lebih menantang dan peran yang lebih tinggi di dalam bisnis yang Anda pimpin.


3. Terus Belajar Untuk Mengembangkan Diri
Dengan mengembangkan keterampilan karyawan Anda melalui program kepemimpinan, dalam diri mereka akan berkembang biak semangat belajar seumur hidup. Dalam dunia teknologi yang terus berubah dan selalu ada sesuatu yang harus dipelajari dalam bisnis. Belajar seumur hidup akan mendorong belajar secara mandiri dalam setiap individu untuk mengembangkan diri mereka sendiri dengan berbagai mata pelajaran dan bidang, mereka akan mendirikan sebuah cinta untuk belajar dan pengembangan diri.


4. Menghadapi Stres Di Tempat Kerja
Dalam suasana pelatihan Anda dapat membahas permasalahan yang mungkin dimiliki
oleh karyawan Anda. Berikan masing-masing individu (tanpa melihat peran mereka dalam perusahaan) kesempatan untuk menyuarakan pendapat mereka. Dengan cara ini, konfrontasi di tempat kerja akan menurun karena karyawan akan menyadari kenyataan bahwa mereka bisa berbagi permasalahan mereka di pelatihan berikutnya atau sesi pengembangan, dan bahkan periode di antara keduanya. Sesi ini juga akan memungkinkan para karyawan untuk bersantai dan mendiskusikan bagaimana cara menurunkan stres di tempat kerja.


5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja
P
elatihan dam pengembangan karyawan akan menyebabkan peningkatan produktivitas dalam bekerja. Karyawan Anda tidak hanya akan mampu berbuat lebih banyak dan lebih memahami, tetapi mereka juga akan memperoleh kepercayaan diri dalam pekerjaan mereka karena kemampuan mereka telah ditingkatkan dan dikembangkan.


6. Memahami Harapan atau Keinginan Bawahan
Program
pelatihan dan pengembangan karyawan akan memberikan Anda, pemilik/pimpinan departemen, atau pengelola perusahaan beberapa pemahaman tentang harapan yang mungkin diinginkan oleh karyawan (bawahan) Anda. Dengan cara ini, Anda bisa meminimalkan perasaan kecewa mereka, dan meningkatkan loyalitas mereka dengan cara mengelola harapan atau keinginan dari para bawahan atau karyawan Anda.


7. Memperbaiki Visi dan Misi Perusahaan Anda
Program pengembangan kepemimpinan dan kesempatan pelatihan ini juga merupakan tempat yang sempurna untuk mengingatkan karyawan Anda tentang tujuan jangka panjang yang ingin
dicapai oleh perusahaan atau departemen yang Anda pimpin. Ingatkanlah karyawan Anda mengenai apa tujuan Anda dan bagaimana Anda ingin mengarahkan hasil yang diinginkan. Juga termasuk bagaimana keberhasilan perusahaan (departemen) akan menguntungkan setiap individu yang ada di dalamnya. 


Secara keseluruhan, Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan memiliki multi manfaat bagi perusahaan yang Anda pimpin... 


Baca: TRAINING SKILLS





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:



Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w