Rabu, 24 Februari 2016

MENJADI SEORANG PEMIMPIN




Bagaimana Anda bisa mengetahui apakah seseorang memiliki keterampilan untuk menjadi seorang pemimpin sejati?

Pemimpin sejati tidak dilahirkan, namun suatu keterampilan yang dapat dipelajari, atau dengan kata lain bahwa setiap orang mempunyai bakat menjadi seorang pemimpin.

Para peneliti mengungkapkan karakteristik dari jiwa kepemimpinan” dan menjelaskan sikap-sikap dari seorang pemimpin sejati...
Baca: PEMIMPIN YANG EFEKTIF


Seorang pemimpin memiliki visi
Di mana bisnis Anda ingin berada atau bagaimana Anda membayangkan diri Anda dalam 5/10/15 tahun ke depan? Visi tidak mengawang-awang. Pemimpin harus selalu mengikuti visinya, apapun yang terjadi, tanpa “membuangnya” ketika hal-hal tidak mendukung, bahkan jika rintangan tampaknya tidak mungkin untuk dilalui.

Seorang pemimpin mengikuti misi sejatinya
Pemimpin mengetahui apa misinya dan telah mempelajari secara detil langkah-langkah untuk mencapainya. Ia bahkan memiliki rencana B di benaknya. Sangat penting untuk mengetahui secara persis bagaimana Anda akan sampai ke tujuan, langkah-langkah apa yang perlu diikuti, alat apa saja yang digunakan, bagaimana dan kapan. Pada saat yang sama, Anda harus memiliki hasil yang terukur di tangan Anda, karena jika tidak, Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda sedang membuang-buang waktu dan uang Anda atau tidak.

Seorang pemimpin memiliki sifat ramah dan dekat dengan orang-orang
Pemimpin sejati tidak memiliki kompleksitas dari seseorang yang “sukses”, mereka justru menyenangkan dan ramah. Selain itu, ini adalah tentang bagaimana mereka berhasil mendapatkan simpati dari orang lain dan mereka tidak perlu membual tentang pencapaian mereka, baik itu menyangkut kehidupan pribadi atau profesional mereka, dengan alasan apapun.

Seorang pemimpin tidak puas pada keberhasilan mereka
Pemimpin yang baik selalu berusaha untuk membawa hidup dan pekerjaannya selangkah lebih maju, karena jika ia beristirahat ia mungkin akan kehilangan momentum atau keterampilannya. Berikan contoh yang baik kepada orang-orang di sekitar Anda dan buktikan bahwa Anda selalu mencoba untuk mendapatkan satu kesuksesan lagi. Faktanya, dengan cara seperti itu Anda akan mendapatkan rasa hormat atau kekaguman mereka.

Seorang pemimpin mendapatkan rasa hormat dari lawan-lawannya
Pemimpin selalu dianggap sebagai seorang yang ahli di mata keluarga, teman dan koleganya. Sebagian besar dari mereka memiliki gelar akademis atau pengalaman hidup yang hebat, yang kemungkinan akan membawa kesuksesan. Namun, Anda akan mendapatkan kredit hanya ketika Anda mendapatkan rasa hormat dari lawan-lawan Anda!

Seorang pemimpin memiliki kemampuan komunikasi yang baik
Banyak orang tidak dapat dengan mudah menyampaikan ide-ide mereka, atau visi mereka, karena mereka tidak memiliki kemampuan komunikasi yang memadai. Anda harus sering bertemu dengan orang-orang di posisi kunci dan tidak melewatkan janji, karena dengan cara ini Anda dapat memastikan untuk berkomunikasi langsung dengan mereka. Selain itu, Anda harus memilih komunikasi tatap muka dibandingkan sambungan telepon, karena akan lebih efektif.

Seorang pemimpin yang baik memiliki fleksibilitas
Seorang pemimpin tidak takut untuk mencoba metode baru atau menjadi perintis, karena dengan begitu ia bisa menilai secara obyektif. Jadilah fleksibel, termasuk jika Anda harus menyesuaikan gaya Anda sesuai dengan tuntutan hidup saat ini. Bahkan ketika harus berhadapan dengan orang-orang yang kuat, percayalah pada diri sendiri.

Seorang pemimpin memiliki tim yang kompeten di sekelilingnya
Hanya sedikit orang yang memiliki semua keterampilan untuk menjadi pemimpin yang “sempurna”. Rata-rata dari mereka memiliki ketidaksempurnaan dan kelemahan, namun karakter dari seorang pemimpin memastikan bahwa kelemahannya dapat ditutup melalui orang-orang, teman atau rekan bisnis di sekitarnya. Di belakang seorang pemimpin, selalu ada kelompok orang-orang yang tepat yang selalu menyarankan dia hal-hal terbaik.

Baca: BAGAIMANA MENJADI ATASAN YANG BERKUALITAS?





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w