Jumat, 12 Februari 2016

TIPS MENABUNG



Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam hal menabung. Ada berbagai alasan yang menyebabkan hal seperti itu, salah satunya adalah karena ‘lupa’.
University of Chicago Booth School of Business melakukan penelitian untuk mengetahui tentang bagaimana orang memutuskan untuk membelanjakan atau menyimpan uang yang dimiliki. “Apabila sekarang Anda memiliki sejumlah kecil uang atau jumlah yang lebih besar di masa depan, apa yang akan Anda lakukan dengan uang tersebut?”
Jawaban dari pertanyaan tersebut memberikan penjelasan bahwa banyak hal tentang perilaku manusia, termasuk berapa banyak kita menabung untuk pensiun, apakah kita memiliki dana darurat, dan bahkan pilihan kesehatan seperti apakah kita lebih memilih dessert di cafe atau daftar ke gym.
Penelitian ini berhasil menyelidiki bagaimana hubungan manusia dengan diri mereka di masa depan mempengaruhi seberapa besar kemungkinan untuk menabung. Semakin peduli seseorang dengan masa depannya, maka semakin termotivasi ia untuk menabung.
Namun sayangnya, banyak orang tanpa sadar menghabiskan uang mereka karena lupa kalau menabung itu penting. Atau bisa juga mereka ingat tapi tidak peduli. Apakah Anda siap menabung lebih banyak?
Berikut ini tiga strategi agar Anda selalu ingat menabung dan bisa menabung lebih banyak berdasarkan penelitian dari University of Chicago Booth School of Business:
1) Bertanya pada diri sendiri sebelum membeli
Setiap Anda akan membeli sesuatu, ada baiknya untuk bertanya dahulu pada diri sendiri, “Apakah barang ini pantas untuk saya? Apakah harganya wajar? Apakah saya membeli ini karena keinginan atau kebutuhan?
Sekecil apapun pembelian Anda, hal ini tetap memiliki dampak pada pengurangan saldo di rekening. Peneliti dari University of Chicago Booth School of Business menyarankan agar Anda membayangkan hal-hal apa saja yang bisa dibeli bila Anda menahan pembelian kecil berulang kali.
Sepiring dessert di kafe seharga Rp 45.000 jika dikalikan 10 setara dengan harga kamar hotel untuk satu malam. Sedikit demi sedikit, uang untuk membeli hal-hal kurang penting bisa membiayai liburan Anda selama seminggu. Dengan membayangkan keuntungan di masa depan, Anda akan semakin termotivasi untuk menabung.
2) Buat daftar prioritas
Buatlah daftar hal-hal apa saja yang harus didahulukan dan daftar pengeluaran Anda setiap hari. Dengan merencanakan keuangan, atau membuat daftar prioritas dan pengeluaran akan menumbuhkan kebiasaan Anda untuk berhemat.

3) Buatlah kondisi sulit
Strategi ini cukup menjebak karena kehidupan modern telah memudahkan setiap transaksi. Sebuat saja kartu kredit, m-banking, internet banking, dan berbagai kemudahan lainnya. Tinggal klik dan pemesanan online pun berhasil.
Di jaman sekarang menghabiskan uang lewat kartu kredit menjadi terlalu mudah, di masa lalu orang menaruh uang mereka di amplop terpisah agar tidak terpakai.
Terutama buat Anda yang hobi belanja online, cara paling ampuh adalah memutus kemudahan transaksi seperti nomor kartu kredit di akun dan dengan non-aktifkan internet banking. Semakin rumit transaksinya, semakin ANda berpikir dua kali sebelum membeli. Bagaimana? berani mencoba?
Kalau tabungan Anda sudah banyak, jangan lupa untuk membuat deposito agar keuntungan semakin berlipat.



Baca: Menabung Dapat Untung!





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan