Minggu, 07 Februari 2016

TIPS BEBAS DARI HUTANG




Teror hutang membuat hidup sebagian besar orang tidak nyaman. Bahkan ada juga yang nekat melakukan hal konyol karena tak tahan dijerat lilitan utang dalam jumlah besar.
Memang, tak ada satu orang pun yang senang menanggung utang. Apalagi harus berurusan dengan para rentenir yang menawarkan pinjaman berbunga tinggi. Hati-hati, telat membayar utang, Anda bisa dikejar para `debt collector` yang kadang bersikap kasar.
Membenahi pola hidup dan cara mengelola keuangan pribadi harus dilakukan agar bisa hidup tenang tanpa jeratan utang. Berikut lima cara sederhana yang bisa dilakukan supaya terbebas dari utang:
1. Gunakan uang tunai
Kartu kredit biasanya menjadi andalan para pemiliknya saat tengah tidak memiliki uang tunai. Sebaiknya, tinggalkan kartu kredit Anda jika tidak memang sedang dibutuhkan dan gunakan uang tunai untuk transaksi sehari-hari.
2. Buat anggaran pengeluaran per bulan
Sempatkan waktu Anda untuk membuat anggaran belanja dalam sebulan. Hitung berapa jumlah uang yang boleh Anda keluarkan untuk membeli makanan, jalan-jalan atau menghibur diri sendiri. Setelah itu, pastikan Anda masih punya uang tersisa untuk ditabungkan.
3. Hanya membeli barang yang dibutuhkan
Anda harus bisa membedakan mana barang yang merupakan kebutuhan dan hanya keinginan pribadi. Hindari mengikuti hasrat belanja yang berlebihan.
Misalnya Anda ingin memiliki televisi baru, jangan paksakan meminjam uang untuk mendapatkannya. Tetapi pastikan Anda menabung hingga punya cukup uang untuk membelinya.
4. Ingat saat sedang dililit utang
Jangan pernah lupa saat diri Anda tengah dililit utang. Jika Anda pernah mengalaminya, tentu Anda tidak mau pengalaman pahit itu berulang. Mengingatnya ternyata dapat membantu Anda menghindari pinjaman berlebih yang membuat utang pribadi bertumpuk.
5. Menabung
Meningkatkan kebiasaan menabung merupakan salah satu kunci untuk membuat Anda terbebas dari utang. Setiap memperoleh pendapatan, sisihkan sebagian uang Anda untuk menabung.

Baca: Muda Kaya Raya! Tua Bahagia! Mati Masuk Surga!





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan