Minggu, 14 Februari 2016

TIPS MENABUNG YANG EFEKTIF




Memiliki banyak uang tentu menjadi keinginan kebanyakan orang bukan? Agar dapat memenuhi segala kebutuhan dan tak perlu bingung karena tak memiliki uang. Namun terkadang seseorang merasa sulit untuk mengelola keuangannya.

Untuk menabung dan mengelola uang itu memang merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Orang yang sudah kaya ternyata lebih rajin menabung demi menimbun lebih banyak uang dari jumlah yang telah mereka miliki. Sementara banyak orang biasa yang uangnya pas-pasan justru sulit sekali menabung, yang pada gilirannya mereka harus berhadapan dengan masalah keuangan.
Padahal, setidaknya Anda menyisihkan 10 persen dari gaji Anda setiap bulan sebagai tabungan. Lebih mudah, berikut lima cara orang kaya menabung dan bisa Anda tiru:
1. Hati-hati dengan pengeluaran kecil
Kebanyakan orang selalu berhati-hati dalam membuat investasi besar dan pembelian dengan angka besar. Tapi pada saat yang sama, Anda justru boros dalam membeli barang-barang berharga rendah.
Kebalikan dari orang pada umumnya, orang kaya lebih berhati-hati saat membeli barang dengan harga murah. Mereka menyadari jumlahnya dapat terus membengkak dan membuatnya menjadi tak bisa menabung.
2. Fokus pada masa depan
Sangat mudah menghabiskan uang untuk mendapatkan sesuatu yang disuka. Tapi pada akhirnya, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan krusial tak peduli berapapun pendapatan Anda.
Itulah mengapa Anda harus fokus pada masa depan dan mulai mengurangi pengeluaran untuk berbagai barang yang tidak perlu. Ingat, Anda bisa muda tanpa uang, tapi tak bisa tua tanpanya.
3. Bekerja keras
Persepsi yang bertebaran menyebutkan bahwa orang kaya hanya bersenang-senang dalam hidupnya. Faktanya, orang kaya bekerja keras lebih dari siapapun untuk mendapatkan uang lebih banyak agar bisa ditabung.
Dengan meningkatkan pendapatan, dirinya juga menambah porsi uang tabungan.
4. Simpan sebagian besar pendapatan
Banyak yang mengatakan, orang kaya selalu boros dalam mengeluarkan uang. Tidak juga, karena sebenarnya orang kaya selalu menabungkan sebagian besar pendapatannya.
Itulah kenapa orang-orang tersebut tetap kaya. Dengan menabung lebih banyak, mereka merasa memiliki lebih banyak uang dan memastikan dirinya tak kesulitan secara finansial saat ada kebutuhan mendadak.
5. Jangan beli selain kebutuhan
Orang kaya tak pernah membayar untuk hal-hal yang tak perlu. Dirinya selalu menghindar membeli hal-hal yang memang tak diperlukan. Bejamin Franklin pernah mengatakan, hati-hati dengan pengeluaran yang sedikit, bahkan danau yang kecil dapat menenggelamkan kapal besar.

Baca: Bagaimana Cara MENABUNG CERDAS?





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan