Strategi pemasaran merupakan salah satu hal
yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis, baik bisnis baru maupun
bisnis yang telah lama dirintis, baik usaha kecil maupun usaha yang telah
berkembang sekalipun, semuanya membutuhkan strategi pemasaran yang efektif agar
dapat mengembangkan usaha yang dijalankan. Kemampuan yang handal
dalam memasarkan produk bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri. Untuk
memenangkan persaingan dan meraih pasar, dibutuhkan strategi pemasaran yang
kreatif dan inovatif.
Berikut ini ada
langkah-langkah strategi pemasaran yang penulis rangkum, sebagai berikut:
1) Lakukan Analisa Pasar
Lakukanlah analisa pasar
kita agar lebih mudah dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif. Dengan
mengetahui siapa target marke kita akan terhindar dari terbuangnya waktu dan
biaya yang sia-sia.
2) Pencanaan Pemasaran
Membuat perencanaan
pemasaran yang akan dijalankan akan sangat mempengaruhi banyaknya
pelanggan yang diperoleh dalam bisnis. Oleh karena itu luangkanlah waktu untuk
merencanakan strategi marketing, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang
berhubungan dengan pemasaran.
3) Target Market
Tentukan
pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen
pasar yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing
lebih mudah dilaksanakan.
4) Anggaran
Menghitung
anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil
hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan
dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha kecil membuat anggaran dengan tidak
terlalu akurat, sehingga terjadi pemborosan.
5) Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan
sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu
memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan
bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat
mengetahui tentang produk yang ditawarkan.
6) Strategi Promosi
Melakukan promosi atau
memperkenalkan produk bisnis kepada konsumen. Lakukan promosi tersebut
konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan
tidak merasa bosan. Selain itu, lihatlah pula bagaimana model promosi yang
dilakukan oleh kompetitor. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik,
lanjutkan upaya promosi tersebut.
7) Branding
Branding adalah bagaimana konsumen
menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha
kecil selalu melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo,
bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.
8) Pilih Lokasi yang
Strategis
Salah satu faktor
penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat.
Usahakanlah untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis
Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka. Strategi merupakan
dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya
siapa target pasar, bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana
cara menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.
9) Promosi dan iklan
Promosi dan
iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis
dan produk, termasuk pada usaha kecil. Promosi dan iklan yang baik akan
menghasilkan pengakuan brand yang efektif hingga mampu meningkatkan
penjualan:
Buatlah
media promo: brosur dan poster dengan desain yang bagus dan menarik, yang akan
meningkatkan ketertarikan calon pembeli.
Misalnya: koran,
majalah, radio atau TV. Media ini cukup mahal namun kelebihannya bisa
menjangkau audience yang cukup besar dan luas.
Mengikuti pameran atau
sponsorship, kerjasama dengan salah satu penyelenggara event (misal seminar) untuk mempromosikan produk kita.
Menggunakan salesman
untuk menjual produk kita, sales person juga bisa berupa reseller. Penggunaan
direct marketing misalnya BBM, instant messaging, SMS, marketing call (phone),
email marketing.
Internet marketing
(Facebook dan Twitter) bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat
efektif. Kita dapat mengetahui selera konsumen dan kebutuhan konsumen dengan
menempatkan bisnis kita di situs jejaring sosial.
Penggunaan website/blog
bisa digunakan untuk menginfokan produk kita melalui online. Media online
shop misalnya tokobagus, yukbisnis, forum jual beli, dll.
10) Memelihara Hubungan
dengan Konsumen
Memelihara konsumen lama
lebih mudah dibandingkan mendapatkan konsumen baru. Buatlah database konsumen,
masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka
secara berkala, dan informasikan konsumen mengenai promo produk yang sedang
berjalan, dll. Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi
salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten.
Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga
tertentu bagi para member. Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika
strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali
konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat
berkembang lebih cepat dan tepat.
11) Fokus
Fokus tidak berarti kita
menjual lebih sedikit. Sebaliknya, kita dapat meningkatkan produksi di wilayah
tertentu. Kini, dengan ketatnya persaingan pasar saat ini, kita harus
dapat memenangkan pasar dengan strategi pemasaran yang efektif dan ide yang kreatif
& inovatif.
12) Konsisten
Dengan adanya
konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya
marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan