Rabu, 16 Oktober 2013

STRATEGI PEMASARAN DALAM BISNIS




Strategi pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis, baik bisnis baru maupun bisnis yang telah lama dirintis, baik usaha kecil maupun usaha yang telah berkembang sekalipun, semuanya membutuhkan strategi pemasaran yang efektif agar dapat mengembangkan usaha yang dijalankan. Kemampuan yang handal dalam memasarkan produk bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri. Untuk memenangkan persaingan dan meraih pasar, dibutuhkan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif.

Berikut ini ada langkah-langkah strategi pemasaran yang penulis rangkum, sebagai berikut:

1) Lakukan Analisa Pasar
Lakukanlah analisa pasar kita agar lebih mudah dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif. Dengan mengetahui siapa target marke kita akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.

2) Pencanaan Pemasaran
Membuat perencanaan pemasaran yang akan dijalankan akan sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh dalam bisnis. Oleh karena itu luangkanlah waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.

3) Target Market
Tentukan  pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah dilaksanakan.

4) Anggaran
Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi pemborosan.

5) Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.

6) Strategi Promosi
Melakukan promosi atau memperkenalkan produk bisnis kepada konsumen. Lakukan promosi tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Selain itu, lihatlah pula bagaimana model promosi yang dilakukan oleh kompetitor. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. 

7) Branding
Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha kecil selalu melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.

8) Pilih Lokasi yang Strategis
Salah satu faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Usahakanlah untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka. Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya siapa target pasar, bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.

9) Promosi dan iklan
Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha kecil. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif  hingga mampu meningkatkan penjualan:
Buatlah media promo: brosur dan poster dengan desain yang bagus dan menarik, yang akan meningkatkan ketertarikan calon pembeli.
Misalnya: koran, majalah, radio atau TV. Media ini cukup mahal namun kelebihannya bisa menjangkau audience yang cukup besar dan luas.
Mengikuti pameran atau sponsorship, kerjasama dengan salah satu penyelenggara event (misal seminar) untuk mempromosikan produk kita.
Menggunakan salesman untuk menjual produk kita, sales person juga bisa berupa reseller. Penggunaan direct marketing misalnya BBM, instant messaging, SMS, marketing call (phone), email marketing.
Internet marketing (Facebook dan Twitter) bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Kita dapat mengetahui selera konsumen dan kebutuhan konsumen dengan menempatkan bisnis kita di situs jejaring sosial.
Penggunaan website/blog bisa digunakan untuk menginfokan produk kita melalui online. Media online shop misalnya tokobagus, yukbisnis, forum jual beli, dll.

10) Memelihara Hubungan dengan Konsumen
Memelihara konsumen lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan konsumen baru. Buatlah database konsumen, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan konsumen mengenai promo produk yang sedang berjalan, dll. Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member. Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat.

11) Fokus
Fokus tidak berarti kita menjual lebih sedikit. Sebaliknya, kita dapat meningkatkan produksi di wilayah tertentu. Kini, dengan ketatnya persaingan pasar saat ini, kita harus dapat memenangkan pasar dengan strategi pemasaran yang efektif dan ide yang kreatif & inovatif. 

12) Konsisten
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.

Baca: TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan