Kamis, 17 Oktober 2013

STRATEGI MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS




Salah satu tantangan dalam berbisnis adalah pesaing dalam bisnis serupa. Persaingan dalam dunia bisnis memang akan selalu ada dan tak bisa dihindari...
Baca: KENAPA ORANG BERBISNIS?

Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi persaingan bisnis:

1. Konsep
Dalam menjalankan bisnis tidak hanya dibutuhkan ide dan usaha keras saja, diperlukan juga sebuah konsep yang matang. Konsep bisnis yang matang akan membantu dalam mengenali berbagai potensi dan pangsa pasar yang ingin dituju. Selain itu konsep bisnis yang matang akan membuat bisnis bisa berjalan lebih maksimal. Dalam menentukan konsep bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya selera pasar, gaya hidup masyarakat, daya beli, sampai ke persaingan bisnisnya.
Baca: TIPS UNTUK MEMULAI BISNIS

2. Perencanaan
Konsep bisnis yang matang akan membantu dalam membuat perencanaan bisnis yang baik. Jika perencanaan bisnis tidak matang, akan sia-sia dan kemungkinan mengalami kerugian. Dalam perencanaan bisnis yang matang, harus menjabarkan visi dan misi perusahaan, rencana promosi, rencana pemasaran, rencana keuangan, sampai dengan menentukan analisis risiko yang mungkin akan dialami dalam bisnis, termasuk perencanaan untuk menghadapi pesaing.
Baca: PERENCANAAN UNTUK MEMULAI BISNIS

3. Kenali Pesaing
Mencari tahu siapa pesaing dalam bisnis kita adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Cari tahu tentang produknya, berapa harganya, apa kelebihannya, dan sebagainya. Informasi itu sangat bermanfaat untuk menentukan strategis bisnis yang akan dijalankan.
Baca: TEKNIK MEMIKAT KONSUMEN

4. Produk Berkualitas
Menciptakan produk berkualitas merupakan salah satu strategi dalam menghadapi persaingan bisnis. Ciptakan produk terbaik, produk kita harus memiliki kelebihan dibanding produk yang sudah ada di pasaran. Dengan memberikan produk yang berkualitas pelanggan akan menjadi puas. Berikan kualitas yang lebih bagus dibanding pesaing. Jika usaha makanan, maka berikan rasa yang lebih enak, kualitas bahan makanan yang lebih baik. Pastikan bahwa kualitas produk kita bagus dan bisa memuaskan konsumen, sehingga konsumen tidak pindah ke pesaing.
Baca: STRATEGI AGAR KONSUMEN LOYAL

5. Promosi
Aktivitas promosi adalah bagian penting untuk menghadapi pesaing. Promosikan apa yang menjadi kelebihan produk kita. Promosikan melalui berbagai media dan lakukan secara konsisten agar produk kita dikenal oleh masyarakat luas. Buatlah promosi yang lebih gencar dibanding pesaing sehingga konsumen tetap fokus ke layanan dan  produk kita. Pastikan konsumen mengetahui program-program promosi dari produk kita. Gunakan berbagai media promosi untuk menjangkau konsumen lebih banyak, misalnya melalui media offline maupun media online.
Baca: PERENCANAAN PEMASARAN DALAM BISNIS

6. Inovasi
Persaingan dengan bisnis yang sejenis seringkali tak dapat dihindari. Namun sebenarnya persaingan ini bisa membuat kita menjadi lebih kreatif untuk berkreasi. Dengan persaingan akan membuat kita menjadi lebih inovatif untuk menciptakan sebuah nilai tambah dalam produk yang dijual.
Baca: PENYEBAB UTAMA BISNIS TIDAK BERKEMBANG?

7. Harga Bersaing
Dalam menghadapi persaingan bisnis, memberikan harga bersaing adalah salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan dan melawan pesaing.
Baca: PRINSIP DALAM PENJUALAN

8. Sistem
Sebuah sistem bisnis yang baik akan membantu agar bisa bertahan lebih lama dan mendapat keuntungan yang diinginkan. Buat sistem bisnis yang baik. Setelah pondasi bisnis dirasa kuat, maka lakukan perluasan pasar dengan berbagai sistem usaha yang diinginkan, misalnya membuka cabang atau franchise.
Baca: TRAINING MANAGEMENT

9. Perluasan Pasar
Untuk menghadapi persaingan bisnis, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memperluas pasar. Perluasan pasar ini bisa berarti memperluas fokus dan target market yang disasar. Misalnya dengan menjual varian tambahan atau dilakukan dengan membuka cabang baru atau dengan cara memberikan ke konsumen layanan lebih berupa produk dengan jumlah lebih banyak, dengan harga yang sama dengan pesaing tapi kita bisa memberikan jumlah produk yang lebih banyak.
Baca: BAGAIMANA CARA MENGEMBANGKAN BISNIS?

10. Layanan Lebih Baik
Fokuslah pada layanan pelanggan. Berikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Dalam hal ini, kita bisa berikan ke konsumen berupa pilihan produk yang lebih banyak, lebih variatif, sehingga konsumen punya pilihan lebih banyak.
Baca: PERLAKUKAN PELANGGAN ANDA SEPERTI KEKASIH

11. Program Khusus Pelanggan
Buatlah program khusus bagi pelanggan, hal ini penting untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Misal program hadiah bagi pelanggan yang rutin membeli produk kita, cara lain misalnya dengan memberikan harga khusus pelanggan yang memang rutin membeli produk kita.
Baca: STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN

12. Evaluasi
Diperlukan juga evaluasi terhadap kelangsungan bisnis. Kita tak bisa begitu saja tutup mata dalam menjalankan bisnis, sebuah evaluasi terhadap kekurangan dan nilai lebih dalam berbisnis juga diperlukan untuk semakin memajukan bisnis yang dijalankan.
Baca: TIPS MENGATASI KEUANGAN BISNIS YANG TIDAK SEHAT

13. Berdoa
Jika semua hal tersebut di atas sudah kita lakukan, satu langkah yang tidak boleh kita lupakan adalah berdoa. Berserah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk hasil dari kerja keras dan kerja cerdas yang sudah kita lakukan...

Baca: BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN KEUNTUNGAN BISNIS?






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan