Saat akan memulai sebuah bisnis, sangat penting untuk mengawalinya dengan
perencanaan pemasaran. Menurut Kotler (According to Kotler 136-137:
2006), terdapat 6 langkah
perencanaan pemasaran:
1. Analisis SWOT
Disini, perusahaan menguji berbagai
kekuatan makro (ekonomi, politik hukum, sosial-budaya, dan
teknologi) dan para pemain (perusahaan, kompetitor,
distributor, dan suplier) di ruang lingkup masing-masing. Perusahaan
melakukan analisis SWOT (Strengths/kekuatan, Weaknesses/kelemahan,
Opportunities/peluang, dan Threats/ancaman), agar dapat menentukan
langkah yang akan diambil.
2.
Target Pasar
Setelah
mengidentifikasi berbagai peluang terbaik melalui analisis SWPT, perusahaan
harus membuat peringkat peluang-peluang itu, menentukan target pasar, serta
menetapkan tujuan dan agenda untuk mencapainya. Sehingga kita dapat menentukan target pasar yang akan kita tuju.
Misalnya: usia, gender, wilayah. Target pasar juga bisa dari kelas ekonomi:
kelas atas, kelas menengah, menengah atau kelas bawah.
3. Target Sales
Strategi
harus dijabarkan secara mendetail sesuai dengan 4P (Product, Price, Place, Promotion).dan
tindakan yang akan diambil menurut jadwal setiap orang yang akan menjalankan
rencana tersebut. Tentukan produk yang akan dijual, tentukan harga untuk produk
yang akan kita jual, tentukan saluran distribusi penjualan untuk produk kita,
tentukan bentuk dan cara promosi yang akan kita pakai.
5. Anggaran Biaya
6. Monitor dan Kontrol
Perusahaan
harus melakukan monitor dan kontrol secara periodik yang akan mengungkapkan
apakah perusahaan sudah berjalan sesuai rencana. Jika performanya rendah,
perusahaan harus merevisi sasaran, strategi, atau tindakannya guna memperbaiki
situasi.
Baca: STRATEGI PEMASARAN DALAM BISNIS
Baca: STRATEGI PEMASARAN DALAM BISNIS
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan