Dalam bisnis, produk yang berkualitas tidaklah cukup untuk
mendongkrak tingkat penjualannya, banyak faktor yang menentukan sukses tidaknya
suatu penjualan.
Strategi penjualan merupakan cara-cara di dalam proses
penjualan yang dapat memberikan efek peningkatan pada nilai penjualan. Strategi
penjualan dibutuhkan agar pelanggan merasa senang dengan model berjualan yang
kita lakukan.
Strategi penjualan yang unik dan kreatif akan menjadikan
para konsumen lebih tertarik dibandingkan dengan cara-cara monoton yang sudah
biasa dilakukan orang. Sebagai pebisnis, kita harus mampu membangun strategi
penjualan jauh sebelum memulai sebuah bisnis.
Berikut akan dijelaskan tentang beberapa strategi
meningkatkan penjualan produk:
1) Kualitas Produk
Kenali produk, kita harus mengetahui dengan pasti apa
kelebihan dan kekurangannya. Jadi sebelum melakukan promosi, kenali dulu dengan
baik produk yang akan dijual, agar pengetahuan mengenai produk menjadi daya
tarik tersendiri bagi pelanggan.
2) Kepuasan Konsumen
Buatlah prosedur pembelian produk yang dapat dilakukan
dengan mudah, aman dan nyaman. Pelanggan jangan disulitkan dengan hal-hal
teknis yang dapat menghambat proses pembelian. Bila perlu buat beberapa pilihan
cara pembelian, sehingga memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk membeli
sesuai keinginan. Konsumen akan
jadi pelanggan ketika mereka puas dengan produk kita. Penjualan akan terus
terjadi jika produk kita memuaskan konsumen. Konsumen yang menjadi
pelanggan salah satunya karena pelayanan yang baik. Misalnya denganlayanan
antar jemput, layanan tambahan, senyum pegawai yang ramah, dll.
3) Promosi yang Efektif
Strategi penjualan yang paling ampuh tak lain adalah upaya
promosi yang maksimal. Sehebat apapun produk yang akan kita jual, jika tidak
ada promosi yang maksimal, maka penjualan akan biasa saja. Namun sebaliknya,
meskipun kualitas produk atau layanan biasa saja, tapi promosi berjalan
maksimal, maka hasilnya akan lebih maksimal. Buatlah promosi yang efektif, promosi yang mengena langsung
kepada sasaran. Tentukan segmen pasar mana yang akan dibidik kemudian tentukan
alat promosi yang paling efektif untuk menembus segmen pasar yang telah
ditentukan. Penjualan tidak
akan maksimal jika kita tidak menginformasikan produk kita ke calon konsumen
dan konsumen melalui promosi yang konsisten. Gunakan media promosi yang sesuai
dengan calon target kita.
4) Inovasi
Inovasi adalah perbaikan terus menerus menyesuaikan
keinginan konsumen. Minta saran konsumen untuk produk kita. Bisa juga
dengan cara melihat kekuatan pesaing,
pelajari dan terapkan kelebihannya dalam produk yang kita miliki.
5) Kenali Strategi Pesaing
Kita tidak sendirian dalam memasuki pasar, banyak pesaing
yang lebih dahulu masuk ke dalam pasar yang kita tuju. Jadi kenali pesaing dengan
baik dan terapkan metode terbaik agar bisa meningkatkan penjualan melebihi
pesaing.
6) Tentukan Target dan Ukur
Tentukan target penjualan yang ingin kita capai. Berapa
barang yang ingin dijual, berapa nilai omzet yang ingin dicapai, kapan ingin
tercapainya? Ukur setiap penjualan yang dihasilkan, cari tahu mana
strategi yang efektif dan mana yang tidak. Terus lakukan monitoring secara
berkala.
7) Jalin Hubungan dengan Pelanggan
Jangan melepas konsumen yang pernah membeli produk kita,
bangunlah hubungan dengan konsumen, cari tahu kontaknya, lalu mulailah bangun
relasi secara berkala.
8) Bangun Reputasi
Bangun reputasi produk kita, reputasi dibangun dengan
kualitas + layanan + promosi + testimoni + inovasi. Reputasi akan
membangun merek. Ketika reputasi bagus, penjualan diharapkan meningkat.
Dengan melakukan strategi penjualan yang baik dan benar, maka penjualan produk
akan terjadi peningkatkan, teruslah gali strategi-straegi baru karena pasar
selalu berubah dan memerlukan cara pendekatan yang berbeda.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan