Konsumen adalah salah satu aset yang paling berharga dalam bisnis. Tanpa
konsumen, tidak akan ada penjualan. Tanpa penjualan, tidak ada keuntungan, dan
bisnis macet dan akan bangkrut. Survei
membuktikan bahwa mendapatkan konsumen baru, biayanya jauh lebih mahal dan
memperlukan perjuangan dan pengorbanan yang cukup besar. Relatif lebih mudah
mempertahankan konsumen lama daripada mendapatkan konsumen baru. Namun
banyak pebisnis yang melupakan hal ini, karena terlalu sibuk untuk mencari
konsumen baru. Padahal dengan sentuhan sedikit saja kepada konsumen lama, akan
membuat konsumen tersebut menjadi loyal kepada produk kita.
Berikut ini beberapa hal yang dapat kita
gunakan agar konsumen menjadi loyal:
1)
Produk Berkualitas
Produk
berkualitas dan mempunyai keunggulan tentu akan membuat konsumen puas. Jika
konsumen puas, mereka akan menjadi konsumen yang loyal, dan akan
merekemondasikan produk ke orang lain.
2)
Layanan Prima
Dengan
layanan prima, konsumen akan merasa senang dan selalu dikenang oleh konsumen,
karena hal itu menunjukkan bahwa kita tidak hanya butuh uang mereka.
3)
Strategi Marketing yang Tepat
Aktifitas
marketing yang tepat akan membuat konsumen merasa bahwa produk kita
mempunyai keunggulan dibandingkan dengan produk sejenis yang ada di pasaran.
4)
Inovasi Produk
Kebutuhan
konsumen selalu berubah dan cenderung ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan
perbaikan produk perlu diperhatikan. Inovasi bisa dalam hal bentuk dan corak
kemasan, isi produk, varian produk dan jasa layanan atau cara berkomunikasi ke
konsumen.
5)
Dengarkan Keluhan Konsumen
Mendengarkan
keinginan dan keluhan konsumen merupakan bagian yang penting agar konsumen
loyal. Jika konsumen datang kembali karena ada masalah pada produk yang kita
jual, harus siap untuk mendengarkan keluhan tersebut. Jangan mencari pembenaran
atas produk yang bermasalah. Minta maaf dan segera mengatasi masalah tersebut
adalah cara terbaik agar konsumen tetap loyal.
5)
Sales Promo
Memberikan
promosi sangat diperlukan untuk mempertahankan konsumen. Dengan
metode ini, konsumen akan merasa diistimewakan dan mereka akan menjadi konsumen
yang loyal.
6)
Pelihara Hubungan
Hubungi
pelanggan yang sudah cukup lama tidak bertransaksi. Cara sederhana ini bisa
memberikan dampak yang luar biasa. Hal ini membuat konsumen merasa diingat dan
akhirnya membeli produk kita lagi.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan