Jumat, 25 Oktober 2013

TEKNIK PENJUALAN ONLINE SHOP




Saat ini e-commerce telah jadi tren dalam dunia bisnis. Internet membuat berbisnis lebih mudah. Banyak orang yang mencoba berbisnis online, mulai dari skala kecil hingga yang bermodal besar.
Tentunya, perlu strategi khusus agar bisnis online Anda sukses. Berikut empat hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis online:
SITUS
Anda tidak dapat memiliki bisnis e-commerce tanpa situs. Anda perlu berpikir tentang nama domain dan membangun situs yang menggambarkan bisnis Anda. Ingatlah bahwa ini akan menjadi wajah dari bisnis Anda, hindari pilihan yang paling mudah atau paling murah. Pikirkan untuk jangka panjang dan mencoba untuk tidak membabi buta mengikuti apa yang dilakukan pesaing Anda.
TAMPIL BEDA
Jika Anda memperhatikan beberapa bisnis yang paling sukses di luar sana, Anda akan menyadari bahwa masing-masing di antara mereka berhasil masuk ke dalam sebuah pasar yang belum dijelajahi orang lain. 
Memasukkan sentuhan-sentuhan pada produk atau layanan yang sudah tersedia juga akan mendatangkan keajaiban. Lihat saja bagaimana cara Facebook dan Twitter yang telah mengubah cara kita menggunakan jejaring sosial.
RENCANA BISNIS
Bisnis yang sukses dimulai dengan rencana. Anda perlu mengumpulkan semua informasi, ide, dan rencana dalam satu dokumen untuk membantu mengelola bisnis Anda. Tanpa strategi yang baik bisa sulit untuk tetap berada di jalur yang benar.
PEMASARAN
Anda harus memastikan bahwa pelanggan potensial tahu tentang bisnis Anda. Pemasaran sangatlah penting. Untunglah internet memberikan Anda begitu banyak pilihan dalam hal periklanan serta pemasaran sosial yang bisa Anda terapkan. Volume penjualan pada akhirnya yang akan memberitahu Anda apakah apa yang sedang Anda lakukan berhasil atau tidak.



Agar lebih jelas, di bawah ini beberapa tips penjualan online shop:

1. RENCANAKAN STRATEGI
Langkah awal yang penting sebelum action adalah buat list rencana strategi penjualan. Online shop perlu menerapkan ini, misalnya penentuan terget penjualan, penentuan list daftar strategi apa saja yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan, siapa yang akan menjalankan strateginya, dll.

2. MAKSIMALKAN TWITTER

Banyak yang tahu strategi Twitter, tapi hanya sedikit yang memaksimalkannya:

- Fokus pada konten
- Bangun komunikasi
- Perbesar follower
- Lakukan dengan konsisten
Twitter dengan follower yang besar bisa menjadi cara ampuh meningkatkan kunjungan di website online shop.

3. MAKSIMALKAN FACEBOOK

Maksimalkan Facebook untuk membangun interaksi dan memperbesar kunjungan di website kita:
- Gunakan Fanspage
- Konsisten update status
- Jadwalkan secara rutin
- Maksimalkan fitur
- Gunakan Facebook Ads

4. MAKSIMALKAN DATABASE

Jangan anggap remeh database, database menjadi cara ampuh untuk memperbesar penjualan di masa mendatang, database misalnya adalah list daftar nama pembeli, nomor HP pembeli, PIN BB pembeli, atau alamat email mereka.

Intinya, database jangan dibuang, disimpan agar suatu saat bisa dipakai untuk promosi.


5. EKSEKUSI STRATEGI

Banyak pebisnis sudah tahu strategi di atas, tapi persoalannya selalu sama, tidak konsisten, belum maksimal, belum menghasilkan, masih sampingan, belum fokus.

Tips nya, lakukan strategi di atas dengan konsisten. Fokus untuk monitor dan kejar target. Usahakan ada tim atau orang khusus yang menangani, sehingga strategi online shop nya bisa berjalan maksimal.

Ingat, perbesar follower, fans, database untuk memperbanyak calon pembeli.


6. PERBANYAK PILIHAN PRODUK

Pada dasarnya salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan perbanyak pilihan produk. Misalnya, jenis produk, tipe produk, varian produk, ataupun produk pelengkap. Strategi ini juga salah satu cara agar pelanggan tidak beralih ke pesaing.


7. PUNYA TIM PENJUALAN

Tim penjualan adalah ujung tombak bagi penjualan kita. Usahakan agar kita tidak menjalani bisnis sendirian, usahakan untuk membangun tim yang solid. Tim penjualan bertugas untuk melayani calon pembeli, memastikan target penjualan tercapai dan juga melakukan strategi sales dan promosi yang efektif.


8. PELAYANAN YANG RESPONSIF

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik online shop adalah memiliki pelayanan yang responsif. Artinya, pelayanan jangan lambat, ketika ada konsumen yang mau order produk, kita harus cepat melayani mereka. Jika kita lambat, konsumen bisa pindah ke pesaing.


9. BANGUN RESELLER

Salah satu ciri online shop yang sukses memiliki tim reseller. Bangun strategi reseller untuk memperbesar penjualan. Reseller adalah orang yang menjualkan kembali produk kita dan ada ketentuan pembagian keuntungan untuk setiap produk yang dijualnya. Hal penting untuk strategi ini, usahakan agar reseller diberikan pelatihan, sehingga penjualannya bisa maksimal karena sudah diberi training.


10. MARKET PLACE

Selain website online shop, kita juga bisa menggunakan website marketplace e-commerce, misalnya tokobagus, bukalapak, ataupun bisa jual di kaskus. Intinya, ini sebagai nilai tambah, channel tambahan untuk mempromosikan produk kita.

Baca: TEKNIK MEMBANGUN MEREK VIA ONLINE





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan