Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam penjualan, sebagai berikut:
1) TENTUKAN TARGET
Langkah awal bagi seorang pebisnis ketika akan
mulai menjalankan bisnisnya adalah, menentukan target penjualan dari produk
yang akan dijualnya.
2) PRODUK BERKUALITAS
Jualah produk yang berkualitas, ini sangat
penting jika ingin sukses dalam bisnis. Jangan menjual produk cacat yang akan
mengecewakan konsumen. Kita harus tahu keunggulan produk kita dibanding dengan
pesaing.
3) INOVASI PRODUK
Agar penjualan kita meningkat, inovasi produk harus dilakukan. Misalnya,
penambahan varian, perbagus kemasan, dll. Cari tahu apa kebutuhan konsumen,
sehingga kita bisa tahu produk yang tepat untuk mereka.
4) PELAYANAN PRIMA
Jangan umbar janji yang tidak bisa ditepati,
karena hal ini akan membuat konsumen menjadi kecewa. Ketika konsumen sudah
kecewa, dijamin tidak akan datang lagi untuk membeli produk kita. Jangan
lambat merespon permintaan konsumen. Jagalah kepercayaan konsumen.
5) PERMUDAH PENJUALAN
Permudah cara pemesanan pembelian, misalnya
dengan telpon, SMS, BBM, dll. Berikan layanan antar barang.
6) BERIKAN LEBIH
Konsumen tentu akan merasa senang jika diberi
lebih. Misalnya, jika konsumen membeli dalam jumlah tertentu, berikan bonus.
100 pembeli pertama diberi bonus.
7) JUAL KE ORANG YANG TEPAT
Kita menjual produk ke orang yang tepat.
Maksudnya, produk untuk segmen pasar menengah atas atau menengah bawah.
8) PROMOSIKAN
Hal yang satu ini jangan dilupakan! Lakukan
promosi secara konsisten di berbagai media online/offline, agar konsumen tahu
produk kita.
9) BERIKAN DISKON
9) BERIKAN DISKON
Program diskon biasanya cukup ampuh untuk meningkatkan
penjualan, namun harus dengan strategi yang tepat agar tidak merusak citra
produk kita.
10) BANGUN MEREK
Merek adalah senjata ampuh untuk mendongkrak
penjualan dalam jangka panjang. Makin banyak orang tahu dan makin terkenal
mereknya, tentu akan membantu penjualan kita
11) BANGUN TIM
Sukses tidak dapat diraih sendirian, jika ingin
sukses dalam bisnis, bangunlah tim yang memang fokus untuk memonitor kinerja
penjualan.
12) EVALUASI
Lakukanlah evaluasi secara periodik. Ukurlah
hasil dari perencanaan dan strategi penjualan yang sudah kita lakukan, sehingga
kita bisa tahu mana yang efektif mana yang tidak berjalan sesuai rencana.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan