Kamis, 24 Oktober 2013

STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN




Terkadang beberapa orang yang sudah merasa berhasil menjalankan bisnis di internet merasa cukup nyaman dan biasanya terlena akan keadaannya yang nyaman tersebut. Penjualan yang terus terjadi dan omzet terus meningkat, belum tentu selamanya akan stabil jika tidak melakukan sebuah perubahan atau strategi pemasaran yang baru.
Nah, lalu apa yang harus dilakukan agar bisnis Anda yang dikelola di internet bisa tetap terus banyak peminatnya dan omzet bisa meningkat? Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan, berikut ini:

1. Update produk terbaru

Selalu lakukan update produk, jika Anda saat ini menjual barang yang bersumber dari pemasok. Maka Anda harus segera mencari pemasok lain yang menjual barang yang berbeda. Atau bisa juga tetap menjual dengan jenis barang yang sama namun dengan model yang berbeda.

2. Melakukan promosi

Promosi adalah salah satu inovasi yang sering dilakukan oleh beberapa Seller untuk meningkatkan penjualan mereka. Anda bisa mengagendakan kapan Anda harus melakukan promosi yang bisa berupa penawaran diskon atau great sale. Jika Anda rutin melakukan penawaran-penawaran yang sekiranya menarik perhatian dan menguntungkan konsumen maka bukan suatu hal yang tidak mungkin jika konsumen-konsumen Anda akan terus menunggu penawaran yang akan Anda berikan.

3. Perbanyak jumlah produk Anda

Semakin beragam dan semakin banyak jenis produk yang Anda jual tentunya akan menarik banyak Buyer untuk datang ke toko online atau lapak Anda.

4. Perluas pemasaran Anda

Jika saat ini Anda hanya menjual produk di toko online Anda sendiri. Mungkin bisa memperluas pemasaran produk Anda ke beberapa situs jual beli, ataupun posting di beberapa forum yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Bisa juga memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan juga Twitter.

Berikut ini detail strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan:

1. Gunakan Voucher
Berikan brosur yang di dalamnya ada voucher potongan harga, sehingga mendorong pembelian.

2. Reseller
Ajaklah orang lain untuk menjualkan produk kita.

3. Blog/Website
Kita bisa menggunakan blog atau website untuk mempromosikan produk kita.

4. Happy Hour
Berikan harga khusus saat penjualan sepi, misalnya harga khusus untuk makanan saat jam 14.00–16.00.

5. Buka Stan Pameran
Kita bisa jualan langsung dengan membuka stan pameran, tipsnya buatlah stan yang menarik.

6. Berikan Garansi
Garansi memberikan jaminan dan kepastian kualitas untuk calon pembeli.

7. Gunakan Twitter
Gunakan jejaring social Twitter untuk memperbesar calon pembeli dan menghasilkan penjualan.

8. Beli 2 dapat 3
Ini konsep simpel yang membuat orang ingin membeli lebih banyak.

9. Email Marketing
Gunakan email untuk menginfokan produk kita, di dalam email tersebut infomasikan voucher khusus.

10. Gunakan SMS
Gunakan SMS untuk menginformasikan produk kita ke semua contact yang kita punya.

11. Database
Usahakan agar kita punya database pembeli, sehingga sewaktu-waktu bisa kita promosikan kembali produk kita.

12. Berikan Diskon
Berikan harga diskon khusus untuk momen tertentu atau pembelian sejumlah tertentu.

13. Brosur
Gunakan untuk menginformasikan produk kita, pastikan gambar produk jelas dan informasi kontak pembelian juga harus jelas.

14. BBM
BBM bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan karena bisa sebagai channel penjualan, tipsnya gunakan proporsi broadcast, jangan kebanyakan jualan.

15. Gunakan Facebook
Gunakan Facebook fanspage untuk memperbesar channel penjualan, fokus perbesar fans dengan konten yang bermanfaat.

16. Gunakan Tester/Demo
Bertujuan agar konsumen bisa merasakan produk kita.

17. Buka Toko di E-Commerce
Misalnya TokoBagus, YukBisnis, Berniaga atau FJB Kaskus.

18. Sponsor Seminar
Menjadi sponsor seminar (misal, beri produk sebagai hadiah) sambil minta spot free promosi. Jadi kita bisa promosi di seminar tsb.

19. Miliki Website Online Sendiri
Buat website sendiri untuk channel penjualan online (online shop). Usahakan gunakan domain berbayar.

20. Berikan Bonus Produk
Misalnya, jika dia membeli dalam jumlah besar, bisa kita berikan produk lebih.

21. Beri Hadiah
Kita beri iming-iming hadiah jika membeli dalam jumlah tertentu, tujuannya agar konsumen membeli lebih.

22. Paket Produk
Misal paket makanan, paket fashion, paket jasa tertentu dengan 1 harga, sehingga konsumen membeli lebih.

23. Membercard
Kartu anggota menjaga konsumen tetap membeli produk kita.

24. Konsinyasi
Menitipkan produk yang kita jual ke toko orang lain dengan sistem profit sharing.

25. Permudah Pemesanan
Ini untuk memudahkan pembelian, misal bisa beli via SMS, Whatsapp, BBM dll.

26. Endorsement
Minta orang terkenal mempromosikan produk kita. Tips: kirimkan produk ke orang berfollower besar secara FREE, minta mereka promosikan.

27. Infokan Kelebihan
Informasikan kelebihan produk kita dibanding pesaing, informasikan di media-media promo kita.

28. Harga Psikologis
Membuat seakan-akan jadi lebih murah. Misal harga Rp 49,800 lebih bagus dari Rp 50,000.

29. Reward Point
Beri poin dari setiap pembelian, nanti poin tersebut bisa dtukar dengan hadiah. Tujuannya agar konsumen membeli lagi.

30. Creative Sales
Strategi penjualan secara unik, misal: yang hamil gratis, yang ultah gratis, yang berkacamata gratis, dll.

Baca: CARA MEMULAI BISNIS TANPA MODAL?





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan