Sabtu, 08 April 2017

MANFAAT TRAINING MOTIVASI KARYAWAN




Apakah training motivasi untuk karyawan akan memberikan banyak manfaat bagi organisasi atau perusahaan?

Pertanyaan seperti itu masih sering terdengar dari perusahaan-perusahaan yang belum memahami bagaimana pentingnya karyawan sebagai asset atau sumber daya yang tak ternilai dari sebuah perusahaan.
Tidak akan pernah terbentuk sebuah perusahaan tanpa adanya karyawan. Tidak akan meningkat pendapatan perusahaan jika tidak ada kerja keras dari karyawan. Maka dari itu, sangatlah penting sebuah perusahaan melakukan training motivasi untuk karyawan.
Bekerja di suatu perusahaan memang membanggakan dan menyenangkan apalagi dengan gaji yang fantastis. Namun tetap saja, yang namanya pekerjaan yang terus dilakukan secara rutin dalam waktu yang lama akan menimbulkan kejenuhan tersendiri.
Jika tidak mendapatkan suntikan motivasi, kejenuhan ini akan membuat kinerja karyawan menurun karena kemauan karyawan untuk berkembang sangat rendah. Motivasi adalah suatu hal yang diberikan pada seseorang agar lebih bersemangat dan fokus pada tujuan awal.
Begitu juga dengan motivasi pekerjaan, kembali merefresh ingatan karyawan mengenai komitmen karyawan untuk bersama-sama mencapai tujuan perusahaan dengan memberikan motivasi pada karyawan perusahaan.


JENIS-JENIS MOTIVASI
Dari penjelasan di atas sekiranya kita mulai mengerti mengapa penting sekali melakukan training motivasi untuk karyawan. Karena bagaimanapun juga perusahaan perlu karyawan yang semangat dan mau bekerja keras untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita perusahaan melalui kinerjanya.
Banyak penelitian memberikan kesimpulan bahwa kinerja karyawan sangat dipengaruhi oleh training motivasi untuk karyawan, karena karyawan akan merasa diperhatikan dan tidak disia-siakan setelah dilakukan training motivasi untuk karyawan.

• Motivasi intrinsik
Motivasi intrinsik adalah motivasi yang menggali kembali semangat dan motivasi dari dalam diri individu tersebut. Setiap individu pasti memiliki semangat kerja sendiri untuk mencapai tujuan sesuai dengan harapannya dan apa yang ia yakini. Nah, semangat itulah yang sebenarnya menjadi motivasi paling penting untuk setiap individu.

• Motivasi ekstrinsik
Motivasi ini berkaitan dengan semangat kerja atau motivasi individu yang dipengaruhi oleh sesuatu dari luar dirinya. Meskipun rangsangan motivasi ini dipengaruhi oleh hal-hal dari luar diri individu, kebanyakan jenis motivasi yang satu ini memiliki pengaruh besar dalam mengembalikan semangat individu untuk melakukan pekerjaan.


Langkah Melakukan Training Motivasi Untuk Karyawan
Tujuan utama dari training motivasi untuk karyawan adalah membakar kembali semangat karyawan dalam bekerja dan menyelesaikan masalah perusahaan serta meningkatkan kepercayaan diri masing-masing karyawan.
Untuk membakar semangat dan menyuntikan kepercayaan diri ini perlu dilakukan serangkaian kegiatan yang tak hanya main-main tetapi dikemas dalam suatu training khusus yaitu training motivasi untuk karyawan.

Berikut beberapa cara mudah melatih motivasi karyawan yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja tak perlu orang-orang yang memerlukan keahlian khusus.

• Tingkatkan keberanian
Training motivasi untuk karyawan yang bisa dilakukan oleh siapa saja adalah dengan cara mendorong karyawan untuk meningkatkan keberanian akan ketakutanya. Biasanya seorang karyawan menjadi sedikit melempem dalam bekerja karena ketakutanya terhadap sesuatu hal, baik dari dalam atau dari luar dirinya sendiri. Misalnya takut melakukan kesalahan dalam bekerja karena takut dipecat dan kalah bersaing dengan karyawan lainya.
Ketakutan inilah yang secara tidak sadar akan membatasi pergerakan karyawan. Sehingga perlu dilakukan motivasi agar mau memecahkan ketakutan tersebut, mengubahnya menjadi motivasi untuk maju dan menjadi lebih baik.

• Pemberian reward
Memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi yang sudah berjasa terhadap peningkatan nilai bisnis perusahaan juga dapat menjadi motivasi tersendiri bagi karyawan. Karena dengan begitu karyawan akan merasa kerja kerasnya dalam memajukan perusahaan turut dihargai meskipun karyawan tersebut berasal dari divisi yang tidak bersentuhan secara langsung dengan siklus kerja perusahaan. Tetapi, semangat karyawan dalam memberikan yang terbaik untuk perusahaanlah yang patut untuk dihargai.

• Menciptakan sesuatu yang baru
Sebagai seorang kepala bagian atau manajer perlu sekali dalam beberapa waktu merubah suasan kerja karyawan menjadi lebih menyenangkan. Menciptakan hal-hal baru yang dapat meningkatkan semangat karyawan untuk bekerja. Misalnya memberikan seragam baru kepada karyawan secara cuma-cuma, mendekorasi tempat kerja agar menjadi lebih nyaman dan yang lainnya.


TRAINING MOTIVASI SECARA NYATA
Jika semua cara training sederhana di atas sudah dilaksanakan, sepertinya perusahaan memang perlu melakukan training motivasi untuk karyawan secara nyata dengan cara mengadakan training. Training ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Bisa dengan konsep ceramah yang memotivasi sekali atau melakukan serangkaian kegiatan bersama di alam dan di sela-sela kegiatan tersebut disisipi dengan kata-kata atau kalimat-kalimat yang mampu membakar motivasi.

Sedangkan untuk pilihan materi yang diberikan selama training motivasi untuk karyawan juga sangat beragam yang bisa disesuaikan dengan maksud dan tujuan kita dalam melakukan training motivasi untuk karyawan.

Misalnya corporate culture, suatu materi training motivasi yang isinya materi untuk merefreshkan kembali kecintaan karyawan terhadap perusahaan. Dengan begitu karyawan akan mampu menyadari betapa cintanya terhadap perusahaan yang menjadi tempatnya bekerja dan karyawan akan termotivasi untuk bekerja lebih keras lagi untuk memberikan yang terbaik pada perusahaan.


Materi yang bisa dimasukan dalam training motivasi untuk karyawan selanjutnya adalah memperdalam kembali keterampilan karyawan. Banyak perusahaan yang berasumsi bahwa karyawannya sudah sangat memahami apa yang selama ini dikerjakan. Namun tidak ada salahnya jika perusahaan memberikan materi-materi yang ringan mengenai keterampilan di dalam bekerja, mengingatkan kembali hal-hal kecil yang mungkin sudah dilupakan oleh banyak karyawan. Dengan begitu pengetahuan karyawan dapat fresh kembali dan lebih semangat untuk bekerja.

Baca: PROGRAM PELATIHAN & PENGEMBANGAN SDM





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan