Sabtu, 08 April 2017

KENAPA KARIR SAYA MENTOK?




Dalam sebuah acara 'Training/Seminar Motivasi' seorang peserta bertanya demikian:
"Pak Johanes, saya telah bekerja bertahun-tahun di sebuah perusahaan, namun kenapa karir saya mentok?"



Langsung saya jawab, ada dua kemungkinan yang menyebabkan hal itu terjadi:
1)  Perusahaan tempat Anda bekerja boleh jadi kurang bonafide, sehingga perusahaannya tidak tumbuh dan berkembang, sehingga memungkinkan Anda tidak ada kesempatan untuk promosi ke jenjang yang lebih tinggi.
2)  Anda bekerjanya tidak maksimal, tidak berprestasi, sehingga manajemen perusahaan tidak memberi kesempatan kepada Anda untuk promosi.


Keberhasilan karir seseorang sangat dipengaruhi oleh dua hal, yaitu keterampilan secara teknis (HARD SKILLS) sebesar 20%, dan keterampilan dalam hal non teknis (SOFT SKILLS) sebesar 80%.

Banyak kita lihat kenyataan bahwa seorang yang pintar saat sekolah/kuliah, bahkan menjadi lulusan terbaik, namun kenapa mereka tidak berhasil dalam bekerja atau berbisnis??? Adalah karena keterampilan SOFT SKILLS-nya lemah!


HARD SKILLS adalah keterampilan seseorang dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan jabatannya: fungsi, tugas, tanggung jawab, dan kewajiban kerjanya.

SOFT SKILLS jauh lebih luas lagi, yaitu keterampilan seseorang yang berhubungan dengan pribadinya dan orang lain serta lingkungannya.
SOFT SKILLS meliputi: sikap mental positif, cara berkomunikasi efektif, mampu memotivasi diri
dan orang lain, memecahkan masalah dan mengambil keputusan, melatih dan membina bawahan, bisa bekerja di bawah tekanan, menjadi pemain tim yang baik, berorientasi pada tujuan, memiliki empati, dsb.


Keterampilan SOFT SKILLS ini biasanya memang tidak ada mata pelajaran/kuliahnya, sehingga tidak dilatih pada sekolah atau kampus umum, melainkan dilakukan oleh tempat-tempat kursus atau dalam seminar dan workshop. Atau dalam perusahaan yang memiliki departemen HRD-nya.

Baca: SOFT SKILL vs HARD SKILL






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:



Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 08112332777
WA: 081809271777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w