Jumat, 21 April 2017

PEMILIHAN KETUA RT




Dalam pemilihan ketua RT di satu wilayah, tersisa dua kandidat, sebutlah Agus dan Budi.

Agus adalh ketua lama yang mencalonkan diri lagi, selama ini telah membuktikan hasil kerjanya yang baik. Dia seorang yang jujur, pintar, tegas, berani, bicaranya ceplas ceplos bahkan cenderung emosional.

Budi adalah calon ketua baru, dan belum berpengalaman. Orangnya santun dan bicaranya teratur, tampak jujur, pintar dan sabar.

Sebulan sebelum pemilihan dilaksanakan, mereka berdua diberi kesempatan berkampanye, untuk menyampaikan visi dan misinya masing-masing jika terpilih sebagai ketua RT. Keduanya memiliki program kerja yang baik, menjanjikan perbaikan untuk kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh warga.

Pada hari H, hasilnya Budi yang dipilih oleh mayoritas warga menjadi ketua RT yang baru.

Setelah ditelusuri, walaupun Agus selama ini sudah membuktikan hasil kerjanya yang baik, namun karena gaya kepemimpinan dan bicaranya yang ceplas ceplos dan cenderung emosional, ternyata telah menyinggung beberapa orang warganya, dan membuat mereka sakit hati. Barisan sakit hati inilah yang bicara kepada warga lainnya agar tidak memilih Agus. Karena jika Agus terpilih lagi, boleh jadi warga lain tersebut akan mengalami sakit hati seperti yang telah mereka alami.


Kisah di atas membuktikan bahwa IQ (hard skills) saja belum cukup membawa orang meraih kesuksesan. Untuk berhasil dalam kehidupan dan karir maupun bisnis, dibutuhkan juga EQ atau kecerdasan emosional (soft skills). Keterampilan-keterampilan nonteknis sehingga seseorang bisa berkomunikasi dengan efektif, mampu memotivasi diri dan orang lain, membangun tim yang solid, memiliki empati...

Baca: SOFT SKILL vs HARD SKILL






Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan