Pebisnis pemula biasanya menemui beberapa
kendala dalam mengembangkan bisnisnya. Beberapa kendala itu mulai dari urusan
modal, sumber daya manusia, strategi pemasaran, dan sebagainya...
Dengan mengetahui kendalanya sejak awal, diharapkan pebisnis
pemula dapat mengatasi berbagai kendala itu. Beberapa hal berikut ini yang
umumnya dihadapi oleh para pebisnis pemula:
1.
Modal
Seorang
yang berjiwa enterpreneur selalu membuat perencanaan modal
yang baik dan mempunyai target yang jelas. Dengan perencanaan modal yang kuat,
para pebisnis bisa terus memutarkan modal untuk mengembangkan bisnisnya.
2.
Sumber Daya Manusia
Seorang enterpreneur membutuhkan
tim kerja dan spesialisasi untuk mengembangkan perusahaannya. Untuk itu,
seorang enterpreneur harus
terus berinvestasi pada manusia untuk membesarkan perusahaannya.
3.
Sistem Manajemen
Banyak pebisnis pemula yang menjalankan bisnisnya tanpa sistem
manajemen yang baik. Kebanyakan kegagalan pebisnis adalah karena bisnisnya
dijalankan dengan cara yang tidak sitematis, asal-asalan.
4.
Analisa SWOT
Setiap pebisnis atau calon pebisnis harus melakukan analisa
SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dan terus
mengawasi para pesaingnya. Penyusunan rencana dalam pengembangan bisnis sangat
penting bila kompetisi terus terjadi.
5.
Segmentasi Pasar
Pelanggan adalah raja. Untuk itu, seorang enterpreneur harus
menentukan siapa yang menjadi prioritas atas produk yang dijual. Penentuan
segmentasi ini untuk mengetahui karakteristik pelanggan.
6.
Pengembangan Produk
Banyak pebisnis pemula salah dalam menentukan bisnis yang akan
diterjuni. Kegagalan mereka adalah membuat produk yang tidak dibutuhkan oleh
masyarakat. Seharusnya membuat produk "demand driven",
yaitu produk-produk yang dibutuhkan masyarakat.
7.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dilakukan
oleh seorang pebisnis. Model pemasaran yang akan dilakukan akan sangat
berpengaruh terhadap perkembangan bisnisnya.
8.
Penentuan Harga
Penentuan harga merupakan hal yang paling sulit ditentukan oleh
seorang yang baru terjun ke dalam dunia bisnis. Harga yang telah ditentukan
harus dapat berubah menyesuaikan situasi dan kondisi perekonomian, atau
berinovasi dengan menciptakan produk baru yang terjangkau.
9.
Tahapan Penjualan
Seorang pebisnis pemula harus memperhatikan tahapan penjualan
produknya, apakah tahan lama atau tidak. Seorang Enterpreneur juga
harus memperhatikan lamanya suatu produk di pasaran dengan terus berinovasi dan
berimprovisasi untuk mengeluarkan produk-produk baru.
10.
Eksekusi
Eksekusi suatu produk merupakan hal yang sulit. Seorang pebisnis
harus taat pada jadwal yang telah ditentukan. Selain itu, produk yang akan
dieksekusi memang sudah terbukti dibutuhkan dan orang yang menjadi sasaran
produknya dapat menggunakannya dengan baik.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan