Sebelum kita memulai sebuah bisnis, ada satu
tahap yang disebut dengan perencanaan bisnis, dan ini sangat luas dan bervariasi,
tergantung dari skala ataupun jenis bisnis yang akan kita jalankan.
Di bawah ini saya
uraikan secara singkat mengenai perencanaan bisnis (business plan) tersebut:
1. Visi & Misi Perusahaan
Langkah mendasar yang harus dilakukan dalam merencakan
sebuah bisnis adalah menentukan visi & misi perusahaan. Visi dapat
diartikan sebagai suatu pandangan
atau wawasan ke depan. Misi adalah tugas yang harus dijalankan. Berdasarkan
visi & misi yang telah ditentukan itulah model perusahaan akan dijalankan.
2. Analisa SWOT
Langkah berikutnya yang perlu dilakukan dalam perencanaan
bisnis, adalah melakukan analisa SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman), sehingga pada saat menjalankan bisnis kita tahu apa
yang menjadi kebutuhan konsumen, persaingan pasar, pesaing dan ancaman dari
bisnis kita.
3. Cari dan Tentukan Ide Bisnis
Cari ide bisnis dari berbagai sumber (buku,
koran, majalah, internet, seminar, dll.),
buatkan daftarnya dan kemudian pilih salah satu ide bisnis yang paling prospek
yang akan dijalankan.
Setelah menemukan ide, selanjutnya buat perencanaan yang
matang dan tentukan strategi bisnis yang akan kita jalankan. Ini penting, kita
tidak menjalankan bisnis hanya asal action saja.
5. Target Pasar
Tentukan target pasarnya, calon konsumen yang nantinya
akan kita raih. Target market kita buat berdasarkan kelas ekonomi, status
sosial, gender, dll. Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap
penjualan.
Tentukan barang/jasa yang akan kita jual: bentuk kemasan,
model layanannya, dll. Fokuslah pada kualitas dan buatlah produk yang memiliki
kelebihan dibanding produk yang ada dipasaran serta produk yang dibutuhkan oleh
masyarakat luas.
Tentukan model marketing dan cara promosi untuk produk
kita. Misalnya via brosur, koran, majalah, radio, social media, website, media
online, pameran, bazaar, dll. Lakukan aktifitas promosi ini secara
konsisten.
8. Analisa Kompetitor
Cari tahu siapa kompetitor yang ada dipasaran, pelajari
dengan seksama apa yang dilakukan oleh mereka, lalu buatlah strategi untuk
produk kita.
9. Penentuan Harga
Tentukan harga dengan baik. Cek dengan target market yang
akan kita raih, cek dengan kompetitor dan cek dengan target keuntungan yang mau
kita peroleh.
Tentukan saluran/model distribusi untuk barang/jasa yang
akan kita jual. Apakah akan dijual di toko sendiri, oleh orang lain, melalui
online shop dan reseller, dll.
11. Perencanaan Keuangan
Buatlah perencanaan keuangan yang baik dan benar, sehingga
tidak menghambat terhadap pengembangan bisnis yang akan kita lakukan.
12. Timeline
Tentukan kapan bisnis itu akan dimulai. Buatlah action
plannya dan lakukan monitoring persiapannya, agar bisnis bisa berjalan sesuai
dengan rencana.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan