Minggu, 14 September 2014

MAU SUKSES, HARUS INGAT TARGET!




Tanpa target, keberhasilan tidak akan pernah dicapai, karena kita bisa dikatakan berhasil justru kalau kita bisa mencapai target-target yang telah ditentukan sendiri. Kenyataannya, target ini malah lebih menentukan dibanding hasil akhir yang diinginkan karena sangat membantu dalam perjalanan kita menuju pintu sukses. Karena itu target bisa diibaratkan sebagai tonggak-tonggak petunjuk jalan menuju sukses. Peranannya sangat penting!

Ketika Anda sudah menentukan target-target Anda, maka target-target itu akan berjalan dengan dua arah: Anda bekerja untuknya dan sebaliknya target-target itu bekerja untuk Anda. Target itu akan memberikan sasaran yang jelas untuk Anda capai. Jika Anda menjalankan dan menyelesaikannya, maka Anda akan mendapatkan perasaan puas dan lega. Bagi sebagian orang, merancang target dan berusaha mencapainya bisa merupakan tantangan yang mengasikkan. Lama-kelamaan, ketika Anda harus bersemangat untuk mencapai target-target tersebut, cara Anda bekerja maupun berpikir akan berubah.

Dalam menentukan target, kita harus lebih spesifik dan piliihlah yang kira-kira bisa diraih. Karena kalau target yang kita pilih itu tidak spesifik serta tidak masuk akal, justru bisa mengurangi motivasi Anda. Mengapa demikian? Karena usaha untuk mencapai target itulah yang memacu Anda. Jika Anda tidak bisa mengukur kemampuan dalam menentukan target, bisa-bisa malahan Anda menjadi putus ada, lalu menyerah.

TARGET MEMACU KEINGINAN
Sering kita bertemu dengan orang yang tidak bahagia dengan kehidupannya dam keadaan di sekelilingnya. Tahukah Anda bahwa 98 dari 100 orang yang tidak puas dengan kehidupannya ternyata karena mereka tidak mempunyai gambaran yang jelas tentang kehidupan yang merekan inginkan! Mereka tidak punya target untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka, juga tidak punya arah yang akan dituju. Akibatnya, mereka terus saja hidup dalam keadaan yang sama tanpa ada usaha untuk mengubahnya.

TARGET MEMACU CARA KERJA
Cara orang mengatasi masalah sangat bergantung pada cara mereka memandang target mereka. Kalau mereka mempunyai target yang mereka anggap tidak penting, maka pekerjaan yang mereka lakukan untuk menyelesaikannya pasti asal saja. Sebaliknya, jika target-targetnya dianggap sangat penting, maka penyelesaiannya pasti dilakukan dengan serius.

TARGET MEMBUAT PRIORITAS KITA TERPELIHARA
Salah satu pentingnya menyususn target adalah karena hal itu membantu kita menentukan prioritas kita sehari-hari. Tanpa target, kita cenderung untuk mengerjakan hal-hal yang tidak akan menghasilkan apa-apa bagi tujuan kita.

TARGET DAPAT MEMAKSIMALKAN POTENSI KITA
Untuk mencapai potensi Anda, Anda harus tetap memusatkan diri pada bidang yang sesuai dengan kemampuan Anda dan hasil yang besar. Target membantu Anda untuk memusatkan diri. Selain itu, jika And aterus bekerja sesuai dengan bidang kemampuan Anda, hal ini akan membantu Anda untuk mengembangkan kemampuan Anda yang lebih jauh. Pada akhirnya, hasil yang Anda dapat dengan mencapai target Anda sebenarnya menjadi kurang berarti jika dibandingkan prestasi Anda sewaktu mencapainya.

TARGET MEMBERI KITA KEKUATAN UNTUK HIDUP DI MASA KINI
Orang-orang yang sukses adlaah mereka yang hidup dan bekerja di masa sekarang. Karena memang dalam masa sekaranglah mereka paling mempunyai kekuatan untuk memenuhi target mereka. Walaupun benar bahwa target adalah sesuatu yang akan dipenuhi di masa yang akan datang, tetapi hal ini membuat kita bersemangat di masa kini. Bagaimana mungkin? Tentu saja mungkin, karena dengan target, tugas-tugas yang sebenarnya lebih besar terlihat sebagai rangkaian dari tugas-tugas yang lebih kecil. Untuk memenuhi setiap visi, diperlukan penyusunan dan sekaligus pencapaian serangkaian target-target. Pencapaian setiaap target adalah hasil pemenuhan atas target yang lebih kecil. Jadi, jika Anda dapat berkonsentrasi pada apa yang harus Anda lakukan pada saat sekarang dengan penuh kesadaran, bahwa usaha itu Anda lakukan untuk mencapai target Anda dalam rangka memenuhi visi Anda, niscaya Anda akan sukses.

TARGET MEMACU SEMANGAT
Bekerja tanpa semangat jelas tidak akan berprestasi. Dengat adanya target, maka semangat dan kemauan bekerja akan sangat tinggi. Dengan target, di hadapan kita ada sesuatu yang harus dicapai.

TARGET MEMBANTU KITA MENGEVALUASI KEMAJUAN
Masalah yang banyak dialami oleh orang-orang yang gagal adalah karena mereka jarang mengevaluasi kemajuan. Kebanyakan dari mereka tidak sadar bahwa evaluasi diri sendiri adalah penting, selain itu ada juga yang tidak tahu cara mengukur kemajuan itu. Target sangat penting untuk di evaluasi. jika target Anda sudah spesifik dan wajar, maka Anda dapat mengukur seberapa jauh kemajuan yang Anda buat saat ini dengan target Anda.

TARGET MEMACU KITA UNTUK MEMBUAT PERENCANAAN
Orang-orang yang sukses selalu lebih menjaga kemungkinan (proaktif) daripada bereaksi (reaktif). Mereka selalu membuat perencanaan dan tidak menunggu sampai orang lain menyuruh apa yang akan mereka kerjakan. Mereka tidak membiarkan orang lain mendikte mereka. Seseorang yang tidak membuat perencanaan, tidak akan pernah maju.

TARGET MENGUBAH SASARAN KITA DARI KEGIATAN KE HASIL KERJA
Orang-orang yang gagal biasanya biasanya adalah mereka yang tidak bisa membedakan antara kegiatan dengan hasil yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut. Mereka berkeyakinan bahwa dengan banyaknya kegiatan, khususnya kegiatan yang sulit, mereka pasti berhasil. Yang benar adalah kegiatan itu sendiri sesungguhnya tidak menjamin keberhasilan, juga tidak selalu menguntungkan. Agar berguna, kegiatan tersebut harus diarahkan kesuatu hasil akhir yang positif. Dengan kata lain, kita harus sadar bahwa sukses tidaknya seseorang bukan dilihat dari kegiatannya, melainkan dari hasil yang diperolehnya.


BAGAIMANA LANGKAH UNTUK MENYUSUN TARGET?

Ingatlah bahwa target itu harus ditentukan, direncanakan, dilaksanakan, dan kemudian dievaluasi terus menerus. Berikut ini adalah pedoman yang dapat dipakai dalam menyusun target:

LANGKAH #1: Tentukan Visi Anda dan Tempat Untuk Memulai
Tanpa visi, Anda tidak akan tahu kemana Anda akan melangkah. Dan tanpa mengetahui tempat Andan memulai, Anda tidak akan dapat mengatur arah.

LANGKAH #2: Menentukan Secara Jelas Pernyataan Tentang Tujuan yang Akan Dicapai
Cara terbaik untuk membantu Anda agar pikiran Anda tetap terarah pada tujuan Anda adalah dengan cara menuliskan pernyataan secara jelas apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Lagipula, semua orang tentunya ingin punya tujuan sebagai cara untuk menyatakan keberadaan dirinya. jika Anda melakukan hal ini, Anda akan tetap terfokus dan sekaligus akan dapat bekerja secara lebih baik. Pernyataan tujuan Anda harus dibuat bersadarkan visi dan keyakinan Anda sendiri. Dengan cara ini, target Anda akan lebih jelas dan mantap.

LANGKAH #3: Anggaplah Tujuan Anda Sebagai Target-target yang Mudah Diingat
Dengan berbekal visi untuk masa depan dan pernyataan tujuan yang akan mengarahkan Anda, maka kini Anda sudah siap untuk memulai menyusun target jangka panjang maupun jangka pendek. Target-target Anda ini bisa mencakup berbagai aspek kehidupan, tergantung dari apa yang ingin Anda capai.

LANGKAH #4: Melakukan Tindakan
Walaupun Anda sudah dapat menyebutkan tujuan Anda bahkan secara jelas menyusun target-target Anda, kalau Anda tidak melakukan tindakan, Anda tidak akan mendapat apa-apa.

LANGKAH #5: Buatlah Evaluasi Rencana Anda Secara Berkala
Yang juga tidak kalah pentingnya dengan membuat tindakan adalah melakukan evaluasi secara periodik terhadap kemajuan-kemajuan Anda. Hal ini penting, karena bisa saja terjadi bahwa kadang-kadang Anda merasa bahwa target jangka pendek yang telah Anda susun itu ternyata tak kunjung mendekat ke target jangka panjang Anda. Selain itu, bisa saja terjadi bahwa target-target yang Anda buat ternyata kurang realistis. Kemungkinan lainnya adlaah bahwa salah satu target jangka panjang Anfa ternyata kurang menunjang visi maupun tujuan hidup Anda. Dlaam keadaan yang manapun Anda tetap harus bisa membuat penyesuaian.

LANGKAH #6: Rayakanlah Hari Keberhasilan
Dan yang terkahir, yang mungkin bagi Anda tidak terlalu penting adalah merayakan keberhasilan.

Kesempatan tidak pernah datang pada orang-orang yang menunggu, karena kesempatan itu hanya akan datang pada mereka yang berani mencoba meraihnya. Kemampuan Anda untuk meraih kesempatan yang membawa sukses banyak tergantung pada kemampuan Anda untuk merencanakan, menyusun, dan mencapai target.

Baca: Tentukan Goal yang Besar





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan