Minggu, 07 September 2014

SEGALA HAL AKAN BERLALU...




Ada seorang pangeran muda yang belum punya banyak pengalaman dalam hidup, yang ditempatkan di tampuk kekuasaan besar untuk menjalankan sebuah kerajaan. Tentu saja, pangeran muda ini belum memiliki ketrampilan, kebijaksanaan, pengalaman untuk melakukan tugasnya dengan layak. Kapan pun hal-hal berjalan mulus di kerajaannya, ia akan menyelenggarakan pesta dan perayaan, lalu ketika terjadi hal-hal yang buruk, ia akan mengurung diri di kamar dan mengeluh.

Di lain pihak, ketika hal-hal berlangsung baik, ia tidak menyempatkan waktu yang cukup untuk bekerja, merencanakan, untuk mengatur kerajaan. Ia hanya mengharapkan hal-hal baik berlangsung lebih langgeng, ia hanya berpesta. Kemudian, ketika berlangsung hal-hal buruk, ia akan murung kembali karena ia tidak piawai menanggapinya.

Memperhatikan hal seperti itu, para menteri yang bijaksana berembuk untuk mengajari kebijaksanaan kepada raja, akhirnya memberikan sebuah cincin yang bertuliskan: “INI PUN AKAN BERLALU”, dan berpesan kepada raja agar selalu mengenakan cincin tersebut. Cara ini berhasil baik sekali, sebab setiap kali raja melihat tulisan di cincinnya: INI PUN AKAN BERLALU, itu artinya bahwa ketika hal baik atau buruk terjadi di kerajaannya, akan berlalu… Itulah sifat kehidupan!

Lalu tentu saja, ketika hal-hal berlangsung mulus dalam kerajaannya, setiap orang bahagia dan sejahtera, ia tidak menyia-nyiakan waktunya dengan hanya berpesta, tetapi ingat bahwa kemakmuran pun rapuh. Lalu ia bekerja keras agar kemakmuran dan kebahagiaan itu berlangsung lebih lama. Ia menjadi raja yang sangat cakap. Hal-hal buruk akan berlalu sangat cepat dan hal-hal baik berlangsung sangat lama, hanya karena ia ingat: ini pun akan berlalu.

(Ide cerita dari buku 'Si Cacing dan Kotoran Kesangannya', Ajahn Brahm)

Baca: APA PILIHAN HIDUP ANDA?





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w