Senin, 08 September 2014

BAGAIMANA CARA MENGEMBANGKAN BISNIS?




Di bawah ini tips bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis:

1) Awali dengan mimpi
Setiap orang pasti punya mimpi atau obsesinya sendiri. Namun, tidak semua orang menindaklanjuti mimpi-mimpi tersebut dengan kualitas pribadi yang ekselen. Untuk membangun kualitas ekselen dalam berbisnis harus diawali dengan:
  • Keyakinan bahwa langkah yang diimpikan tersebut akan membawa hasil yang baik dan dengan cara yang positif.
  • Keyakinan akan hal itu akan membuat Anda nyaman melakukannya ketimbang hal yang lain.
  • Kemauan untuk memperjuangkannya bukan hanya dengan segenap pikiran, tapi juga harus dengan segenap hati.
  • Secara umum, lihatlah bagaimana standar kualitas yang ekselen itu, lalu tetapkan bahwa bisnis Anda tidak akan berhenti sebelum melampaui standar itu.

2) Bangun kepercayaan diri secara kolektif
Organisasi dan perusahaan yang mampu mencapai kualitas ekselen dalam pelayanan, perkembangan, daya tahan dan kreasinya adalah organisasi yang dihuni oleh orang-orang yang punya kepercayaan diri. Ini karena kualitas ekselen membutuhkan keyakinan yang sangat besar dalam hati setiap yang terlibat bahwa mereka mampu melakukannya. Tanggung jawab paling besar dalam menciptakan dan memelihara atmosfer kepercayaan diri ini ada pada pundak pemimpin. Para pemimpin dalam organisasi itu harus bisa menelurkan jiwa pemimpin juga. Jiwa pemimpin di sini terutama adalah mencakup tanggung jawab, rasa memiliki dan mempunyai visi serta pandangan ke depan.

3) Kualitas ekselen adalah kesempurnaan ke luar
Ada harus bisa membedakan antara kualitas ekselen dan kesempurnaan dalam artian seorang perfeksionis. Seorang perfeksionis mengusahakan hasil sempurna terutama untuk kepuasan dirinya sendiri. Namun, meski kualitas ekselen juga menginginkan kualitas sempurna tanpa cacat sebagai akhir, hal itu lebih ditujukkan untuk tujuan pelayanan pada konsumen dan orang banyak, bukan semata untuk kepuasan ke dalam seperti mencapai target perusahaan, meraih penghargaan, dsb. Contoh, jika dalam era globalisasi ini, tuntutan konsumen akan hasil instan kian lama kian menguat, bagaimana perusahaan dapat tetap menjaga kualitas sambil memenuhi tuntutan konsumen? Jika orientasi adalah pada kesempurnaan ala perfeksionis, tentu pilihan yang diambil adalah hasil bagus tapi tidak cepat. Tapi, kualitas ekselen akan membuat kita mengusahakan sebaik mungkin agar keduanya tercapai. Nyatanya, kecepatan dan ketepatan sendiri adalah bagian dari kualitas ekselen itu.

4) Milikilah kompetensi
Anda harus tetap ingat bahwa perusahaan Anda tak mungkin bisa menjadi yang terbaik dalam segala bidang. Karenanya, harus ditentukan bidang mana yang akan menjadi bidang di mana perusahaan Anda adalah yang terbaik dan mana bidang tempat perusahaan Anda menjadi nomor dua atau tiga. Di sinilah, ketika Anda harus menentukan kompetensi bisnis usaha Anda. Bidang kompetensi itulah yang akan menjadi sesuatu yang paling Anda perjuangkan. Dengan menentukan kompetensi itu juga Anda dapat lebih fokus dan melangkah tanpa terbebani tuntutan atau target.

5) Tentukan metode mana yang akan dipakai
Anda juga harus menciptakan proses untuk menghasilkan kualitas ekselen itu. Sekarang ini, ada banyak metode dan proses yang dikenal dunia bisnis seperti Six Sigma, CMM, atao ISO. Anda juga dapat menggunakan metode-metode yang merupakan hasil pemurnian berbagai metode yang dipakai perusahaan terkemuka di dunia. Jangan lupakan pula bahwa di zaman dan dunia yang semakin komplek ini, keterbukaan pada teknologi sangat berperan dalam keberhasilan dan pengembangan kualitas bisnis. Milikilah keberanian, termasuk keberanian dalam berkesperimen, tentu saja dengan pertimbangan dan antisipasi yang matang. Meminta nasihat dari konsultan juga dilakukan, namun pastikan Anda juga harus terus mengasah kepekaan.

6) Budaya kerjasama dan kerja tim
Kembangkan budaya kerja tim dalam perusahaan Anda. Meski ada satu atau dua pribadi yang memiliki kemampuan menonjol dalam perusahaan Anda, satu orang tidak akan dapat memiliki semua talenta dan kualitas yang dibutuhkan. Bagi konsumen, perusahaan yang memiliki tim yang bekerja sama dan dapat saling menopang juga mempersingkat waktu mereka yang biasanya dihabiskan untuk birokrasi rumit. Tentu ini adalah citra yang baik untuk perusahaan. Dan bagi perusahaan sendiri, hal ini akan menghindarkan adanya gap status atau ketidakseimbangan pembagian tugas. Hal ini pun juga akan menghemat banyak tenaga dan pengeluaran yang tak perlu bagi perusahaan. Tim yang dibangun dengan orientasi pada kualitas akan menjadi cara hidup para karyawan di perusahaan Anda.

7) Investasi masa depan
Kualitas ekselen yang dimiliki perusahaan Anda saat ini juga harus dapat menjadi investasi di masa depan. Nyatanya, dalam kondisi persaingan pasar yang amat ketat seperti saat ini, begitu banyak perusahaan yang mengorbankan masa depan hanya supaya mereka tampak baik di masa kini. Mungkin saat ini, masa depan masih sangat jauh. Namun, ada saatnya masa depan akan datang di hadapan Anda tanpa diduga, bahkan dengan mengguncangkan Anda. Sembari mengembangkan langkah dan metode untuk meningkatkan kualitas di bidang yang menjadi kompetensi Anda saat ini, Anda juga perlu mulai menjajaki bidang-bidang strategis mana yang kira-kira bisa menjadi investasi Anda untuk masa depan. Jagalah supaya investasi Anda di area yang dapat menjamin keberlangsungan kualitas ekselen yang dimiliki perusahaan Anda di masa depan tersebut tetap terjaga.

8) Sikap rendah hati
Kualitas ekselen juga mensyaratkan adanya sikap rendah hati, terutama saat Anda merasa bisnis Anda tengah meroket atau sedang berada di puncak kejayaan. Dengan tetap menjaga sikap rendah hati ini, keterbukaan pikiran terhadap masukan-masukan berguna akan tetap dimiliki. Jangan mengabaikan orang-orang di sekitar Anda dan jangan pernah melupakan Tuhan.

Baca: TRAINING BERDAMPAK POSITIF BAGI PERUSAHAAN





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan