Minggu, 21 Juli 2013

Apa VISI dan MISI Hidup Anda?




VISI diartikan sebagai pandangan atau wawasan ke depan (masa depan).
Seseorang atau siapa pun yang memiliki rencana hidup untuk masa depannya, ia harus memiliki visi dalam hidupnya. Visi adalah suatu gambaran masa depan yang dapat digambarkan wujudnya pada masa sekarang. Wujud tersebut berupa suatu keadaan atau kondisi yang baik, menyenangkan, memberikan berbagai keuntungan, kemudahan, dan kebahagiaan.

Pengertian MISI adalah tugas dan kewajiban yang harus dijalankan (masa kini).
Misi adalah upaya mendasar atau tugas-tugas dan tindakan-tindakan yang harus dilaksanakan agar visi yang telah dicanangkan dapat terwujud.

Dari pengertian tersebut, kita tahu visi itu berhubungan dengan masa yang akan datang, sedangkan misi menyangkut masa yang sekarang.
Dengan demikian, kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa HIDUP BUKAN UNTUK MASA LALU, MELAINKAN UNTUK MASA KINI DAN MASA YANG AKAN DATANG!

Masa lalu bukan tidak penting, namun baik atau buruknya kehidupan kita di masa lalu tidak bisa kita ubah. Jadi, jangan terlalu dipusingkan, apalagi sampai menguras tenaga dan pikiran. Adalah hal yang sia-sia!

Dalam hidup ini yang paling penting adalah apa dan bagaimana kehidupan kita saat ini dan selanjutnya? Di sinilah kita harus sungguh-sungguh melakukan tugas dan kewajiban hidup kita dengan baik, dan merencanakan kehidupan kita yang akan datang dengan benar. 

Agar hidup yang kita jalani sekarang dan kehidupan selanjutnya yang akan kita jalani, baik atau lebih baik dari yang sebelumya (masa lalu).
Untuk itu kita WAJIB mempunyai visi dan misi hidup yang jelas.
Visi dan misi hidup inilah yang akan menuntun, sebagai kompas dalam hidup kita menuju ke arah yang baik dan benar...

Bagaimana Caranya Anda Memiliki VISI?
Bayangkanlah harapan, impian atau keinginan seperti apa dan bagaimana 
kehidupan ingin Anda jalani 5, 10, atau 15 tahun ke depan?
Misalnya: ANDA INGIN MENJADI ORANG YANG SUKSES!
Atau, ANDA INGIN MENJADI PEBISNIS YANG SUKSES!
Inilah visi hidup Anda. Cita-cita yang ingin Anda raih.

Bagaimana Caranya Anda Mempunyai MISI?
Setelah memiliki visi yang jelas selanjutnya harus memiliki misi. Apabila visi menjelaskan tujuan akhir, apa yang harus dikerjakan akan tertuang dalam misi.
Buatkan rencana dan rincian tentang tugas dan kewajiban apa saja yang harus Anda lakukan dengan konsisten, dan tanggung jawab apa saja yang harus Anda penuhi secara periodik agar Anda BISA MERAIH KESUKSESAN ITU!
Beberapa contohnya: Setiap bulan Anda akan membaca 2 buah buku, 1 buku tentang motivasi dan buku 1 lagi tentang komunikasi. Dalam 1 tahun Anda minimal akan mengikuti 1 kali training bisnis. Anda harus menjalin semakin banyak relasi. Anda harus melakukan pekerjaan dengan sikap profesional. 
Itulah misi-misi hidup Anda. Tugas dan kewajiban yang harus Anda lakukan dengan penuh tanggung jawab.

Nah..., makin jelas bahwa kita hidup untuk hari ini dan selanjutnya, kita tidak dapat merubah apa pun yang sudah terjadi di masa lalu! Semua dan segalanya, yang baik mau pun yang buruk hanyalah kenangan...
Masa lalu yang positif atau yang baik dapat kita simpan dan untuk dibagikan kepada orang lain (bukan untuk menyombongkan diri), sedangkan kekurangan atau kesalahan atau hal yang buruk di masa lalu bisa kita lupakan dan jadikan pembelajaran (jangan sampai terlarut dan menjadi rendah diri).

Yang lalu biarlah berlalu, kita tidak bisa merubah apa pun!
Yang dapat kita lakukan adalah membuat rencana yang baik untuk masa yang akan datang dan melakukan yang terbaik untuk masa sekarang. Karena itulah, SIAPA PUN ANDA, DITUNTUT MEMILIKI VISI DAN MISI HIDUP YANG JELAS! Agar kita bisa mengetahui, apakah yang sekarang sedang dilakukan dan apakah yang diinginkan di masa yang akan datang itu baik dan benar?

Baca: Anda Dimana dan Akan Kemana?






Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w

Tidak ada komentar: