Kamis, 04 Juli 2013

APAKAH ANDA COCOK MENJADI SEORANG PENGUSAHA?



Sebagai karyawan, pada saat tertentu Anda akan berpikir apakah lebih baik berhenti bekerja dan menjadi pengusaha? Namun sayangnya, tidak semua orang cocok menjadi pengusaha. Jadi sebelum salah langkah, pastikan Anda mengetahui apakah Anda cocok menjadi seorang pengusaha atau tidak?

Berikut ini adalah beberapa ciri (yang dirangkum dari berbagai sumber), yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang pengusaha:

1. Yakin dan percaya diri
Keyakinan dan rasa percaya diri adalah kekuatan pendobrak yang luar biasa. Dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi Anda bisa menciptakan prestasi, apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Anda pasti bisa menjadi seorang pengusaha!

2. Berani melangkah
Dalam hidup ini memang tidak ada yang pasti. Keputusan untuk menjadi seorang pengusaha mengandung resiko dan konsekuensi yang tinggi. Pada saat Anda menentukan pilihan ini, dibutuhkan keberanian untuk menghadapi segala resiko dan konsekuensinya.

3. Punya visi yang jelas untuk bisnis Anda
Menjadi seorang pengusaha harus bisa memvisualisasikan masa depannya. Dia memiliki gambaran yang jelas tentang arah mana yang akan diambil untuk perusahaannya dan punya rencana untuk merealisasikannya. Dalam hal ini Anda harus belajar dan kemudian memiliki keahlian manajemen.

4. Andalah penentu nasib diri sendiri
Seorang pengusaha yang baik percaya bahwa dia bisa menentukan masa depannya sendiri dan menggunakan kepercayaan dirinya itu untuk mengajak orang lain dalam usaha mengembangkan dan memajukan perusahaannya.

5. Ulet, gigih dan pantang menyerah
Setiap pengusaha harus ulet, mempunyai sikap yang gigih, tegar dan pantang menyerah. Semua bisnis tentu akan mengalami pasang surut dan sebagai pemimpin, seorang pengusaha diharapkan mendorong karyawannya untuk menang.

6. Memiliki kesabaran
Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, dibutuhkan kesabaran. Dalam merintis sebuah bisnis tentu akan menemui halangan dan kesulitan, akan mendapatkan rintangan dan tantangan. Di sinilah butuh kesabaran untuk tetap berusaha, berjuang dan berdoa hingga tuntas meraih sukses.

7. Mampu melakukan pekerjaan yang dibutuhkan
Seorang pengusaha haruslah seseorang yang cakap dan mampu melakukan pekerjaannya atau seseorang yang tahu bagaimana mencari dan menemukan bantuan yang tepat. Pengusaha yang baik harus dapat menjadi pencari solusi yang ulung dan individu yang bisa menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien.

8. Selalu realistis
Selama tidak ada yang salah dengan ide perusahaan Anda, seorang pengusaha bisa membedakan antara mimpi-mimpinya dan kehidupan nyata. Selain itu, perkiraan marketing yang hanya berdasarkan angan-angan semata tidak akan membentuk rencana bisnis yang kuat.

9. Bisa hidup tanpa penghasilan tetap
Selalu ada ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi dengan bisnis yang akan Anda rintis. Seberapa baiknya pun Anda mempersiapkan dan merencanakan segalanya, tetap saja ada kemungkinan semuanya tidak berjalan baik. Terjun ke dunia bisnis berarti Anda tidak akan mendapatkan gaji dan penghasilan yang tetap.

10. Anda bukan pencari kerja
Seorang pengusaha dituntut memiliki inisiatif dan kreatifitas yang tinggi untuk mencari peluang usaha, bisnis yang prospeknya bagus. Dia bukan seorang pencari pekerjaan, menunggu peluang dari orang lain.

Baca: CARA BISNIS ANTI RUGI!






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan