Saat kita akan memulai
bisnis, sangat penting untuk mengawalinya dengan perencanaan pemasaran, sebagai
berikut:
1. SEGMEN MARKET
Tentukan target pasar
yang akan kita tuju. Misalnya: Gender, Usia, Area. Target pasar juga bisa dari
kelas ekonomi: Kelas Menengah Atas, Menengah atau Kelas Bawah.
2. PRODUK
Tentukan produk yang
akan dijual. Produk ini bisa berupa barang/jasa. Kita perlu menyiapkan produk
yang berkualitas dan pelayanan yang baik serta tentukan apa yang menjadi
kelebihan kita dibanding dengan pesaing.
3. HARGA
Tentukan harga untuk
produk yang akan kita jual. Harga yang ditentukan harus value for money.
Penting untuk diperhatikan harga yang ada dipasaran agar harga kita tetap
bersaing.
4. PROMOSI
Promosi bisnis bisa
mencakup promosi offline dan online. Promosi offline bisa dengan iklan,
menyebar brosur, membuka stand dll. Promosi online bisa dengan social media
marketing, online Ad.
5. DISTRIBUSI
Tentukan channel
penjualan untuk produk kita. Bisa melalui toko offline/toko online. Toko online
cukup efektif untuk meningkatkan penjualan dengan biaya relatif terjangkau.
Lakukan strategi reseller untuk memperbesar channel penjualan.
6. STRATEGI SALES
Susun daftar rencana
strategi sales yang akan dilakukan, misalnya dengan strategi diskon, strategi
paket, voucher/kupon, penggunaan kartu anggota, point reward, trial produk,
program hadiah dll.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan