Kamis, 04 Juli 2013

PERENCANAAN UNTUK MEMULAI BISNIS




Saat kita akan memulai bisnis, sangat penting untuk mengawalinya dengan perencanaan pemasaran, sebagai berikut:

1. SEGMEN MARKET
Tentukan target pasar yang akan kita tuju. Misalnya: Gender, Usia, Area. Target pasar juga bisa dari kelas ekonomi: Kelas Menengah Atas, Menengah atau Kelas Bawah.

2. PRODUK
Tentukan produk yang akan dijual. Produk ini bisa berupa barang/jasa. Kita perlu menyiapkan produk yang berkualitas dan pelayanan yang baik serta tentukan apa yang menjadi kelebihan kita dibanding dengan pesaing.

3. HARGA
Tentukan harga untuk produk yang akan kita jual. Harga yang ditentukan harus value for money. Penting untuk diperhatikan harga yang ada dipasaran agar harga kita tetap bersaing.

4. PROMOSI
Promosi bisnis bisa mencakup promosi offline dan online. Promosi offline bisa dengan iklan, menyebar brosur, membuka stand dll. Promosi online bisa dengan social media marketing, online Ad.

5. DISTRIBUSI
Tentukan channel penjualan untuk produk kita. Bisa melalui toko offline/toko online. Toko online cukup efektif untuk meningkatkan penjualan dengan biaya relatif terjangkau. Lakukan strategi reseller untuk memperbesar channel penjualan.

6. STRATEGI SALES
Susun daftar rencana strategi sales yang akan dilakukan, misalnya dengan strategi diskon, strategi paket, voucher/kupon, penggunaan kartu anggota, point reward, trial produk, program hadiah dll.

Baca: KEAHLIAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH PEBISNIS PEMULA






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan