Rabu, 24 Juni 2015

BERPIKIR BESAR DAN KREATIF




Orang sukses tidak ditentukan oleh agama, warna kulit, gelar akademis, latar belakang keluarga atau hal lainnya; namun diukur berdasarkan besar kecilnya cara berpikirnya. Berapa besar dan kreatif kita berpikir menentukan prestasi kita.

Pemikir besar adalah mereka yang pandai menciptakan gambar yang positif, memandang jauh ke depan, optimis baik di dalam pikiran mereka sendiri maupun orang lain. Untuk berpikir besar kita harus menghasilkan citra atau gambar mental yang positif dan besar. Pemikir besar melatih diri mereka untuk melihat bukan hanya apa yang ada di hadapan mereka, tetapi melihat berbagai kemungkinannya yang baik dan positif.

Banyak orang yang memiliki potensi dan kesempatan untuk maju membiarkan hal-hal kecil yang tidak penting menghambat jalan mereka menuju sukses.

TIPS:
    1. Berkonsentrasilah pada kelebihan yang ada di dalam diri Anda. Anda sesungguhnya lebih baik dari yang Anda duga.
    2. Gunakan kata-kata besar, cerah, dan ceria. Gunakan kata-kata yang mencerminkan kemenangan, harapan, kebahagiaan, dan kegembiraan; hindari kata-kata yang menimbulkan gambaran yang tidak menyenangkan berupa kegagalan, keluhan, atau kesedihan.
    3. Bentangkan visi Anda. Lihat apa kemungkinannya, bukan hanya apa yang ada. Tambahkanlah hal baik dan positif pada diri Anda dan orang-orang yang ada di sekitar Anda.
    4. Dapatkan pandangan yang besar mengenai pekerjaan Anda. Berpikirlah, sungguh-sungguh berpikir bahwa pekerjaan Anda yang sekarang adalah benar-benar penting.
    5. Jangan berpikir tentang hal-hal yang sepele. Fokuskan perhatian Anda pada sasaran yang besar. Sebelum terlibat dalam persoalan kecil, bertanyalah kepada diri sendiri, “Apakah ini benar-benar penting?”


Berpikir kreatif berarti menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan apa saja. Yang penting bukan apa yang Anda ketahui pada waktu Anda memulai, melainkan apa yang Anda pelajari dan Anda gunakan sesudah Anda memulai sebuah pekerjaan.

Keberhasilan besar mensyaratkan orang terus menerus menetapkan standar yang lebih tinggi untuk diri sendiri dan orang lain. Kesuksesan hanya diperuntukkan bagi mereka yang berpendirian: “saya dapat mengerjakannya dengan lebih baik dan lebih banyak’.

Keberhasilan adalah mengerjakan apa yang Anda kerjakan dengan lebih baik (meningkatkan kualitas diri), dan mengerjakan lebih banyak daripada apa yang dapat Anda kerjakan (meningkatkan kapasitas diri).

Mereka yang punya banyak waktu untuk mengomentari orang lain, biasanya adalah orang yang malas mengembangkan dirinya dan hanya jadi komentator.

TIPS:
    1. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan. Jika Anda percaya sesuatu dapat dilakukan, pikiran Anda akan mencari cara-cara untuk melakukannya. Hapuskan kata “tidak mungkin”, “tidak dapat dikerjakan”, “tidak akan berhasil”, “tidak ada gunanya mencoba” dari pikiran dan pembicaraan Anda.
    2. Bersikaplah menerima gagasan baru. Lakukan eksperimen. Coba pendekatan baru. Bersikaplah progresif dalam semua yang Anda kerjakan.
    3. Bertanyalah kepada diri sendiri setiap hari: “Bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik?” Tidak ada batas untuk perbaikan diri.
    4. Bertanyalah kepada diri sendiri, “Bagaimana saya dapat bekerja lebih banyak?” Kapasitas adalah keadaan pikiran. Mengajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri membuat pikiran Anda bekerja mencari jalan pintas yang cerdik.
    5. Bentangkan pikiran Anda. Dapatkan stimulasi. Bergaul dengan orang yang dapat membantu Anda memikirkan gagasan baru dan cara baru untuk mengerjakan segala sesuatunya.


“BERPIKIR BESAR DAN KREATIF. BERBAGI HAL POSITIF, KEBAIKAN, DAN KEBAHAGIAAN DENGAN ORANG LAIN AKAN MEMBANTU ANDA UNTUK MENDAPATKAN KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK, INDAH, DAN MENARIK…”
(Johanes Budi Walujo)

Baca: THINK BIG





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan