Sabtu, 06 Juni 2015

POLA PIKIR POSITIF




Banyak kejadian yang biasa kita alami dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ada peristiwa dimana kita dibuat tertawa, bahagia, sedih, bahkan menangis. Kita tak pernah bisa menghindar dari semua masalah yang menimpa kita, karena kita di sini hanya sebagai pelaku dan Tuhan yang mengatur segalanya. Untuk itu, bukan masalah yang perlu kita hindari, namun bagaimana kita bisa membuat prinsip atau pola pikir dalam menghadapi masalah tersebut.

Adapun beberapa prinsip berpikir positif, di antaranya adalah sebagai berikut:

1) Mengubah pikiran berarti mengubah kenyataan, pikiran baru menciptakan kenyataan baru. Jika orang ingin melakukan perubahan positif dalam hidupnya, maka pertama kali yang harus ia lakukan adalah mengubah pikirannya. Gantilah pikiran negatif dengan pikiran positif, sebab pikiran baru menghadirkan kenyataan baru. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar ingin menciptakan perubahan positif dalam hidup, maka mulailah mengubah bagian dalam diri Anda.

2) Belajarlah dari masa lalu, hiduplah pada masa kini, dan rencanakan masa depan. Masa lalu adalah mimpi, masa depan adalah proyeksi, hidupmu saat ini yang diwarnai cinta mendalam pada Tuhan membuat masa lalu menjadi mimpi indah dan masa depan yang penuh harapan. Banyak orang mengeluhkan masa lalu dan segala peristiwa yang ada di dalamnya telah berlalu sebagai pengalaman.

3) Anda dapat membersihkan masa lalu dengan selalu bertanya pada diri sendiri, “Pelajaran apa yang bisa saya petik dari masa lalu? Andai waktu membawa saya ke masa lalu, apa yang akan saya lakukan?” Tulislah keterampilan yang Anda pelajari dari peristiwa pada masa lalu, lantas tulis juga sikap Anda jika menghadapi kejadian serupa. Dengan demikian, Anda membuat akal mampu mengindentifikasikan masa lalu sebagai pelajaran dan kekuatan, bukan kelemahan dan kegagalan.

4) Tentang masa kini, hadapilah dengan segenap makna positif. Hadapilah dengan cinta pada Tuhan. Jangan sampai hidup Anda dihantui oleh perasaan negatif masa lalu. Jangan terlena menunggu masa depan yang belum datang. Dengan demikian hidup Anda akan berjalan normal dan stabil. Selama Anda menjalani hidup ini dengan tulus pada Tuhan, Anda dapat menjadikan masa lalu sebagai kebahagiaan dan masa depan sebagai proyeksi yang indah.

5) Ketika Tuhan menutup satu pintu, pasti Dia membuka pintu yang lain yang lebih baik. Kadangkala Tuhan menutup pintu yang ada di depan kita, tapi dia membuka pintu lain yang lebih baik. Namun, kebanyakan orang menyia-nyiakan waktu, konsentrasi, dan tenaga untuk memandang pintu yang tertutup dari pada menyambut pintu impian yang terbuka di hadapannya.

6) Masalah dan kesengsaraan hanya ada dalam persepsi. Kenyataan adalah persepsi Anda. Jika Anda ingin mengubah kenyataan hidup Anda, mulailah dengan mengubah persepsi Anda. Akal manusia hanya bisa fokus pada satu informasi dalam satu waktu. Jika Anda mengubah persepsi Anda tentang masalah, memikirkannya sebagai hadia terindah dari Tuhan, lalu berkonsentrasi pada upaya mencari solusi, maka Anda akan menemukan pintu harapan terbuka lebar di hadapan Anda.

Oleh karena itu, jangan biarkan persepsi Anda tentang suatu masalah mempengaruhi Anda. Sebab persepsi adalah program akal terdahulu yang bisa jadi keliru. Ubahlah persepsi Anda, niscaya kehidupan Anda juga berubah. Permasalahan dan kesengsaraan hanya ada dalam persepsi belaka.

Jangan jadi masalah. Pisahkan diri Anda dari masalah. Tidak ada masalah yang solusinya tidak dipikirkan oleh akal manusia. Apapun yang Anda pikirkan tentang diri sendiri, Anda tetap lebih kuat dari yang Anda bayangkan. Masalah hanya romantika hidup yang dapat kita pelajari agar lebih dewasa dan bijaksana. Lebih ahli, dan lebih berpengalaman. Akal manusia lebih cepat daripada cahaya. Ia punya kemampuan menyimpan lebih dari 2.000.000 informasi dalam satu detik.
Mata kita memiliki kemampuan untuk membedakan lebih dari 10.000.000 warna dengan cepat. Penciuman kita memiliki kemampuan mengenal lebih dari 50.000 jenis bau-bauan dalam tempo yang singkat. Indra pengecap kita memiliki kemampuan mengenali banyak benda yang dingin, hangat, manis, pahit, dan berbagai rasa lainnya. Kerja jantung kita sangat mengagumkan. Meski tidak pernah kita hitung, ia berdegup lebih dari 100.000 kali setiap harinya. Jika energy kita dialirkan ke satu negara, maka dapat menghasilkan listrik selama satu minggu.

Setiap masalah ada solusi spiritualnya. Segala cobaan hidup di dunia ini adalah Anugerah Tuhan untuk menjadikan kita semakin dekat dengan-Nya. Dengan demikian, kita tahu dan menyadari bahwa selalu ada penyelesaian secara spiritual bagi setiap masalah. Barang siapa percaya pada Tuhan, niscaya Dia akan menyediakan jalan ke luar untuknya. Dan memberikan berkat dari jalan yang tidak terduga.

Baca: PIKIRAN MEMPENGARUHI HARGA DIRI





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w