Kamis, 15 Oktober 2015

MEMOTIVASI BAWAHAN




“Selalu berusaha membuat orang lain merasa dibutuhkan, penting dan dihargai, dan mereka akan melakukan hal yang serupa terhadap Anda.”
(John Maxwell)


Seorang penulis abad ke -19, Walt Withman berjuang selama bertahun-tahun untuk membuat siapa saja tertarik pada puisi-puisi yang ditulisnya, sampai akhirnya ia menjadi sangat putus asa.

Suatu hari ia menerima sebuah surat yang berbunyi:
“Dear Sir, saya tidak buta dalam menilai hadiah yang indah ‘Leaves of Grass’ (buku karya Walt Withman). Saya menemukan kecerdasan dan kebijaksanaan luar biasa yang belum dikontribusikan kepada Amerika melalui buku ini. Saya ingin memberi salam kepada Anda di awal karir Anda yang luar biasa.”
Tertanda, Ralp Waldo Emerson.

Sebuah pujian dalam bentuk tulisan singkat dan sederhana- investasi yang ditanamkan oleh Emerson dalam hidup Withman besar tidak terkira. Catatan itu seperti memberi oksigen baru bagi Withman, yang kemudian bernafas dengan penuh semangat dan terus terinspirasi untuk menulis.

Ternyata, untuk memotivasi dan menyemangatkan seseorang tidak membutuhkan biaya besar. Kita hanya perlu meluangkan waktu untuk menulis sebuah catatan singkat atau menyatakannya secara lisan tentang betapa karya dan usaha yang sudah mereka lakukan sangat berarti bagi dunia ini. Lewat cara sederhana ini kita telah melakukan investasi kekal dalam hidup orang lain.

Semua orang butuh penghargaan, pujian, dorongan, dan semangat, termasuk kita sendiri. Kita tahu dampak hal-hal tersebut dibandingkan sebuah kritikan, teguran, atau keluhan.

Oleh karena itu, sebagai pemimpin, berilah angin segar kepada bawahan Anda berupa pujian dan penyemangat.
Sebagai karyawan, marilah kita saling mendukung satu sama lain.

Tanpa motivasi, hidup ini terasa “kering”…

Baca: BELENGGU TRADISI






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan