Minggu, 24 Juli 2016

AFIRMASI POSITIF UNTUK HIDUP POSITIF



Afirmasi diri adalah pernyataan positif atau kalimat yang ditujukan untuk diri sendiri yang bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar untuk membantu Anda mengembangkan persepsi yang lebih positif terhadap diri Anda sendiri. Afirmasi dapat dilakukan pada diri sendiri tanpa harus diungkapkan, karena bertujuan untuk meyakinkan diri Anda bahwa pikiran bawah sadar telah menetapkan kebenaran pilihan. Afirmasi lebih relevan dengan sugesti pribadi. Kebalikannya dengan konfirmasi yang dapat dilakukan hanya sekali.

Afirmasi jika diisikan dengan pernyataan-pernyataan negatif akan membangkitkan pesimisme dan ketidakyakinan dengan kemampuan diri. Afirmasi positif adalah cara yang sangat membantu Anda lebih berhasil dalam hubungan personal, karir dan bisnis.


Kenapa Afirmasi Penting?
Afirmasi adalah tindakan positif yang membantu Anda mencegah sabotase nilai-nilai negatif. Afirmasi banyak membantu orang melawan rasa rendah diri, depresi dan kondisi kesehatan mental. Penelitian membuktikan bahwa dengan melakukan afirmasi positif mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Afirmasi ibarat latihan olah raga yang rutin dilakukan berulang untuk meningkatkan kesehatan badan dan fisik. Afirmasi bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan pikiran serta cara pandang akan situasi dan kondisi lingkungan.


Kapan Menggunakan Afirmasi?
Situasi apapun dapat menjadi waktu bagi Anda membangun afirmasi dalam pikiran, setiap bangun pagi, saat istirahat siang hari, atau ketika perjalanan pulang dari kantor. Afirmasi dapat dilakukan kapanpun untuk membangun perubahan positif bagi diri Anda.
1.   Saat akan presentasi, dimana Anda perlu meningkatkan percaya diri sebelum tampil.
2.   Mengendalikan perasaan negatif seperti frustasi, marah atau tidak sabar.
3.   Memperbaiki harga diri Anda.
4.   Menyelesaikan proyek yang sudah Anda mulai.
5.   Meningkatkan produktivitas kerja.

Afirmasi akan makin efektif jika Anda gabungkan dengan sikap Positive Thinking dan Goal Setting Technique. Dengan Afirmasi Anda akan mampu mempertahankan motivasi Anda mencapai tujuan jangka pendek atau jangka panjang.


Menggunakan Afirmasi Positif
1.   Afirmasi harus dibentuk seolah-olah sesuatu yang sudah terjadi, dan ini akan membantu Anda percaya akan pernyataan tersebut. Semisal Anda adalah orang yang gugup di depan forum, maka sebelum tampil lakukan afirmasi positif dengan berkata, Saya sudah siap dan Berlatih baik, dan saya pasti bisa memberikan presentasi hebat.

2.   Afirmasi memiki kekuatan manakala dilakukan pengulangan atau penguatan. Terlebih jika Anda menghadapi situasi negatif, maka pengulangan harus semakin sering dan semakin kuat.

3.   Afirmasi akan efektif jika dilakukan dengan perasaan, dipikirkan dan diungkapkan dengan perasaan. Contoh berikut ini adalah afirmasi positif :
·       Saya punya banyak kreatifitas untuk proyek ini
·       Pekerjaan saya akan diakui secara positif oleh bos dan rekan-rekan saya
·       Saya bisa melakukan ini
·       Pendapat saya dihormati dan dihargai oleh tim saya
·       Saya jujur dalam hidup saya, dan pekerjaan saya
·       Saya suka menyelesaikan tugas-tugas dan proyek tepat waktu
·       Saya bersyukur atas pekerjaan yang saya miliki
·       Saya menikmati bekerja dengan tim saya
·       Saya sangat baik pada apa yang saya lakukan
·       Saya adalah orang yang murah hati


Afirmasi adalah pernyataan diri secara positif untuk mengatasi sabotase pikiran negatif. Untuk melakukan afirmasi Anda perlu menganalisa pikiran dan perilaku yang ingin diubah. Lakukan afirmasi secara berulang setiap hari dan kembangkan afirmasi positif Anda dengan menselaraskan bersama Pikiran Positif dan Penetapan Tujuan Pribadi.

Baca: AJAIBNYA KEKUATAN PIKIRAN





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan