Selasa, 28 Oktober 2014

ATURAN HIDUP UNTUK DIJALANI




Berikut adalah 15 aturan hidup yang harus djalani dari seorang Bob Parsons, founder godaddy.com, situs webhosting terbesar di dunia:
1. Keluarlah dari zona nyaman Anda
Tidak akan terjadi perubahan yang berarti jika Anda tetap berada di zona nyaman. Ketika orang-orang berkata,”Saya khawatir dengan keamanan saya jika saya keluar dari zona nyaman.” Saya menanggapinya dengan sederhana: keamanan hanyalah bagi orang-orang yang sudah tiada.

2. Jangan pernah menyerah
Hampir tidak ada yang berhasil pada percobaan pertama kali. Hanya karena apa yang Anda lakukan tampaknya tidak akan berjalan, tidak berarti hal itu tidak akan berhasil. Ini hanyalah sebuah pemberitahuan kepada Anda bahwa hal tersebut tidak akan berjalan dengan cara yang Anda lakukan saat ini. Jika sesuatu hal mudah untuk dicapai, semua orang akan melakukannya, dan Anda tidak akan memiliki kesempatan.

3. Ketika Anda siap untuk berhenti, Anda sebetulnya sudah lebih dekat daripada yang Anda pikirkan
Ada pepatah Cina kuno yang sangat bagus, dan saya percaya itu adalah sangat benar. Bunyinya seperti ini: “Godaan untuk berhenti mencoba akan Anda rasakan paling besar ketika Anda berada sedikit lagi dari titik sukses.”

4. Fokus pada apa yang Anda inginkan untuk terjadi
Ingat pepatah lama, Apa yang Anda pikirkan, maka terjadilah.”

5. Lakukan hal satu per satu
Tidak peduli betapa sulitnya situasi Anda, Anda bisa melaluinya jika Anda tidak melihat terlalu jauh ke masa depan, dan fokus hanya pada saat ini. Anda bisa melalui apa pun dengan menyelesaikannya satu per satu.

6. Selalu bergerak maju
Jangan pernah berhenti berinvestasi. Jangan pernah berhenti memperbaiki. Jangan pernah berhenti melakukan sesuatu yang baru. Saat Anda berhenti memperbaiki organisasi Anda, maka itu akan mulai untuk mati. Buatlah tujuan Anda untuk menjadi lebih baik setiap hari, dalam beberapa hal kecil. Ingat konsep Jepang Kaizen. Memperbaiki hal-hal kecil setiap hari akhirnya menghasilkan keuntungan besar.

7. Cepatlah untuk memutuskan
Ingatlah perkataan Tecumseh Sherman, seorang Jenderal dari Perang Sipil Amerika: “Sebuah rencana baik yang dieksekusi dengan tidak sempurna hari ini adalah jauh jauh lebih baik daripada rencana esok hari yang sempurna.”

8. Mengukur segala sesuatu yang penting
Saya bersumpah hal ini benar. Apapun yang dapat diukur dan dimonitor, maka harus diperbaiki dan ditingkatkan.

9. Apa pun yang tidak dikelola dengan baik akan memburuk
Jika Anda ingin mengungkap masalah yang Anda tidak ketahui persis apa itu, luangkan beberapa saat dan lihat secara dekat daerah yang Anda belum periksa. Saya jamin masalah Anda akan berada di sana.

10. Perhatikan pesaing Anda, tetapi beri perhatian lebih pada apa yang Anda lakukan
Ketika Anda melihat pesaing Anda, ingatlah bahwa segala sesuatu tampak sempurna di kejauhan. Bahkan planet Bumi, jika Anda melihatnya dari luar angkasa, akan tampak seperti tempat yang damai. (Kadang-kadang kita tidak melihat dan menyadari bahwa ternyata di dalam diri/perusahaan banyak masalah-masalah penting yang harus dibereskan, sementara kita terpaku memperhatikan orang lain.

11. Jangan biarkan orang-orang mendorong dan memaksa Anda
Dalam masyarakat kita, bersama dengan undang-undang, Anda memiliki hak yang sama untuk hal-hal yang Anda lakukan dengan orang lain, dengan syarat bahwa apa yang Anda lakukan adalah legal.

12. Jangan pernah berharap kehidupan untuk berlaku adil
Hidup ini tidak adil. Anda harus membuat jalan Anda sendiri. Anda bisa menganggap hidup ini adil hanya jika Anda bisa menerima kondisi seperti Anda naik angkutan umum, Anda bayar dan Anda sampai ke tujuan. Jangan pernah berharap orang lain melakukan suatu hal yang baik pada Anda.

13. Pecahkan masalah Anda sendiri
Anda akan menemukan bahwa dengan membuat solusi Anda sendiri, Anda akan meningkatkan daya saing. Masura Ibuka, salah satu pendiri SONY, mengatakan: “Anda tidak pernah berhasil dalam teknologi, bisnis, atau apa pun dengan mengikuti orang lain.” Ada juga pepatah Asia lama yang sering mengingatkan saya. Bunyinya seperti ini: “Orang bijak menjaga nasihatnya sendiri.”

14. Jangan terlalu serius pada diri sendiri
Ringankan diri Anda. Seringkali, setengah dari apa yang kita capai adalah karena faktor keberuntungan. Tak satu pun dari kita yang berada dalam kendali sebanyak yang kita harapkan.

15. Selalu ada alasan untuk tersenyum, temukanlah
Setelah semuanya ini, Anda benar-benar beruntung bahwa Anda diberi karunia untuk hidup. Hidup ini singkat. Saya sangat setuju dengan pendapat adik saya. Dia selalu mengingatkan saya: “Kita di sini bukan untuk waktu yang lama, kita disini untuk waktu yang indah.”

Baca: APA YANG DICARI SETELAH KEMATIAN?





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan