Rabu, 15 Oktober 2014

APAKAH ANDA INGIN BERUBAH?





Istilah “Tidak ada manusia yang sempurna” memang benar adanya. Namun, di satu sisi itu bukan berarti bahwa Anda harus menerima kelemahan-kelemahan Anda tanpa keinginan untuk berubah. Tidak ada orang di muka bumi yang tidak memiliki kelemahan.
Berapa kali Anda melihat orang-orang yang tidak mau memperbaiki kelemahannya secara bertahap menghancurkan karir dan hubungan mereka? Ingat, ada cara untuk mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan, asalkan Anda bersedia untuk berubah dan mengikuti pendekatan terbaik yang tersedia. jika kita melihat jauh di dalam diri kita sendiri, kita akan menemukan pribadi yang lebih baik.

Apakah Anda yakin ingin berubah?
Kebanyakan orang mencoba untuk berubah dalam rangka menyenangkan orang lain atau untuk menyesuaikan diri ke dalam lingkungan sosial tertentu. Bagaimanapun, untuk mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan, Anda harus memahami bahwa proses ini adalah tentang diri Anda! Tentang memiliki keberanian untuk mengubah hidup Anda dan disiplin diri untuk mengubah keinginan Anda menjadi tindakan-tindakan.
Kadang-kadang Anda tergoda untuk berpikir bahwa ini adalah cara hidup Anda dan seseorang tidak bisa berubah. Itu adalah pikiran yang sama sekali keliru! Anda menentukan keberuntungan Anda sendiri… semuanya ada di tangan Anda untuk menentukan perubahan Anda saat ini dan membangun masa depan Anda.

Mengidentifikasi kelemahan pribadi Anda
Jujur pada diri sendiri adalah langkah penting pertama jika Anda benar-benar ingin merubah kelemahan Anda menjadi kekuatan dan meningkatkan kehidupan Anda. Tuliskan sebanyak mungkin kelemahan yang Anda miliki dan coba ingat-ingat keluhan apa saja yang telah Anda terima sejauh ini dalam hidup terkait kelemahan Anda tersebut.
Hal ini penting untuk mengidentifikasi kelemahan Anda terlebih dahulu dan kemudian berpikir tentang cara-cara untuk mengatasinya. Setelah itu, coba hubungkan dengan keterampilan dan kemampuan Anda. Dari sini Anda akan melihat apakah semua kelemahan Anda berasal dari kurangnya keterampilan ataukah hasil dari penundaan?

Berpikir positif tentang diri Anda
Berpikir positif diperlukan untuk mencapai tujuan Anda. Hal ini berarti bahwa Anda harus mengubah cara berpikir Anda dan lebih percaya diri. Setiap orang memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda … gunakanlah! Disamping itu, jika Anda telah mengetahui kelemahan–kelemahan Anda, Anda dapat melangkah ke tingkat yang lebih tinggi.

Cobalah untuk menjauh dari kelemahan Anda
Gunakan teknik yang tepat untuk menjauh dari kelemahan Anda. Misalnya, jika Anda tidak dapat membuat rencana untuk jangka panjang, cobalah untuk berkonsentrasi dan membuat rencana jangka pendek. Ini adalah pendekatan yang terbaik untuk terus bergerak maju tanpa merasa bahwa Anda telah gagal dan tanpa memaksakan terlalu banyak perubahan pada diri Anda sendiri. Cobalah untuk memikirkan bagaimana Anda dapat mengubah setiap kelemahan Anda menjadi keuntungan!

Pilihlah teman-teman yang dapat menyeimbangkan kelemahan Anda
Kemewahan terbesar dalam hidup adalah memiliki orang-orang di sekitar Anda yang menyeimbangkan karakter yang Anda miliki. Teman-teman, kolega atau anggota keluarga dapat “menetralisir” kelemahan Anda. Sebagian orang meyakini bahwa karakter yang berlawanan justru akan menarik Anda, tetapi kebenarannya adalah bahwa mereka saling mengimbangi. Jadi, ketika Anda memiliki orang-orang jenis ini di samping Anda, kelemahan Anda perlahan-lahan akan hilang.

Jangan ragu untuk mendapatkan bantuan dari profesional
Psikoterapi bukanlah sesuatu hal yang buruk atau memalukan. Banyak orang berjuang untuk menemukan jati diri mereka dan kemudian mencari bimbingan dari seorang profesional untuk menemukan hal “jahat” di dalam diri mereka. Tentu saja, dalam beberapa kasus, teman, buku psikologi atau tutorial dapat membantu Anda untuk mengakui kelemahan Anda. Namun, ada masalah yang lebih serius yang membutuhkan bantuan profesional, seperti kecanduan, rendah diri atau kekerasan.

Meningkatkan pemahaman Anda
Memahami adalah semacam kekuatan yang memisahkan pemenang dari pecundang! Lihatlah diri Anda di hadapan cermin dan cobalah untuk memahami semua tujuan dan keinginan Anda. Jika Anda tidak mengajukan pertanyaan yang tepat untuk diri Anda sendiri, maka Anda tidak akan mendapatkan jawaban yang nyata…

Jangan putus asa, selalu ada harapan
Albert Einstein gagal ujian untuk masuk ke Sekolah Tinggi Teknik! Dia memiliki “bintang” dalam hidupnya dan bakat yang unik, tapi tampaknya dia tidak dimaksudkan untuk menjadi seorang insinyur. “Hidup berjalan terus” dan Anda tidak pernah tahu apakah karir yang cemerlang menunggu Anda di masa depan. Jangan menyerah pada pertempuran, cobalah untuk mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan…

Baca: Mau Sukses, Harus Bayar Harga!





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w