Sabtu, 17 Desember 2016

KENAPA ANDA TAK KUNJUNG SUKSES?



Semua orang tentu ingin hidupnya sukses. Persepsi tiap-tiap orang mengenai kesuksesan bisa berbeda-beda. Yaa…, apa pun persepsinya kesuksesan menjadi acuan atau keinginan yang harus dicapai demi kehidupan yang lebih baik, indah, dan menarik.
Ada yang menginginkan karirnya sukses. Ada yang berpandangan sukses itu jika banyak uang. Atau berpendapat sukses itu kalau telah menaklukkan tantangan. Perbedaan ini tidak bisa dipertentangkan karena kebutuhan atau keinginan tiap-tiap orang bermacam-macam.
Nyatanya, orang yang sulit meraih sukses umumnya memiliki kesamaan. Walaupun tidak sama persis, Anda tetap bisa melihat dan menilainya. Kebiasaan, karakter, atau pencapaian orang-orang yang sulit sukses bila diamati tampak sama satu sama lain. Apa saja itu?

Baca: MODAL UTAMA MERAIH SUKSES?

Berikut ini beberapa ciri yang sebaiknya Anda hindari kalau ingin sukses:
1. Tidak Menghargai Waktu 
Rasanya semua orang tahu bahwa waktu adalah salah satu hal yang sangat berharga. Dikatakan seperti itu karena waktu yang telah lalu tidak bisa diputar kembali. Dan inilah yang terdapat pada banyak orang gagal yang tidak menghargai waktu. Bisa saja beberapa waktu yang lalu ada kesempatan datang menghampiri. Namun, karena sikap mereka yang tampak tidak menghargai waktu, hilanglah kesempatan tersebut seiring berlalunya waktu. Uang mungkin bisa dicari meskipun hilang. Lain halnya dengan waktu yang tidak bisa dicari dan didapatkan kembali ketika sudah lewat. Karena itu, mulai dari sekarang hindari sifat membuang-buang waktu agar tidak ada penyesalan nantinya.
2. Arogan 
Saking merasa paling bisa tanpa disadari sikap arogan muncul dengan sendirinya. Orang-orang yang arogan ogah untuk belajar atau menerima kritik. Dibiarkan terus-menerus hanya menjadikan mereka tampak bodoh di hadapan orang lain. Untuk itu, selidikilah apakah kegagalan yang terjadi karena Anda terlalu arogan. Menutup telinga dan mata dan hanya peduli dengan pandangan sendiri yang sudah jelas-jelas salah sudah dipastikan keberhasilan akan jauh dari orang yang bersikap seperti itu. Perlu diketahui, tidak selamanya masukan atau kritik atau saran itu bertujuan untuk menjatuhkan. Justru di sisi lain itu membangun dan membentuk diri Anda menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
3. Sensitif 
Realitanya, orang yang sensitif atau bahasa gaulnya baper (bawa perasaan) hidupnya terus-terusan galau. Tak heran mereka sulit berhasil atau berkembang karena mereka hanya berkutat di satu masalah tanpa ada penyelesaiannya. Apabila sifat seperti ini terdapat pada diri Anda, sudah saatnya membuang semuanya itu. Janganlah terlalu sensitif atau berlama-lama menghadapi situasi yang menurut Anda dilematis. Terlebih masalah tersebut hanya dijadikan bahan mengeluh tiap waktu. Jadikan diri Anda sosok yang dinamis dan tak mau terus terkungkung dalam satu situasi.
4. Mudah Menyerah
Tentu keberhasilan tidak seperti layaknya hujan yang datang tiba-tiba. Hujan sendiri ada prosesnya yang terjadi menurut hukum alam. Begitu juga dengan keberhasilan. Sebaiknya jangan pernah sesekali mengendorkan usaha Anda dalam mencapai tujuan. Terlebih memutuskan untuk pasrah kemudian menyerah. Sifat ini cenderung menyebabkan sebagian orang gagal dan sulit berhasil. Suntikkan diri Anda dengan motivasi-motivasi yang menciptakan daya juang dalam diri. Persoalan hidup adalah seberapa kuat bertahan dan berjuang berhadapan dengan situasi yang terkadang absurd. Berhasil atau tidak itu urusan nanti. Yang penting usahanya.
5. Menyepelekan 
Orang yang sering menganggap remeh atau sepele sudah bisa ditebak akan jauh dari keberhasilan. Hal kecil kenyataannya bisa membawa Anda menjadi seseorang yang berhasil. Banyak yang berhasil karena dari bawah atau memulainya dari hal kecil. Seperti berhasil karena menjual makanan ringan atau karena pekerjaan yang dimulai dari level terbawah. Sifat menyepelekan akan membawa Anda menjadi arogan. Hasilnya, seperti yang diterangkan di atas, keberhasilan jadi hal yang sulit diraih.
6. Pandai Berkelit
Pandai berkelit ternyata bisa menghambat Anda untuk berhasil. Dengan berkelit, Anda menyangkal kesalahan yang telah Anda perbuat. Anda terus saja berkelit dan berpendapat itu tidaklah salah. Atau tidak mengakui bahwa itu kesalahan Anda. Setiap kesalahan adalah bahan pembelajaran yang penting untuk berubah menjadi lebih baik. Beberapa orang menganggap kesalahan adalah aib yang membuat citra menjadi buruk. Karena itu, sedikit yang mau mengakui kesalahannya. Keberhasilan bisa Anda raih dengan tidak lagi menyimpan pemikiran seperti itu dalam diri. Akuilah bila itu adalah kesalahan Anda. Tidak semua orang akan memvonis Anda itu buruk dalam bertindak. Orang-orang sekeliling Anda yang baik akan membantu Anda dengan memberikan masukan agar kesalahan tersebut diperbaiki dan tak terulang kembali.
7. Tidak Bersosialisasi
Beberapa orang yang tidak bersosialisasi memang sulit untuk berhasil. Dan ini berpengaruh dalam pencapaian mereka, terutama karir. Ingatlah, hidup di dunia tidak berasa hidup jika satu sama lain tidak saling peduli. Bersosialisasi jangan karena ingin berhasil saja. Namun, bersosialisasi merupakan esensi manusia yang mesti terpelihara. Sebab dunia ini bukan tempat untuk satu orang, melainkan untuk banyak orang yang saling membutuhkan satu sama lain.
8. Apatis
Apatis merupakan wujud dari sikap seseorang yang "masa bodo" dengan kejadian atau yang ada di lingkungan sekitarnya. Terkadang punya sikap cuek sah-sah saja asalkan itu diterapkan untuk hal-hal yang tak terlalu menuntut perhatian. Amat disayangkan kalau sikap cuek ini menyasar ke mana-mana, bahkan sampai ke hal yang penting. Karena itu, bersikap apatis tentu tidak benar. Sebab bisa membawa Anda ke ambang kegagalan.
9. Kurang Bersyukur
Pusing kan rasanya karena terus-terusan mengeluh? Hal seperti ini bisa jadi akan menghambat Anda untuk berhasil. Meskipun kecil, tidak ada salahnya menghargai apa yang sudah Anda kerjakan. Enggan bersyukur lama-lama bisa berubah menjadi pupuk yang menyuburkan sifat jelek lainnya, seperti cepat menyerah dan malas.
10. Dendam dan Pemarah
Menjadi pendendam dan pemarah ternyata bisa mempersulit Anda untuk berhasil. Emosi memang hal yang manusiawi. Namun, kesabaran bisa menuntun Anda untuk lebih baik dan lebih mudah meraih keberhasilan. Sulit rasanya dengan sifat dan ciri karakter pendendam dan pemarah bisa mencapai keberhasilan.

Kenali Diri dan Berubahlah Jadi Lebih Baik
Hanya Anda yang tahu siapa diri Anda. Bukanlah keluarga sekalipun hidup bersama dengan Anda. Bukan teman sekalipun sering berkumpul. Jika Anda sendiri tidak mengenal diri Anda, lalu apa yang mesti diubah?
Karena itu, mulai sekarang kenalilah diri Anda. Cari tahu apakah ciri-ciri di atas terdapat pada diri Anda atau tidak. Misalkan, salah satu dari ciri-ciri di atas melekat pada diri Anda, ubahlah itu demi perubahan yang menjadikan Anda lebih baik dari sebelumnya.

Baca: MERAIH SUKSES DENGAN LEVERAGE





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!



Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan