Sabtu, 22 Oktober 2016

HINDARI INI SAAT ANDA BERKARIR




Manusia memang tidak akan pernah lepas dari melakukan kesalahan. Namun, sedapat mungkin kita harus berusaha untuk menghindar dari kesalahan yang mungkin terjadi. Dengan menghindari beberapa kesalahan di bawah ini, dan fokus terhadap pekerjaaan, maka Anda bisa tenang dalam meniti karir.

Berikut adalah kesalahan umum yang sering terjadi:

Terjebak dalam Zona Nyaman
Ketika Anda telah berada di posisi atau jabatan yang sama dalam beberapa tahun, dan mulai merasakan kenyamanan dalam bekerja sehingga tidak bersemangat lagi untuk bergerak maju, itu artinya Anda sudah masuk ke dalam zona nyaman. Zona nyaman atau comfort zone memang menyenangkan, namun berhati-hatilah karena berada di comfort zone ini bisa membuat Anda terlena sehingga enggan untuk bergerak maju.

Tidak Memandang Luas
Memahami betul apa yang ingin perusahaan capai merupakan salah satu cara penting agar dapat mengetahui peranmu dalam bekerja, dan pencapaian apa yang harus Anda raih agar target perusahaan bisa tercapai. Dengan memiliki pengertian dan pemahaman apa yang menjadi target perusahaan, Anda bisa menggali lebih dalam lagi apa tujuan Anda direkrut dan passion dalam bekerja, yang berarti hal ini juga turut membawamu menuju pintu kesuksesan.

Membuang Kesempatan
Dunia bisnis kadang merupakan dunia yang kecil dan reputasi serta image merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan AndaNetworking dan rekomendasi rekan yang mengenal Anda merupakan salah satu hal penunjang pencapaian kesuksesan karir Anda. Dengan membuang kesempatan untuk networking, bisa saja Anda kehilangan kesempatan berkarir di perusahaan yang baik.

Bekerja dan Karir Tidak Seimbang
Hal yang pertama untuk mencapai kesuksesan dalam berkarir adalah Anda harus enjoy dalam bekerja dan getting work-life balance. Dengan menyeimbangkan kehidupan bekerja dan berkarir akan sangat membantu Anda untuk mencapai kesuksesan yang menjadi tujuan Anda. Bekerja memang penting namun apabila Anda tidak happy sama sekali dalam bekerja maka pekerjaanmu akan menjadi sia-sia.

Tidak Membatasi Kehidupan Pribadi dan Profesional
Sering kali, keakraban yang terjalin di antara para rekan kerja memang bagus. Namun, tetap pastikan untuk selalu bersikap profesional saat di kantor. Dengan membatasi antara kehidupan pribadi dan profesional Anda bisa bekerja maksimal di kantor, dan akan mendapat image sebagai seorang profesional pula.

Melihat Rumput Tetangga Lebih Hijau
Sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja, tanyakan kepada diri sendiri kenapa Anda memutuskan hal tersebut. Biasanya, menganggap pekerjaan orang lebih lebih menyenangkan dibanding diri sendiri akan membawa kepada kekecewaan. Percayalah, pekerjaan dan situasi orang lain tidak lebih baik dari kita, dan bersikap rendah diri akan membawa masalah baru. Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan baru, Anda harus memastikan bahwa hal tersebut bukanlah sebagai pelarian dari rasa kekecewaan yang Anda rasakan.

Tidak Memperbarui Kemampuan
Selalu up date dengan teknologi terkini adalah hal penting untuk memastikan bahwa kemampua Anda semakin berkembang. Gagal dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi berarti gagal pula untuk mencapai kesuksesan karir, karena setiap harinya para pesaing Anda memperbarui kemampuan mereka.

Tidak Berani Mengambil Risiko
Setelah bekerja di dunia industri yang sama, Anda telah mempunyai pengalaman dan pelajaran yang cukup banyak dalam industri tersebut. Sehingga, ketika dihadapkan dalam suatu situasi, Anda bisa memanfaatkan pengalaman dan pemahaman yang Anda miliki untuk mengambil keputusan. Dengan begitu, Anda bisa menghindar dari rasa penyesalan yang mungkin bisa datang di masa depan.

Tidak Dapat Membuat Prioritas
Hal terpenting lainnya ketika bekerja adalah Anda harus bisa untuk membuat priority list dari project yang sedang Anda kerjakan. Fokuskan pekerjaanmu kepada project yang memiliki value tinggi. Value tersebut bisa berupa project yang membawa revenue paling tinggi dan membuat bisnis perusahaan berkembang. Pekerjaan yang bisa membawa impact besar terhadap bisnis perusahaan tentulah akan membuat lebih bersemangat untuk menyelesaikannya.

Tidak Percaya Diri
Kehilangan kepercayaan diri adalah hal yang sangat berbahaya, karena saat Anda tidak percaya diri sendiri maka rekan kerja Anda pun juga tidak percaya kepada Anda. Kehilangan kepercayaan diri? Timbulkan lagi kepercayaan diri Anda dengan mengingat pencapaian yang telah Anda raih sebelumnya. Ingatlah bahwa Anda lebih hebat dari pada pemikiran yang Anda tanamkan kepada dirimu sendiri.






Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan