Minggu, 16 Oktober 2016

MERINTIS BISNIS SAAT MASIH BEKERJA?




Kebutuhan hidup kian meningkat yang tidak diimbangi dengan peningkatan penghasilan atau kenaikkan gaji, itulah gambaran umum yang harus dihadapi oleh seorang karyawan atau pegawai.

Oleh karena itulah banyak karyawan yang berambisi untuk merintis bisnis saat masih bekerja. Namun masalahnya Anda tidak tahu bagaimana harus memulai untuk mewujudkan impian tersebut.
Baca: HOBI YANG DAPAT DIJADIKAN BISNIS
Artikel ini akan membahas tips bagaimana agar selain bisa mendapatkan gaji tetap (sebagai karyawan), Anda pun dapat menjalankan bisnis (menjadi pengusaha) sebagai penghasilan tambahan yang menjanjikan.




Berikut ini beberapa langkah mudah untuk merintis sebuah bisnis:

1.  Pikirkan pilihan dan ide
Langkah Pertama, Anda harus menuangkan ide atau gagasan bisnisnya ke dalam tulisan, hal ini mencegah banyaknya pikiran-pikiran cemerlang yang terlewatkan dan dilupakan. Selain itu, Anda dapat menambahkannya dengan cara mencari banyak referensi usaha sampingan yang disediakan di internet maupun buku.
Baca: MEMULAI BISNIS DENGAN MODAL MINIM?

2.  Tentukan tujuan
Langkah Kedua, menentukan tujuan bahwa Anda benar-benar serius untuk menjalankan bisnisnya. Tujuan yang tidak jelas dan tidak sungguh-sungguh akan mudah digoyahkan ketika Anda mengalami masa sibuk dalam bekerja. Tentukan tujuan misalnya, dalam 3 tahun Anda harus bisa membeli rumah, maka Anda akan termotivasi dan lebih semangat dalam menjalani bisnis yang akan dirintis tersebut.

3.  Tentukan waktu
Langkah Ketiga, Anda harus menentukan waktu yang luang dan waktu yang tepat untuk menjalankan bisnis tersebut. Pilih mana waktu yang efektif untuk digunakan sehingga tidak mudah berubah haluan dan menyebabkan Anda tidak konsisten dalam menjalankan bisnis.

4.  Manfaatkan teknologi
Langkah Keempat, Anda dapat memanfaatkan teknologi. Banyak teknologi yang dapat Anda gunakan untuk merintis sebuah bisnis. Contohnya adalah media sosial. Jika akun Anda belum banyak dikenal, maka bisa memasarkan bisnis ke dalam forum-forum yang ada di sebuah situs.

5.  Jangan membuang waktu
Langkah Kelima, jangan membuang waktu! Waktu adalah uang, jadi gunakan waktu seefektif mungkin agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik. Bila perlu kurangi waktu tidur Anda hingga menemukan bisnis apa yang paling menguntungkan. Selain itu, Anda juga wajib untuk mengalokasikan waktu ke dalam usaha sampingan tersebut.

6.  Lakukan yang Anda sukai
Langkah Keenam, jika Anda termasuk karyawan yang sangat sibuk, usahakan memilih bisnis yang disukai terlebih dahulu. Sebab, Anda akan menjalankannya tanpa beban dan lebih rileks untuk mengerjakannya. Misalnya Anda adalah seorang pelukis, maka tekuni hal tersebut dan pasarkan melalui media sosial.

7.  Minta pendapat keluarga atau teman
Langkah Ketujuh, keluarga dan teman adalah faktor yang mendukung sukses hidup Anda. Sebab, mereka yang mengetahui kemampuan Anda sejauh mana dalam memulai bisnis. Mereka juga bisa mencarikan solusi terbaik bagi bisnis yang ingin Anda tekuni.

8.  Tetapkan target yang realistis
Langkah Kedelapan, untuk merintis sebuah bisnis, jangan berhayal ingin cepat kaya. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah harus memiliki target yang realistis. Hal ini juga berfungsi agar Anda tidak mudah kecewa ketika harus menghadapi berbagai kendala dan rintangan dari bisnis yang dijalankan. Cobalah untuk membuat target selama 1 bulan terlebih dahulu kemudian berjenjang triwulan dan semester.

9.  Lakukan penelitian
Langkah Kesembilan, sebuah bisnis yang berkembang adalah bisnis yang bisa melihat kebutuhan masyarakat dewasa ini dan memiliki pasar yang luas. Anda lakukan penelitian mana bisnis yang prospeknya bagus, sehingga mengurangi resiko saat menjalankan bisnis tersebut.

10.      Catat setiap transaksi

Langkah Kesepuluh, ketika merintis sebuah bisnis, Anda tetap harus menjalankannya secara profesional. Caranya adalah dengan mencatat setiap penjualan, pengeluaran, dan keuntungan dalam satu buku. Hal ini juga berfungsi untuk melihat seberapa besar perkembangan bisnis Anda.

Baca: ANDA SIAP MENGHADAPI MASA PENSIUN?





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w