Minggu, 19 Juni 2016

TIPS MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI




Anda tidak perlu menjalani terapi bertahun-tahun untuk belajar meningkatkan rasa percaya diri atau meningkatkan harga diri. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah pola pikir Anda, sebagaimana dilansir dari inc.com.

Bagi kebanyakan orang, Percaya Diri (Confidence) adalah sebuah hal yang krusial untuk memperoleh kesuksesan. Tanpa rasa percaya diri yang baik, sulit rasanya Anda menggunakan dan memberdayakan talenta dan kekuatan yang dimiliki. Rasa percaya diri yang kurang akan membuat Anda menahan diri tidak berbicara, akan mencegah Anda tampil di muka umum, dan membuat bisnis hanya dalam mimpi atau angan-angan.


Anda dapat memperbaiki untuk tampil dengan rasa percaya diri lebih tinggi dengan beberapa langkah di bawah ini:.

1.  Berbicara kepada Diri Sendiri Secara Positif
Cobalah bicara pada diri sendiri secara positif, seperti dimuka cermin atau tengah merenung sendiri. Anda dapat memperbaiki percaya diri dengan belajar berbicara pada diri sendiri. Seolah tengah berkomunikasi dengan orang lain, berbicara pada diri sendiri akan mengajari Anda menjadi pribadi yang lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan, dan itulah bagian dari percaya diri.

2.  Hindari Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain
Percaya diri adalah cerminan diri Anda, bukan orang lain. Sehingga jangan pernah sekalipun Anda membandingkan diri dengan orang lain dalam memperbaiki kualitas hidup Anda. Setiap pribadi adalah unik dan mempunyai kapasitas masing-masing yang berbeda pula. Ketika Anda mulai membandingkan diri dengan orang lain, disitulah Anda akan berhenti menambah rasa percaya diri.

3.  Pahami Apa yang Anda Inginkan
Meningkatkan percaya diri dimulai dengan tahu apa yang benar-benar Anda inginkan. Ketika Anda ingin menjadi seorang penulis andal, maka Anda akan belajar menulis yang baik dan benar, bukan belajar melukis atau menyanyi. Seperti ungkapan dari Stephen Covey, Jika tangga yang Anda naiki tidak mengarah pada tembok yang benar, maka langkah-langkah Anda hanya mempercepat pada tempat yang salah”.

4.  Ketahui Kekuatan Diri Anda
Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekuatan, dan dengan modal tersebut mereka akan mampu mengejar sukses dan tujuan. Carilah kekuatan dan kelebihan yang Anda miliki, Apakah kemampuan terbaik Anda? Apakah potensi terbaik Anda?  Kelola fokus Anda pada hal-hal terbaik yang Anda miliki bukan pada hal-hal yang Anda inginkan kuasai.

5.  Eliminasi Pikiran “Jika”
Kata-kata jika, dapat membuat Anda goyah akan keyakinan. Kata-kata jika berkorelasi dengan kegagalan, kemungkinan terburuk, dan ketakutan menerima dampaknya.  ika Anda terbiasa berkata dalam pikiran, “Bagaimana Jika…” segeralah mengubah cara pandang Anda dengan ungkapan “Saya akan melakukannya…”

6.  Lupakan Menjadi Sempurna
Kebanyakan orang ingin selalu mengerjakan sesuatu hal dengan cara yang benar dan tepat, sehingga hal ini pula yang menyebabkan banyak orang tidak mau memulai melakukan sesuatu karena “takut salah”. Mereka bingung harus memulai dari mana, dengan cara pendekatan seperti apa, dan akhirnya mereka tidak melakukan tindakan apapun untuk memulai. Jangan pernah berpikir akan kesempurnaan dalam bertindak, namun lakukanlah perbaikan manakala terjadi kekurangan dan ketidaksempurnaan.

7.  Berbicaralah
Rasa percaya diri dimulai dengan keberanian Anda mengungkapkan isi hati dan buah pemikiran. Maka bicaralah, ucapkan apa yang terlintas dalam pikiran Anda, meski bukan sebuah ide yang cemerlang, namun hal tersebut sangat berarti dalam mengembangkan rasa percaya diri. Anda jangan berpikiran bahwa tidak ada orang yang akan mendengarkan, namun yakinlah bahwa akan ada orang yang mau mendengarkannya. Ketertarikan orang lebih kepada rasa percaya diri Anda dalam mengungkapkan ide dan masukan. Maka, bicaralah, meski hanya sebuah ide sederhana.

8.  Jadilah Pribadi Tangguh
Jadilah pribadi yang tahan banting, dalam artian Anda tidak cengeng menghadapi situasi dan kondisi apapun. Jangan takut dengan efek yang Anda dapatkan manakala mengambil sebuah keputusan. Jika pada akhirnya keputusan Anda adalah salah, maka ada manfaat yang dapat diambil yaitu “pengalaman” dan “pelajaran” untuk bertindak dengan cara yang berbeda hingga berhasil.

Baca: APAKAH ANDA DAPAT DIANDALKAN?





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w