Sabtu, 06 Agustus 2016

PEMIMPIN YANG MEMBAWA PERUBAHAN



Kepemimpinan adalah tentang seseorang yang bergairah terhadap perubahan yang konstan (selalu terjadi).
Menjadi seorang pemimpin besar membutuhkan usaha, refleksi, rasa kesadaran pribadi yang tinggi, dan kemauan untuk terus berkembang. Apakah Anda sedang berada dalam posisi kepemimpinan atau bercita-cita ingin menuju ke arah sana, gunakan tips berikut sebagai panduan Anda:
1. Memberi Contoh
Pemimpin yang membutuhkan tim mereka untuk bekerja berdasarkan standar, harus juga bekerja berdasarkan standar yang sama. Mengatakan tentang satu hal, namun apa yang dilakukan berbeda dengan apa yang telah dikatakan adalah kesalahan mahal yang dibuat oleh seorang pemimpin. Kredibilitas dan respek sangat dipertaruhkan.

2. Gairah
Gairah adalah kekuatan pendorong. Pemimpin harus menunjukkan bahwa mereka bergairah terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan. Hal ini akan menginspirasi orang lain khususnya anggota timnya untuk ikut bersemangat dan semangat tersebut akan diinvestasikan dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan.
3. Organisasi
Pemimpin harus mampu mengelola jutaan informasi dengan cepat dan mudah. Memiliki sistem organisasi yang tepat adalah sebuah kebutuhan. Organisasi yang solid akan membangun kepercayaan diri.
4. Mendelegasikan
Mendelegasikan adalah hal yang sulit bagi kebanyakan orang karena mereka takut kehilangan kontrol, tetapi delegasi mungkin adalah salah satu hal terbaik yang seorang pemimpin bisa lakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan pengembangan. Delegasi memungkinkan untuk pertumbuhan bagi kedua belah pihak; pemimpin dapat menghabiskan upaya mereka pada proyek-proyek organisasi dengan cakupan yang lebih luas sementara timnya dapat membangun keahlian mereka dengan mengambil tantangan baru sesuai delegasi yang diberikan.

5. Tanggung Jawab
Berhasil menyelesaikan tugas yang didelegasikan akan memunculkan pujian orang-orang kepada siapa tugas itu didelegasikan. Sebaliknya, ketidakberhasilan tugas bukan dibebankan pada satu individu. Pada akhirnya, seorang pemimpin bertanggung jawab atas hasil buruk yang didapat sebagaimana juga hasil yang baik dari proyek-proyeknya.
6. Komunikasi
Bertele-tele dan retorika adalah untuk politisi. Pemimpin organisasi harus fokus pada komunikasi yang ringkas dan efektif, yang langsung pada titik permasalahan.
7. Keberanian
Pemimpin harus memiliki keberanian, tidak pernah menghindar dari rintangan dan datang dengan segala cara untuk menaklukkan rintangan tersebut. Tidak pernah menutup-nutupi situasi. Jika masa depan adalah suram, beritahu kepada mereka yang sebenarnya, namun setelah itu diskusikan solusi-solusi untuk mengatasinya.

8. Mendengarkan
Orang akan lebih responsif terhadap seorang pemimpin jika mereka percaya bahwa mereka sedang didengarkan. Jadi dengarkan, pahami, dan kemudian bertindak atas apa yang telah dipelajari.
9. Kerjasama
Menciptakan hubungan kerja yang sehat akan membangun organisasi yang sehat juga. Mereka tetap adalah manusia, yang memiliki kehidupan dan kepentingan pribadi di luar sana. Mengetahui orang-orang Anda, kebutuhan mereka, gaya komunikasi mereka, dan tujuan mereka akan meningkatkan efektifitas tim Anda.
10 . Rendah hati
Sebelum Anda dapat memimpin, Anda harus tahu bagaimana menjadi yang dipimpin. Jadilah rendah hati, menempatkan orang lain sebelum diri sendiri dan memberikan penghargaan dan pengakuan ketika mereka layak mendapatkannya.
Semoga tips kepemimpinan singkat ini menambah wawasan dan bisa diterapkan dalam membangun tim Anda.

Baca: SEGALA SESUATU TERGANTUNG PADA KEPEMIMPINAN!



Salam Sejahtera & Sukses Selalu!

Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w