Pasti
ada satu alasan mengapa banyak orang sering berhenti menyelesaikan suatu proyek
atau tugas mereka, entah itu tugas kecil atau besar, pada titik-titik tertentu.
Mungkin mereka merasa tugasnya sangat menumpuk atau sangat sulit untuk
dikerjakan sehingga mereka frustasi dan stres. Akhirnya mereka berhenti
mengerjakannya atau setidaknya mereka berpikir untuk berhenti.
Saat mereka frustasi, otomatis akan tercipta suatu
penghalang dalam diri mereka yang menyebabkan motivasi mereka untuk tetap
melanjutkan pekerjaan terganggu. Antusiasme mereka yang tinggi saat mereka
melakukan tugas tersebut pertama kali akan turun dengan sangat drastis dan
kemungkinan mereka berhenti menyelesaikan tugas di tengah jalan sangatlah
besar.
Apakah yang biasanya mereka sering lakukan di saat seperti
itu?
Mereka akan berjalan dengan menyeret kakinya, membuat kopi
dan ketika bertemu dengan seseorang yang ‘tepat’, mereka akan menghabiskan
beberapa menit untuk melakukan pembicaraan satu arah, mengeluh tentang proyek
atau tugas yang sedang mereka kerjakan. Mungkin secara tidak sadar Anda pernah
mengalaminya.
Ketika mereka telah selesai mengeluh, mereka segera
kembali pada tugasnya dan berpikir dengan penuh keraguan dan kebencian,
bagaimana mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka tersebut.
Daripada Anda jatuh pada keadaan yang lebih sulit lagi dan
menambah frustasi Anda, saya akan mencoba berbagi 5 cara bagaimana Anda tetap
produktif dan termotivasi untuk menyelesaikan apa yang telah Anda mulai serta
antusias terhadap apa yang Anda kerjakan:
1. Pecahlah tugas Anda menjadi beberapa bagian kecil
Anda hanya perlu membagi tugas Anda (break down)
menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih terkendali. Sebagai contoh:
Anda memiliki target pribadi untuk membuka sebuah usaha. Jika yang terpikirkan
oleh Anda hanya membuka tempat usaha dengan segera, maka Anda bisa-bisa
frustasi di tengah jalan. Yang perlu Anda lakukan adalah membagi tugas Anda
tersebut menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, seperti : survei lokasi, mencari
supplier, mengurus perijinan, mencari pegawai, membeli perlengkapan usaha dan
melakukan aktivitas promosi. Bukankah terlihat menjadi lebih mudah?
Dengan membagi tugas Anda menjadi tugas-tugas yang lebih
kecil, akan membuat pekerjaan Anda juga menjadi tidak membosankan. Ketika Anda
berhasil menyelesaikan satu tugas kecil, Anda akan merasa terpuaskan dan
gembira. Secara psikologi ini merupakan modal berharga untuk melangkah ke tugas
kecil berikutnya.
Tetapi sebelum Anda melanjutkan ke tugas berikutnya, ada
baiknya Anda memberikan penghargaan untuk diri Anda sendiri, misalkan membeli
secangkir kopi starbucks atau apapun yang bisa memanjakan Anda untuk merayakan
pencapaian yang telah Anda lakukan.
Ketika perayaan tersebut berakhir, kembalilah pada
pekerjaan Anda dan mulai melakukan tugas kecil Anda berikutnya. Saya yakin mood
Anda saat itu akan sangat berbeda. Anda akan lebih produktif dan lebih
termotivasi dalam bekerja. Di satu sisi Anda akan berusaha mencari lagi
penghargaan-penghargaan berikutnya.
2. Manfaatkan efek bola salju
Coba Anda temukan bagian dari tugas Anda yang yang paling
menyenangkan dan mulailah dari sana. Anda akan dengan mudah dan cepat
menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mungkin Anda pernah mendengar tips
mengerjakan soal ujian : mulailah dari yang mudah terlebih dahulu, tinggalkan
dulu yang soal-soal yang sulit. Jika Anda hanya berkutat pada soal yang sulit,
Anda akan stress dan kehabisan waktu, sementara masih banyak soal yang belum
dikerjakan. Prinsip ini pun sama digunakan dalam menyelesaikan tugas atau proyek
Anda.
Ketika Anda selesai mengerjakan bagian dari tugas yang
menyenangkan, secara tidak sadar Anda telah selangkah lebih maju menuju
penyelesaian tugas atau proyek Anda. Hal ini tentu saja akan meningkatkan rasa
percaya diri dan motivasi Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya yang
lebih sulit. Ketika Anda berhasil kembali menyelesaikan, rasa percaya diri Anda
semakin tinggi lagi. Inilah yang disebut efek bola salju.
3.
Hindari mengerjakan banyak tugas sekaligus.
Beberapa orang memiliki sifat ingin cepat menyelesaikan
pekerjaannya. Sifat ini sebetulnya baik, namun yang kurang baik adalah jika hal
itu dipraktekkan dengan melakukan banyak tugas secara serentak. Saya pun dulu
suka melakukan kebiasaan yang kurang baik seperti ini. Akhirnya tidak ada pekerjaan
yang terselesaikan, justru memakan waktu yang lebih lama. Rasa-rasanya superman
pun tidak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan sekaligus.
Fokuslah pada apa yang sudah ada di depan mata Anda.
Selesaikan tugas Anda satu per satu. Saya jamin Anda akan lebih produktif,
tingkat motivasi Anda akan terus meningkat (seperti telah saya sampaikan pada
point 1 dan 2), serta Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.
4.
Beristirahat dan bersenang-senanglah
Ada satu saat dimana motivasi Anda menurun dan Anda merasa
tidak bersemangat. Mungkin Anda telah melalui hari-hari yang panjang dan
melelahkan, atau tugas yang tersisa begitu beratnya untuk diselesaikan dan
memakan waktu yang sangat banyak. Anda bukanlah robot, oleh karenanya saya
sangat menyarankan Anda untuk meninggalkan pekerjaan sementara waktu.
Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan, seperti menonton
bioskop, pergi ke restoran favorit, chatting, atau berkumpul bersama dengan
sahabat-sahabat Anda.
Tujuannya disini adalah mengalihkan perhatian Anda dari
tugas-tugas Anda serta mengurangi stress/frustasi yang Anda rasakan. Jadi
ketika Anda melakukan hal-hal yang menyenangkan tersebut, jangan terpikirkan
mengenai tugas-tugas yang belum terselesaikan. Betul-betul lupakan total!
Ketika Anda kembali pada tugas Anda, saya yakin Anda akan lebih santai, segar
dan termotivasi untuk melanjutkan.
5. Beristirahatlah sejenak
Beristirahat lagi? Ya, namun kali ini adalah istirahat
sejenak. Setelah Anda bekerja selama 40-45 menit, ambillah break ringan selama
3-5 menit. Disarankan Anda sedikit menjauh dari area kerja Anda.
Penelitian mengatakan bahwa setelah Anda bekerja selama
40-45 menit, otak Anda cenderung lelah atau melambat. Mungkin kondisinya tidak
memungkinkan Anda untuk menunda atau meninggalkan pekerjaan. Namun intinya
adalah ketika Anda merasa sangat lelah atau Anda sudah tidak dapat fokus lagi,
beristirahatlah sejenak. Lakukan peregangan, minum segelas air putih, atau
berjalan-jalan mencari udara segar. Anda akan mendapatkan energi tambahan
secara instan, sehingga Anda akan termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan
kembali pekerjaan Anda.
Jadikanlah 5 hal ini menjadi bagian dalam hidup Anda. Jika
Anda dapat melakukannya secara konsisten, saya rasa Anda akan lebih produktif,
lebih antusias, lebih termotivasi dan memiliki rasa kepuasan diri yang tinggi.
Baca: SOFT SKILL vs HARD SKILL
Baca: SOFT SKILL vs HARD SKILL
Salam Sejahtera & Sukses Selalu!
Drs. Johanes Budi Walujo
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan