Sabtu, 18 Februari 2017

TRAINING BERDAMPAK POSITIF BAGI PERUSAHAAN




Dalam dunia bisnis kita sering mendengar tentang aset perusahaan. Aset perusahaan adalah segala sumber daya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan.
Sumber daya sebagai aset ini harus selalu dirawat dan dijaga agar selalu berfungsi dengan baik dan tidak rusak. Dalam bisnis, sumber daya dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya barang dan sumber daya manusia (SDM). Sumber daya barang akan dengan mudah dirawat seperti dilakukan penggantian atau perbaikan jika rusak.

Namun bagaimana cara kita merawat dan memelihara sumber daya manusia? Selain memberikan kesejahteraan yang baik serta jaminan kesehatan yang memadai, SDM juga harus selalu dirawat agar tetap berfungsi dengan maksimal.

Caranya adalah dengan memberikan training berkala yang bisa membantu meningkatkan produktivitas karyawan serta bisa meningkatkan profesionalitas kerja.
Baca: TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN

Dalam bisnis kita mengenal yang namanya investasi. Investasi adalah pengeluaran perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan feedback berupa keuntungan atau profit. Dalam memelihara SDM ini perusahaan juga dituntut untuk mengeluarkan investasi demi kesejahteraan karyawan sehingga mereka bisa bekerja dengan perasaan yang tenang dan senang.

Selain investasi kesejahteraan, perusahaan juga harus mendorong karyawan agar selalu menunjukkan performa yang maksimal dalam bekerja. Caranya adalah dengan melakukan investasi pada pelatihan.

Pelatihan atau training sangat penting untuk memberikan kesempatan bagi para karyawan agar bisa belajar hal baru, mengembangkan potensi diri mereka, dan untuk memacu semangat bekerja.
Baca: KENAPA DIPERLUKAN TRAINING SDM?


Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dipetik oleh perusahaan dari penyelengaraan training karyawan:
  1. Dalam tahap awal atau rekrutmen, training bisa sangat berguna untuk mengenalkan karyawan baru pada perusahaan dimana mereka akan bergabung. Sudah menjadi sifat dasar manusia untuk selalu menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Biasanya penyesuaian diri ini membutuhkan waktu. Training dapat berfungsi untuk mempercepat proses adaptasi karyawan dengan lingkungan kerja baru mereka. Di samping itu training rekrutmen juga bermanfaat untuk mempersiapkan karyawan baru sehingga mereka bisa mengetahui dengan pasti apa tugas dan kewajiban kerjanya.
  2. Salah satu materi training yang sedang populer saat ini adalah training motivasi. Manusia merupakan makhluk berkesadaran yang membutuhkan dorongan dalam hidupnya. Jika Anda bekerja selama minimal 8 jam sehari dalam seminggu di ruangan kantor yang sama dengan orang-orang yang sama tentunya Anda akan merasakan kejenuhan yang luar biasa setelah beberapa tahun bekerja. Kejenuhan dan rasa bosan bisa menyebabkan produktivitas yang menurun serta disiplin yang mulai berkurang. Training motivasi bisa membantu mengembalikan semangat kerja karyawan agar kembali segar sehingga bisa berkontribusi dengan lebih baik bagi perusahaan.
  3. Sebuah perusahaan biasanya terdiri dari beberapa bagian dimana masing-masing bagian memiliki karyawan dengan kecakapan atau skill yang spesifik. Contohnya karyawan di bagian keuangan tentunya dituntut untuk menguasai skill manajemen keuangan dan akuntansi yang baik. Seiring dengan kemajuan jaman, skill dan kemampuan dalam suatu bidang dapat terus ditingkatkan dan diperbaharui. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan skill karyawan adalah melalui pelatihan. Training bisa membantu karyawan dalam memperbaharui keahliannya sehingga bisa dipraktekkan di perusahaan. Keahlian atau skill baru dari karyawan yang sudah menjalani training ini tentunya akan sangat berguna bagi perusahaan. Contohnya adalah seorang manajer bisa mendapatkan skill atau pengetahuan baru mengenai cara-cara mengatur dan menjalin kerjasama yang baik dengan karyawan melalui training sehingga ketika diterapkan di perusahaan, manajemen perusahaan akan membaik.
  4. Dalam setiap perusahaan pastinya ada beberapa divisi atau bagian yang dipimpin oleh masing-masing kepala divisi. Tugas dari kepala divisi adalah untuk memastikan bahwa divisi yang dipimpinnya menjalankan tugasnya dengan baik. Untuk menjamin agar sebuah divisi bisa berfungsi dan berkontribusi dengan baik bagi perusahaan, dibutuhkan pemimpin yang baik dan memiliki kompetensi yang tinggi. Melalui pelatihan kepemimpinan, sebuah perusahaan bisa mencetak pemimpin-pemimpin yang berkompetensi dan nantinya akan mampu membawahi anak buahnya dengan baik. Training kepemimpinan ini biasanya merupakan pelatihan yang harus dilalui oleh karyawan yang baru saja mendapatkan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai kepala divisi, direktur, atau kepala cabang.
  5. Manusia selalu membutuhkan hal-hal baru yang bisa menyegarkan pikiran mereka. Training atau pelatihan akan membantu karyawan dalam menggali ilmu-ilmu baru dan membantu mereka dalam menyegarkan pikiran dengan ide-ide yang segar mengenai pekerjaan mereka.
Dengan demikian sudah jelas bahwa training sangat dibutuhkan bagi setiap perusahaan. Bahkan tidak hanya perusahaan saja yang membutuhkan training-training khusus ini, namun juga berbagai organisasi tertentu hingga instansi-instansi pemerintahan.

Kesimpulannya adalah training dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi sebuah perusahaan jika dilaksanakan dengan benar dan dilakukan oleh trainer yang professional.





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan