Minggu, 05 Februari 2017

KENAPA HARUS MENGASAH SOFT SKILLS?




APA MANFAAT SOFT SKILLS BAGI ANDA?

Apapun jenis pekerjaan atau jabatan Anda selalu memerlukan sebuah keterampilan sehingga dapat membantu dan mempermudah Anda untuk mengerjakannya, mencapai target yang sudah ditetapkan, dan meraih tujuan yang telah dicanangkan sebelumnyaContoh, seorang fotografer tentu perlu paham berbagai jenis lensa kamera, jenis lampu, tata cahaya dan lainnya. Keterampilan ini dikenal dengan Keterampilan Teknis (Hard Skills) yang dapat Anda peroleh dengan belajar dan berlatih dalam program pendidikan khusus.

Dalam perkembangan berbagai jenis pekerjaan yang melibatkan banyak orang dengan kemampuan dan keterampilan yang berbeda-beda, maka Anda harus ditunjang dengan keterampilan lain yang dikenal dengan sebutan Soft Skills (Keterampilan Non Teknis), keterampilan yang sangat terkait dengan sikap dan perilaku Anda menghadapi orang lain untuk membantu pekerjaan Anda, dan membuat Anda mampu meraih sukses.


APA ITU SOFT SKILLS?

Soft Skills adalah sikap, perilaku atau karakter individu yang ada dalam diri masing-masing. Lebih condongnya pengertian soft skills adalah sikap dan kebiasaan Anda dalam berinteraksi dengan orang lain. Soft skills tidak terlihat kasat mata dibandingkan kemampuan teknis, dan untuk memperolehnya Anda tidak serta merta harus mengikuti sebuah kelas pelatihan. Anda dapat memperoleh soft skills melalui pengalaman di sekolah atau kampus, pengalaman hidup dan masa lalu, atau pengalaman dalam dunia kerja yang sedang dilakoni. Pengalaman tersebut merupakan sebuah pembelajaran sangat berharga sehingga Anda dapat menjalani peran sebagai seorang professional yang tidak hanya andal dalam urusan teknis, namun juga lihai dalam berhubungan dengan orang lain.


BERIKUT INI BEBERAPA CONTOH SOFT SKILLS:

1.  Communication Skills
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda dalam mengolah informasi baik secara lisan ataupun tulisan dengan akurat. Selain itu, mereka dengan keterampilan komunikasi mampu memberikan informasi sebaliknya secara tepat dan akurat, dan dapat diterima serta dicerna dengan mudah oleh orang lain.

2.  Interpersonal Skills
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda dalam berhubungan baik dengan lawan bicara atau orang lain. Anda adalah seorang pendengar yang baik, dan tidak mudah menghakimi orang lain, suka berbagi ide dan masukan. Sebagai seorang yang mempunyai interpersonal skills Anda akan menjadi partner yang selalu siap sedia manakala rekan kerja membutuhkan Anda.

3.  Problem Solving & Critical Thinking
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda dalam menganalisa dan mengidentifikasikan sebuah masalah serta memberikan berbagai kemungkinan penyelesaiannya (solusi). Menggunakan nalar yang logis adalah kemampuan dalam Problem Solving, sehingga pendekatan masalah akan mudah terselesaikan secara efektif dan efisien.

4.  Active Listening
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda dalam mengelola diri sendiri untuk mau mendengarkan orang lain, dan mengambil manfaat dari pendapat atau masukan lawan bicara. Melakukan interupsi hanya jika memang harus dilakukan, bukan sekedar ingin tampak bersuara atau tampak aktif. Mendengarkan adalah kemampuan non teknis yang cukup krusial untuk memperoleh informasi lengkap agar tidak salah persepsi.

5.  Active Learning
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda yang terus mau menambah ilmu dan wawasan terlebih jika terkait dengan pekerjaanya. Aktif membaca dan belajar hal baru yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan karir Anda merupakan salah satu soft skills yang patut dilatih.

6.  Organizational Skills
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda melakukan pendekatan yang sistematis dalam pembagian tugas dan wewenang kepada setiap individu yang terlibat. Organizational Skills merupakan kemampuan Anda melihat the right man at the right place.

7.  Time Management Skills
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda dalam mengelola waktu sendiri sehingga setiap tugas dapat terselesaikan sesuai jadwal yang telah dibuat diawal. Mampu menentukan prioritas kerja sehingga tidak ada tugas yang tertunda atau bahkan tertinggal.

8.  Team Player
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda dalam bekerja sama orang lain, saling mendukung dan saling memperkuat, sehingga akan terjadi sinergi dan hasil maksimal. Mau bekerja sama dengan siapapun, mampu menjadi pemimpin dan sekaligus menjadi pengikut sebagaimana situasi yang ada. Berbagi tanggungjawab dengan anggota tim, dan menerima apresiasi saat sukses atau tanggungjawab saat gagal.

9.  Professionalism
Keterampilan ini adalah karakter yang sulit didefinisikan, namun sangat mudah terlihat manakala Anda tidak menjalankannya. Seorang yang rajin datang pagi ke kantor dan pulang sore sesuai aturan jam kerja sudah memenuhi kriteria professional, namun jika dalam pekerjaannya dia tidak pernah memenuhi deadline, timeline atau target, maka bisa jadi dia tidak professional. Professional dapat bersifat subyektif tergantung sejauh mana ekspektasi masing-masing, antara bawahan dan atasan. Tetapi secara umum dapat didefinisikan bahwa professional adalah orang yang selalu tepat waktu, sopan dan santun, menyenangkan, berpakaian formal dan pantas serta bertanggung jawab dengan tugas dan kewajibannya.

10.  Flexibility & Adaptability
Keterampilan ini adalah kemampuan Anda beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Lingkungan kerja saat ini atau pun lingkungan kerja baru. Reaksi dan respon Anda terhadap sekitar menjadi poin penting dalam pengembangan karir dan diri Anda. Semakin andal Anda dalam mengelola softskills akan semakin tinggi potensi keberhasilan Anda dalam karir.


Tidak hanya hard skill yang utama, namun soft skill sudah menjadi sebuah keharusan untuk berkarir. Pekerjaan Anda akan melibatkan banyak orang dengan banyak kompetensi, sehingga semakin andal Anda dalam berhubungan baik kepada orang lain, dengan berlatih soft skills, akan semakin cepat pula progress karir Anda.

Baca: SOFT SKILL vs HARD SKILL





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
PT. Berkat Akur Nanjaya

HP: 08112332777
WA/Line: 081919132777
Twitter: @johanesbudi_w
Website: https://www.berkatakurnanjaya.com/