Minggu, 20 November 2016

INGIN BERALIH MENJADI PENGUSAHA?




Hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan boleh jadi tidak cukup untuk menutupi segala kebutuhan Anda. Hal ini dimungkinkan terjadi akibat harga kebutuhan pokok yang terus meningkat, belum lagi impian Anda untuk memiliki sebuah rumah tangga yang baru. Anda akan berpindah pekerjaan ke perusahaan lain untuk mencari gaji yang lebih bagus. Namun demikian, hal ini bukanlah alternatif terbaik yang bisa Anda peroleh, karena Anda harus beradaptasi lagi dengan lingkungan yang baru, dan kemungkinan penempatan kerja di luar kota.

Merintis sebuah bisnis adalah jawaban yang lebih tepat untuk mencukupi kebutuhan Anda. Anda dapat memperoleh penghasilan yang tidak terbatas, dan tetap beraktivitas di kota tempat tinggal. Namun pada umumnya seorang karyawan harus menghadapi beberapa kendala ketika akan memulai sebuah bisnis.


Berikut adalah beberapa tips yang ditawarkan dari laman Entrepreneur.com:

1.  Anda siap untuk memulai semuanya dari awal
Untuk merintis sebuah bisnis, tidak ada cara lain selain memulainya dari awal. Jangan pernah berpikir bahwa Anda bukan orang yang tepat untuk menjalankan bisnis. Hal ini tentu akan menghambat Anda. Yakinkan diri Anda bahwa sesuatu akan selalu dimulai dengan langkah pertama, sebelum Anda mampu berjalan dan berlari.

2.  Ketahui apa yang ingin Anda lakukan
Sebuah bisnis yang kuat tentu harus memiliki pondasi yang kuat juga. Hal tersebut dapat Anda temui dengan cara bertanya terhadap diri sendiri apa tujuan yang sebenarnya ingin Anda capai. Tujuan membantu Anda dalam menghadapi berbagai hambatan yang akan terjadi ketika memulai usaha. Ingat bahwa persaingan usaha sejatinya lebih keras daripada persaingan karyawan di lingkup perusahaan.

3.  Mencari mentor yang tepat
Saat Anda benar-benar ingin memulai sebuah usaha, pastikan Anda juga telah belajar dan mengambil banyak pengetahuan dan pengalaman dari mentor yang tepat. Seorang mentor akan membantu Anda dalam merintis usaha dan mengembangkannya menjadi penghasilan utama Anda. Pastikan bahwa mentor tersebut adalah orang yang memang berpengalaman.

4.  Bekerja efektif dan efisien
Waktu yang dimiliki oleh setiap orang adalah sama 24 jam seharinya, tetapi hanya ada beberapa orang yang sukses dalam menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan mereka pandai dalam mengatur waktu sehingga pekerjaan yang dilakukan menjadi efektif dan efisien. Tidak perlu bekerja seharian penuh, tetapi manfaatkan waktu yang ada dengan baik untuk menghasilkan uang.

5.  Mengetahui waktu yang tepat
Jika Anda masih memilih untuk tetap melakukan pekerjaan lama Anda sambil berbisnis, tentu tidak masalah. Namun ingat bahwa beberapa bisnis besar hanya bisa dikerjakan secara fokus dan menuntut Anda untuk keluar dari pekerjaan tersebut. Jika memang bisnis yang telah dikembangkan memiliki hasil yang menjanjikan tidak masalah bagi Anda untuk selanjutnya meninggalkan pekerjaan lama dan fokus terhadap dunia bisnis.







Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan