Minggu, 14 Desember 2014

APA ITU SELF TALK?




Sadarkah Anda bahwa banyak sekali hal yang Anda alami maupun Anda lakukan, dipengaruhi cara Anda melakukan self talk Anda...

Apakah ‘Self Talk’ itu?
Self talk berarti percakapan yang Anda lakukan dengan diri Anda sendiri. Perhatikanlah, hampir setiap saat dan setiap waktu, jika Anda sadari, Anda berbicara pada diri Anda sendiri. Dalam hal ini, yang perlu Anda ingat adalah bukan situasi atau kejadian penting, tetapi yang terpenting adalah self talk Anda pada diri sendiri.

Sebagai contoh, seseorang sedang memuji Anda.
Mungkin self talk Anda berkata: “Ssttt…, orang itu hanya mau menyenangkan hatimu aja kok!” Akibatnya, pujian yang diberikan oleh orang tersebut menjadi tidak ada artinya, sebab sudah Anda ‘mentah’-kan dengan self talk Anda sendiri.

Sebaliknya, hal yang berbeda bisa terjadi, ketika seseorang mencela Anda dan berkata, “Presentasimu adalah presentasi terburuk yang pernah saya dengar!”
Tetapi, bisa saja self talk Anda berkata: “Tidak apa-apa, biarkan saja dia bicara seperti itu, yang penting kamu sudah berusaha. Cepat atau lambat, kamu pasti bisa menjadi presenter yang sukses!”

Nahh…, dengan demikian, maka self talk Anda justru mendukung Anda meskipun lingkungan Anda negatif. Mulai sekarang, Anda harus waspada dengan self talk Anda sendiri, karena itulah yang akan menentukan bagaimana Anda bertindak.

Baca: ANDA ADALAH APA YANG ANDA PIKIRKAN

Bagaimana cara Anda mengendalikan self talk Anda?
Seorang terapis di AS bernama Tony Schirtzinger memperkenalkan Self Talk Therapy. Beginilah langkah-langkahnya:
Pertama, dimulai dengan lebih sadar akan apa yang terjadi. Misal, saat Anda gagal mendapatkan sebuah tender, bagaimanakah self talk yang Anda katakan pada diri Anda? Misalnya, ternyata Anda mendengar Anda sendiri berkata: “Bodoh. Memang saya nggak pernah sukses!”

Kedua, pikirkan dari manakah self talk itu berasal? Bisa jadi Anda baru menyadarinya bahwa self talk itu berasal dari pengalaman masa lalu ketika Anda ikut lomba dan kalah, orang tua Anda mengatakan hal tersebut.
Ketiga, ubahkah. Sekarang, katakanlah pada diri Anda suatu kalimat yang lebih memberdayakan. Misalnya, “Baiklah, kali ini kamu nggak berhasil, tapi itu bukan berarti kamu bodoh, mungkin ada kesalahan yang perlu kamu perbaiki. Ayo, besok-besok tunjukkanlah prestasi yang lebih baik.”

Keempat, cobalah sadari perasaan Anda yang baru dengan pikiran yang lebih positif tersebut. Di sini, biasanya Anda sudah mulai akan merasakan sesuatu yang berbeda.
Kelima, pikirkanlah apakah Anda akan mengubahnya lagi menjadi semakin baik. Jika demikian, maka dibutuhkan self talk tambahan lagi yang semakin memberdayakan Anda.
Keenam, komitmen pada diri Anda apa yang akan Anda katakan di masa depan.

Jadilah terapis untuk diri Anda sendiri dengan menggunakan self talk!





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan