Rabu, 27 April 2016

TEMAN YANG MENDUKUNG KESUKSESAN ANDA



Semua orang tentu menginginkan kesuksesan di dalam hidupnya, namun lebih banyak orang yang belum menemukan bagaimana caranya bisa sukses daripada orang yang dapat meraih sukses.

Beberapa orang telah bekerja keras dan berhasil, namun dengan cara yang hampir sama, dan beberapa orang yang lainnya masih belum menemukan kesuksesan itu. Ada juga orang-orang yang sepertinya tidak perlu bekerja keras tapi bisa juga berhasil, dan yang lebih banyak lagi adalah mereka yang tidak bekerja keras dan gagal.

Apa sih formula yang cespleng untuk meraih sukses?

Ada banyak buku ditulis oleh orang-orang yang telah meraih sukses, buku-buku tersebut bisa dijadikan inspirasi atau petunjuk untuk melangkah, namun ternyata banyak sekali versi untuk dapat meraih sukses.
Beberapa penulis buku favorite saya adalah Jim Dornan dan John C. Maxwell, salah satu buku bagus yang mereka tulis bersama adalah buku berjudul Strategi Menuju Sukses, dan masih banyak lagi buku yang mereka tulis.

Dari beberapa bukunya mereka memberikan formula yang sederhana yang lebih tepatnya merupakan mekanisme yang berurutan untuk meraih sukses, sebagai berikut:

PIKIRAN ANDA  =>  PERKATAAN
PERKATAAN  
=>
  TINDAKAN
TINDAKAN
  =>  KEBIASAAN
KEBIASAAN
  =>  KARAKTER
KARAKTER
 =>  KESUKSESAN HIDUP ANDA

Dari gambaran di atas dapat disimpulkan bahwa semuanya dimulai dari sebuah PIKIRAN, kemudian pikiran tersebut akan tergambar menjadi PERKATAAN, dan kemudian semua perkataan kita akan dimanifestasikan ke dalam TINDAKAN, tindakan yang berulang-ulang akan membentuk suatu KEBIASAAN, dan kemudian secara otomatis kebiasaan tadi akan membangun KARAKTER, sehingga pada akhirnya karakter itulah yang akan menentukan nasib KESUKSESAN seseorang.

Jadi jika kita mempunyai masalah untuk meraih kesuksesan, maka pada ujungnya kita harus membereskan PIKIRAN kita. Boleh jadi ada yang salah dengan apa yang kita pikirkan. Formula ini sudah terbukti kehandalannya, ini bisa dilihat dari banyaknya buku-buku lain yang khusus membahas tentang cara berpikir yang benar.

Namun seiring dengan formula tadi, saya ingin menambahkan bahwa:
·       Tidak semua orang mampu berpikir sendiri secara benar
·       Tidak semua orang mampu mengkoreksi pikirannya sendiri dengan baik
·       Tidak semua orang mampu mendeteksi di bagian mana pikirannya yang kurang benar
·       Tidak semua orang mampu mendiagnosis pikirannya yang salah
·       Tidak semua orang mampu mengendalikan emosinya.


Dan bagi orang-orang yang tidak suka membaca buku, mereka tidak pernah mengenal siapa itu Jim Dornan dan John C. Maxwell, bagaimana mungkin mereka bisa memahami hal ini?

Untuk itu saya akan menambahkan formula tadi dengan unsur TEMAN sebelum PIKIRAN…

TEMAN ANDA  =>  PIKIRAN
PIKIRAN
 =>  PERKATAAN
PERKATAAN
 =>  TINDAKAN
TINDAKAN
 =>  KEBIASAAN
KEBIASAAN
 =>  KARAKTER
KARAKTER
 =>  KESUKSESAN HIDUP ANDA

Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang pikirannya sangat dipengaruhi dan dibentuk oleh teman-teman dan lingkungan yang ada di sekitarnya, terutama teman-teman yang paling dekat sepanjang kehidupannya.

Banyak saya menjumpai orang-orang yang memiliki kemampuan dan sangat potensial yang seharusnya hidupnya bisa sukses, tetapi akibat bergaul dengan TEMAN-TEMAN tertentu yang salah, kehidupannya menjadi susah, jauh dari kesuksesan.
Jika ditinjau dari formula di atas, dapat dipastikan bahwa di bagian PIKIRAN nya tidak beres, PIKIRAN salah akibat dari bergaul dengan TEMAN yang pikirannya salah.
Orang bijak berkata bahwa memilih teman itu seperti menyuntik/ memasukkan sesuatu ke dalam tubuh kita, oleh karena itulah keadaan tubuh kita sangat bergantung dari apa yang masuk ke dalam tubuh kita.




Mari kita kategorikan 4 macam yang masuk ke dalam tubuh kita:

1. OBAT
Jika kita memasukkan OBAT ke dalam tubuh kita, mungkin rasanya pahit, tidak enak, namun dapat dipastikan bahwa OBAT tersebut akan menyembuhkan penyakit yang ada di dalam tubuh kita. TEMAN yang seperti ini sangat diperlukan di dalam kehidupan kita, dia berani mengkritik, memberi saran yang kadang terasa pahit, tapi ketika kita sedang mengalami kegagalan TEMAN seperti ini sangat berguna.

2. VITAMIN
Jika yang masuk VITAMIN, maka akan menyegarkan tubuh, menjaga kebugaran dan stamina tubuh kita. TEMAN yang seperti ini selalu memberi semangat, motivasi dan sering mencarikan inspirasi-inspirasi yang mendukung kesuksesan hidup kita.

3. NARKOBA
Jika yang kita suntikkan ke dalam tubuh kita semacam NARKOBA, maka secara perlahan dan sistematis akan merusak semua sel, metabolisme dan kesatuan tubuh kita. Mungkin efeknya tidak akan langsung kita terima, tetapi pasti walaupun lambat akan merusak kehidupan kita. Ada banyak TEMAN yang seperti ini disekitar kita, mereka akrab, menyenangkan, perhatian, tanpa kritik, tetapi secara jangka panjang merekalah yang menjauhkan kita dari kesuksesan.

4. RACUN
Sudah dapat dipastikan jika RACUN yang kita suntikkan ke dalam tubuh kita, secara cepat kita akan tewas. Demikian juga dengan TEMAN-TEMAN yang sudah terlanjur salah didik, salah pergaulan, itu ibarat RACUN.
Jika Anda setuju dengan pendapat saya ini, berarti yang paling krusial untuk dapat meraih kesuksesan adalah TEMAN. Dengan siapa kita bergaul sangat menentukan mau jadi apa kita nantinya, dan bagaimana masa depan hidup kita?

Bagaimana jadinya jika kita memakai NARKOBA setiap hari, tetapi banyak sekali orang yang benar-benar tidak menyadari bahwa bergaul dengan TEMAN yang salah bisa mendapatkan efek seperti NARKOBA itu.
Secara perlahan dan pasti kita makin jauh dari kesuksesan, setiap hari memasukkan hal yang keliru ke dalam PIKIRAN kita, lalu PERKATAAN kita secara tidak sengaja sudah mulai terinfeksi, kemudian TINDAKAN kita mencari pembenaran yang mulai melenceng, terus KEBIASAAN yang salah kita jadikan lumrah, dan seiring dengan berjalannya waktu KARAKTER kegagalan kita mulai terbentuk, sehingga NASIB baik menjauh dari kehidupan kita.

Sekarang, kita harus melakukan audit TEMAN-TEMAN yang berada di sekeliling kita, terutama teman-teman dimana sebagian besar dari waktu kita bersama mereka.

Hindarilah orang-orang yang bersifat NARKOBA dan RACUN, bertemanlah dengan orang-orang yang dapat memberikan VITAMIN dan OBAT.

Baca: SOFT SKILL vs HARD SKILL





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan