Rabu, 06 Januari 2016

APA PILIHAN HIDUP ANDA?



Hampir semua orang ingin sukses, punya impian untuk berprestasi dalam hidupnya atau memiliki sesuatu yang berharga bagi dirinya, tapi hanya sedikit yang berhasil dalam mewujudkan mimpinya tersebut. Sebagian besar hanya “berkhayal”, menjalani hidup apa adanya, yang biasa-biasa saja, dan begitu monoton serta membosankan. Faktanya, lebih dari 70% orang (7 di antara 10 orang) gagal dalam meraih impian hidupnya.

Kenapa begitu? Karena untuk kebanyakan orang, masa depan tampak begitu buram? Salah satu pemicunya adalah karena mereka lupa merumuskan life goals – target hidupnya secara jelas dan spesifik.
Baca: MERUBAH HIDUP MENJADI LEBIH BAIK


Berikut ini saya coba memberikan gambaran pentingnya menyusun life goals yang jelas dan spesifik:

#1 – Goal menentukan arah hidup kita.
Banyak orang yang “terjebak” dalam kehidupan kesehariannya, tidak bertumbuh, karena tidak memiliki goal yang jelas dan spesifik. Menjalani kehidupan yang tanpa arah dan tujuan, bagaikan sebuah kapal tanpa nahkoda. Tidak jelas ke mana arahnya dan akan berlabuh di dermaga mana? Hanya bergantung pada arah angin!

#2 - Goal akan mengoptimalkan kemampuan kita.
Seperti halnya impian besar yang bisa membangunkan raksasa tidur yang ada di dalam diri kita, goal akan mengoptimalkan kemampuan yang diperlukan untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dengan adanya goal, kita bisa membuat hidup menjadi lebih hidup. Goal adalah motivasi yang akan mendorong kita untuk mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik demi mencapainya. Pribadi yang memiliki goal yang jelas akan menjelma menjadi sosok yang kompeten dan unggul dibandingkan dengan pribadi yang hanyut terbawa oleh arus rutinitas tanpa tahu goal dalam hidupnya.

#3 - Goal membuat hidup kita termotivasi.
Banyak dari kita yang menjadi termotivasi setelah mengikuti seminar, membaca buku, atau mendengarkan ceramah yang memotivasi hidup kita. Namun, seiring berjalannya waktu, motivasi itu menguap. Menguapnya motivasi mereka, boleh jadi karena tidak memiliki goal yang besar. Goal berfungsi untuk menumbuhkan lagi motivasi yang sudah melemah dalam diri Anda. Jika Anda memiliki goal yang besar dan dalam kondisi jenuh, maka ingatlah kembali goal besar Anda, dan bayangkan secara detail dengan melibatkan segenap emosi. Cara itu akan membuat Anda kembali bersemangat.

#4 - Goal membuat kita mempraktikkan apa yang sudah dipelajari.
Di era informasi digital ini, tidak susah untuk menemukan beragam ilmu dan informasi. Pasokan informasi begitu melimpah. Dengan mudah kita bisa menyimpan ribuan informasi itu ke dalam otak kita. Sayangnya, ribuan ilmu dan informasi yang menumpuk dalam otak kita, sering tidak dipraktikkan dengan konsisten atau bahkan tidak sama sekali. Apa sih yang membuat segudang ilmu dan informasi itu tidak dipraktikkan dengan baik? Karena banyak orang tidak memiliki goal yang jelas dan spesifik. Goal yang jelas membantu kita untuk mempraktikkan ilmu apa saja yang perlu dan harus dilakukan. Kesalahan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mencari ilmu terlebih dahulu sebelum menetapkan goal. Tetapkanlah dulu goal Anda, baru kemudian tentukan apa yang harus Anda pelajari, dan Anda praktikkan.

#5 - Goal membuat kita fokus untuk mempelajari ilmu.
Dengan adanya goal yang sudah ditetapkan terlebih dahulu, kita akan mengetahui secara spesifik apa yang perlu dan harus kita pelajari dan akan merasa bergairah untuk terus mempelajari serta mendalami hal tersebut. Tidak semua ilmu atau informasi kita telan. Kita hanya perlu mempelajari ilmu dan informasi yang kita perlukan dan relevan dengan goal yang sudah kita tentukan. Dengan cara seperti itu, kita tidak membuang waktu dengan berbagai informasi yang tidak relevan dengan masa depan kita.


Baca: KESUKSESAN SEJATI





Salam Sejahtera & Sukses Selalu!


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan