Rabu, 19 Maret 2014

BELAJAR MENDENGAR




“Bukan dengan bicara, tetapi dengan mendengarkan kita bisa banyak belajar.”
(Larry King)

Zaman dahulu, penduduk Indian di Amerika hidup terpisah. Mereka menempati suatu area yang dikhususkan hanya untuk suku Indian saja. Suatu hari, kepala suku Indian tersebut pergi ke kota untuk menemui sahabatnya...

Tiba di sana ia disambut ramah sahabatnya dan langsung dijamu makan malam. Ketika sedang asyik menyantap makanannya, tiba-tiba si Indian berkata, “Aku mendengar suara jangkrik. Di sudut ruangan ini pasti ada seekor jangkrik.”
Mendengar itu, sahabatnya langsung tertawa, “Mana ada jangkrik di tempat ini? Kawan, semua jangkrik dan serangga lainnya sudah dibasmi di kota ini.”
“Aku tidak berbohong, aku sangat jelas mendengar suaranya. Di tempatku aku terbiasa mendengar suara kicau burung, katak, jangkrik, dan desis ular. Oleh karena itu telingaku jadi sangat peka.”
“Baiklah kalau kata-katamu itu memang benar, buktikan kepadaku,” kata sang Sahabat.
Kemudian si Indian bangkit dari tempat duduknya, berjalan mengendap-endap mulai mencari asal suara jangkrik. Ia menempelkan telinganya ke lantai, berusaha mendengarkan lebih teliti. Kemudian sampailah ia di dekat sebuah lemari dan memasukkan tangannya ke bawah lemari tersebut. Dan hap…! Seekor jangkrik sudah berada di genggamannya. “Lihat ini! Aku tidak berbohong, kan,” kata si Indian.
“Kau memang hebat! Pendengaranmu tajam sekali!” Kemudian mereka melanjutkan makan malam mereka.

Sepuluh menit kemudian, anak pemilik rumah itu pulang. Setelah menyapa si Indian, ia langsung cepat-cepat naik ke lantai dua. Karena terburu-buru, sebuah uang koin jatuh dari sakunya ke karpet yang mengalasi anak tangga. “Aku mendengar ada koin yang jatuh,” kata si ayah.
“Aku tidak mendengar suara apa-apa. Mungkin kau hanya mengada-ada saja. Kau pasti ingin meniruku agar dikatakan mempunyai pendengaran yang sangat peka,” kata si Indian.
“Aku tidak mengada-ada. Tadi aku mendengar dengan jelas kalau ada sebuah koin jatuh dari anak tangga,” katanya.
“Baiklah kalau begitu, kita cari saja. Aku ingin lihat apakah kau benar-benar memiliki pendengaran yang peka juga.”
Mereka pun bangkit dari kursi masing-masing, berjalan mendekati anak tangga. Dan benar saja, belum ada lima menit, si pemilik rumah itu sudah menemukan sebuah koin di anak tangga bagian bawah.
“Lihat, aku menemukannya! Aku tidak mengada-ada, bukan?” Si Indian hanya tertawa.

Tahukah Anda apa makna dari cerita tersebut?
Ya, kita mendengar sesuatu yang hanya kita anggap penting. Karena si Indian menganggap bahwa suara jangkrik, kicau burung, mata angin, dan sebagainya begitu penting untuk menunjukkan jalan dan cuaca, maka ia begitu peka dengan suara tersebut. Ia tidak mendengar suara koin yang jatuh karena tidak atau kurang fokus pada uang. Mungkin di tempatnya uang bukanlah sesuatu yang sangat penting karena mereka masih menggunakan sistem barter. Berbeda halnya dengan si pemilik rumah. Baginya uang adalah segala-galanya sehingga ia sangat peka bahkan mendengar bunyi logam saat koin itu jatuh di karpet sekalipun. Baginya jangkrik dan suara binatang lainnya hanyalah sesuatu yang sepele sehingga ia tidak pernah memperhatikannya dengan seksama.

Kadang, kita pun hanya mau mendengarkan orang yang kita anggap penting saja: orang tua, atasan, dan orang yang lebih senior dari kita. Perkataan bawahan, teman sebaya atau orang yang lebih muda kurang kita perhatikan, sampai kita menyadari bahwa semua orang sebenarnya penting dan akan membawa kita lebih dekat kepada kesuksesan dan kebahagiaan.

Mulai hari ini, kita belajar untuk mendengarkan semua orang, muda atau tua, dan tidak menyepelekannya. Perkataan dan informasi yang mereka berikan pasti akan berguna bagi masa depan kita. Mari kita belajar peka dan lebih teliti dalam mendengar ucapan seseorang. Setelah itu, lihatlah apa yang akan terjadi.
(Sumber: Inspirasi 5 Menit - Imelda Saputra)

Baca: JADILAH PENDENGAN YANG BAIK





Untuk informasi lebih lanjut hubungi:


Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan