Aturan
umumnya adalah, klien dan konsumen tidak mau bekerja sama dengan Anda bila
tidak memiliki kepercayaan. Sayangnya, banyak perusahaan serta orang-orang yang
berada di bidang pemasaran sering melakukan kesalahan mendasar yang bisa
menghilangkan rasa percaya konsumen.
Berikut
beberapa hal yang harus dihindari saat berpromosi seperti dikutip
dari Inc.com:
Memulai hubungan dengan bualan
Bagian
pemasaran mungkin terbiasa untuk membesar-besarkan produk mereka untuk menarik
perhatian konsumen. Tapi jangan pernah membual atau menawarkan sesuatu yang
sebenarnya tidak Anda miliki, karena cepat atau lambat konsumen akan tahu.
Lebih baik cari apa yang unik dari produk Anda serta membedakannya dari pesaing
sebagai nilai lebih pada konsumen.
Percaya pada opini diri sendiri
Anda
percaya sepenuh hati bahwa produk dan perusahaan Anda hebat, tapi apa yang Anda
percaya hanya berdasarkan opini. Konsumen akan memerlukan lebih daripada itu
untuk bisa percaya pada kehebatan produk Anda. Karena itu selalu berikan kepada
mereka fakta-fakta kuantitatif, bukan sekadar pendapat subyektif dari Anda.
Terlalu fokus pada penjualan
Konsumen
bisa melihat bahwa Anda sangat menginginkan penjualan terjadi, tapi jangan
terlalu jelas memperlihatkannya. Kesan terlalu memaksa malah bisa membuat
konsumen menjauh. Sikap Anda yang meminta konsumen untuk buru-buru mengambil
keputusan justru membuat konsumen ragu pada produk Anda.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777Drs. Johanes Budi Walujo
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan