Kepemimpinan
adalah tentang seseorang yang bergairah terhadap perubahan yang konstan (selalu
terjadi).
Menjadi seorang pemimpin
besar membutuhkan usaha, refleksi, rasa kesadaran pribadi yang tinggi, dan
kemauan untuk terus berkembang. Apakah Anda sedang berada dalam posisi
kepemimpinan atau bercita-cita ingin menuju ke arah sana, gunakan tips berikut
sebagai panduan Anda:
1. Memberi Contoh
Pemimpin yang membutuhkan tim mereka untuk bekerja berdasarkan
standar, harus juga bekerja berdasarkan standar yang sama. Mengatakan
tentang satu hal, namun apa yang dilakukan berbeda dengan apa yang telah
dikatakan adalah kesalahan mahal yang dibuat oleh
seorang pemimpin. Kredibilitas dan respek sangat dipertaruhkan.
2. Gairah
Gairah adalah kekuatan
pendorong. Pemimpin harus menunjukkan bahwa mereka bergairah terhadap pekerjaan
yang sedang dilakukan. Hal ini akan menginspirasi orang lain khususnya anggota
timnya untuk ikut bersemangat dan semangat tersebut akan diinvestasikan dalam
pencapaian tujuan yang ditetapkan.
3. Organisasi
Pemimpin harus mampu
mengelola jutaan informasi dengan cepat dan mudah. Memiliki sistem organisasi
yang tepat adalah sebuah kebutuhan. Organisasi yang solid akan membangun
kepercayaan diri.
4. Mendelegasikan
Mendelegasikan adalah hal yang sulit bagi kebanyakan orang
karena mereka takut kehilangan kontrol, tetapi delegasi mungkin adalah salah
satu hal terbaik yang seorang pemimpin bisa lakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan pengembangan.
Delegasi memungkinkan untuk pertumbuhan bagi kedua belah pihak; pemimpin dapat
menghabiskan upaya mereka pada proyek-proyek organisasi dengan cakupan yang
lebih luas sementara timnya dapat membangun keahlian mereka dengan mengambil
tantangan baru sesuai delegasi yang diberikan.
5. Tanggung Jawab
Berhasil menyelesaikan
tugas yang didelegasikan akan memunculkan pujian orang-orang kepada siapa tugas
itu didelegasikan. Sebaliknya, ketidakberhasilan tugas bukan dibebankan pada
satu individu. Pada akhirnya, seorang pemimpin bertanggung jawab atas hasil
buruk yang didapat sebagaimana juga hasil yang baik dari proyek-proyeknya.
6. Komunikasi
Bertele-tele dan
retorika adalah untuk politisi. Pemimpin organisasi harus fokus pada komunikasi
yang ringkas dan efektif, yang langsung pada titik permasalahan.
7. Keberanian
Pemimpin harus memiliki
keberanian, tidak pernah menghindar dari rintangan dan datang dengan
segala cara untuk menaklukkan rintangan tersebut. Tidak pernah menutup-nutupi
situasi. Jika masa depan adalah suram, beritahu kepada mereka yang sebenarnya,
namun setelah itu diskusikan solusi-solusi untuk mengatasinya.
8. Mendengarkan
Orang akan lebih
responsif terhadap seorang pemimpin jika mereka percaya bahwa mereka sedang
didengarkan. Jadi dengarkan, pahami, dan kemudian bertindak atas apa yang telah
dipelajari.
9. Kerjasama
Menciptakan hubungan
kerja yang sehat akan membangun organisasi yang sehat juga. Mereka tetap adalah
manusia, yang memiliki kehidupan dan kepentingan pribadi di luar sana.
Mengetahui orang-orang Anda, kebutuhan mereka, gaya komunikasi mereka, dan
tujuan mereka akan meningkatkan efektifitas tim Anda.
10 . Rendah
hati
Sebelum Anda dapat
memimpin, Anda harus tahu bagaimana menjadi yang dipimpin. Jadilah rendah hati,
menempatkan orang lain sebelum diri sendiri dan memberikan penghargaan dan
pengakuan ketika mereka layak mendapatkannya.
Semoga tips kepemimpinan
singkat ini menambah wawasan dan bisa diterapkan dalam membangun tim Anda.Baca: SEGALA SESUATU TERGANTUNG PADA KEPEMIMPINAN!
Salam Sejahtera & Sukses Selalu!
Drs. Johanes Budi Walujo
HP: 0811.2332.777
WA: 081.809.271.777
BB: 28C2CEC2 / 52B90B35
Facebook: Johanes Budi Walujo
Instagram: johanes_budi_walujo
Twitter: @johanesbudi_w
Email: johanesbudiwalujo@gmail.com
Website: SEMANGAT - Kampus Kehidupan